Senin, 21 November 2016

Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

Tags

Kita semua pasti tahu bahwa makhluk ciptaan Allah bukan hanya manusia saja. Malaikat, jin, manusia, tumbuhan dan binatang, bahkan benda mati merupakan makhluk ciptaan Allah SWT. Segala sesuatu dimuka bumi ini dan seluruh isi jagat raya adalah ciptaan Allah. Allahurabbul ‘alamin “Allah Tuhan semesta alam. Tetapi tahukah bahwa yang mengeluarkan darah haid bukan hanya manusia (wanita) saja? Mungkin pertanyaan tersebut asing bagi yang belum mengetahuinya dan tidak asing lagi bagi yang sudah mengetahuinya. Lalu apa sajakah makhluk Allah selain manusia (wanita) yang mengeluarkan haid? Kita akan bahas itu nanti.

bunga mawar

Sebelum kita membahas makhluk apa saja yang mengeluarkan darah haid, mari terlebih dahulu memahami apa itu haid dan dalil yang menerangkan haid. Haid merupakan permasalahan rutin yang dialami oleh setiap wanita dan menyangkut sah atau tidaknya ibadah mereka. Oleh karena itu setiap wanita diwajibkan untuk mempelajari dan memahaminya. Dan bukan hanya wanita saja yang diwajibkan tetapi juga bagi laki-laki. Meskipun haid adalah permasalahan yang hanya terjadi pada wanita, namun laki-laki juga harus paham masalah haid guna menjawab pertanyaan-pertanyaan dari istri atau anak-anaknya kelak yang kurang begitu paham masalah haid.

Pengertian Haid

Apa itu haid? Haid adalah darah yang keluar dari rahim wanita. Ya, tetapi tidak sesempit itu. Secara bahasa kata haid berasal dari bahasa Arab yang artinya mengalir. Sedangkan menurut istilah haid adalah darah yang secara karakteristiknya (bukan karena sakit) keluar dari pangkalan rahim wanita pada waktu-waktu tertentu secara alami. Waktu-waktu tertentu artinya darah yang keluar telah mencapai usia 9 tahun kurang dari 16 hari kurang sedikit (usia 8 tahun 11 bulan 14 hari lebih sedikit) dihitung menggunakan tanggal hijriyah sejak kelahirannya. Serara alami artinya darah tersebut keluar bukan karena sakit atau melahirkan. Dengan demikian maka darah yang keluar ketika wanita belum berusia 9 tahun atau keluarnya disebabkan melahirkan atau karena sakit, maka tidak dinamakan darah haid. [1]

Mengapa wanita mengalami haid? Bagaimana proses terjadinya haid? Berapa watu normal wanita mengalami haid? Kita akan kupas tuntas dikesempatan yang akan datang. Pahami dan amalkan apa yang kita bahas pada halaman ini. Tidak lupa pula bagi laki-laki jangan sesekali mengabaikan permasalahan haid. Meskipun tidak pernah mengalaminya tetapi laki-laki memiliki tanggung jawab terhadap istri dan anak-anaknya.

Dalil Haid dalam Al-Qur’an dan Hadits

Banyak dalil yang menjelaskan tentang haid, baik di dalam Al-Qur'an maupun di dalam Hadits. Tetapi di sini kita hanya mencantumkan beberapa dalil saja dari sekian banyaknya dalil tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang dalil haid kita bisa mendapatkannya dengan rajin membaca refrensi-refrensi lain.
Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an:

dalil alqur'an

Artinya:
Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haid itu adalah suatu kotoran". Oleh karena itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di masa haid; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Jika mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyayangi orang-orang yang mau bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri. (Q.S. Al-Baqarah: 222)

Dan Rasulullah SAW telah bersabda dalam sebuah hadits sebagai berikut:

dalil hadits

“Sesunggunhnya ini (haid) adalah merupakan sesuatu yang telah ditetapkan (ditakdirkan) oleh Allah SWT kepada anak cucu adam wanita”. (H.R. Bukhari-Muslim)

Macam-Macam Makhluk yang Mengeluarkan Darah Haid

Mungkin beberapa diantara kita belum pernah terpikirkan bahwa ada makhluk hidup lain yang mengeluarkan darah haid. Apa memang ada selain manusia yang mengeluarkan darah haid? Ya, ternyata haid bukan hanya dialami oleh manusia (wanita), selain manusia ada beberapa hewan yang mengeluarkan darah haid sehingga jumlahnya ada 8 macam. Hanya saja mungkin jarang sekali ada yang mengetahui akan hal ini. Berikut  8 makhluk hidup yang dimaksud:

  1. Manusia (seorang wanita)
  2. Srigala
  3. Beruang
  4. Kelelawar
  5. Unta
  6. Anjing
  7. Cicak
  8. Kuda [2]

Namun ada perbedaan haid yang dialami oleh manusia (wanita) dengan beberapa hewan tersebut di atas. Perbedaan tersebut adalah siklus haid yang dialami hewan-hewan tersebut tidak teratur dan tidak mempunyai waktu-waktu tertentu seperti manusia.

Nah itulah macam-macam makhluk yang mengalami haid atau mengeluarkan darah haid. Demikian yang dapat kita pelajari. Semoga bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi pembaca semoga apa yang dibaca menjadi ilmu yang bermanfaat.

Mengingat permasalahan haid sangat erat hubungannya dengan ibadah kita sehari-hari sudah tentu kita diwajibkan untuk mempelajarinya. Baca selengkapnya pada postingan di bawah ini:
Hukum Mempelajari Haid Bagi Wanita dan Pria.

Baca Juga:
Memahami Darah Nifas dan Permasalahan di Dalamnya

[1] al Bajuri I/113
[2] Moh. Zuhri Shaleh, Petunjuk Lengkap Tentang Hukum Haid-Nifas & Istihadhah (Surabaya: Al-Hidayah, 2005), 20-21

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

This Is The Oldest Page

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon