Selasa, 22 November 2016

Template AMP Itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Tags

Kurang menarik rasanya jika hanya menggunakan template bawaan blogger. Terlebih ketika saya sering berkunjung ke teman-teman blogger yang templatnya bagus-bagus. Memang sih bagus atau tidak bagus itu relatif tergantung selera masing-masing. Tetapi saya memutuskan untuk mengganti template bawaan blogger.

Blog AMP

Awalnya saya bingung, harus cari kemana template yang pas. Browsing kesana kemari akhirnya ketemu di Kompi Ajaib. Saya lihat-lihat dan akhirnya ketemu juga template yang pas bagi saya. Tanpa berpikir panjang saya langsung membelinya. Kemudian saya mulai memasangnya diblog saya dan ternyata untuk mengatur templatenya tidak semudah yang saya bayangkan. Terlebih yang saya beli ini adalah template AMP yang mana masih asing bagi saya blogger pemula.

Apa sih AMP itu? Apa kekurangan AMP? Dan Apa kelebihan AMP?

#1 Apa sih AMP itu?

Menurut yang saya baca dari email yang dikirim oleh bapak Adhy Suryadi AMP (Accelerated Mobile Page) itu adalah cara untuk membangun web supaya lebih cepat dan ringan. AMP adalah proyek google yang dibuat untuk publiser supaya memiliki halaman yang lebih cepat terutama ketika diakses melalui perangkat mobile. Sederhananya seperti itu, mungkin untuk lebih jelasnya bisa dicari di eyang google.

#2 Apa kekurangan AMP?

Kekurangan AMP menurut saya pribadi sebagai blogger pemula sudah tentu sangat kerepotan mengaplikasikannya. Perlu waktu untuk mempelajarinya guna merubah repot menjadi mudah.

Mulai dari cara membuat postingan; komponen dalam postingan harus benar-benar saya perhatikan jika ingin postingan saya valid AMP. Entah itu pada gambar, video, ataupun tulisan artikel.

Kemudian cara pasang iklan; saya rasa cara pasang iklan di AMP memang ribet sekali atau memang saya yang belum berpengalaman? Meskipun blog ini masih baru tetapi saya juga ingin seperti blogger atau publisher lainnya yang bisa mendapatkan penghasilan dari hasil tulisannya dengan memasang iklan diblognya.

Tidak ada artikel terkait; padahal artikel terkait saya rasa dibutuhkan sekali supaya pembaca lebih mudah menemukan artikel yang masih berhubungan dengan yang dibaca tadi. Untuk bisa menampilkan artikel terkait kata bapak Adhy Suhardi perlu menggunakan unit iklan mached content Adsense, sedangkan saya belum punya akun adsense.

Kesimpulan; AMP mungkin sulit diaplikasikan oleh blogger pemula tetapi belum tentu sulit bagi blogger lama yang sudah pandai kode-kode blog.

#3 Apa kelebihan AMP?

Kelebihan AMP ini juga menurut saya pribadi. Maklum saya masih belum berpengalaman di dunia blogging. Masih butuh banyak pengalaman dari para blogger senior.

Yang pertama menghemat waktu; AMP dibuat oleh proyek google untuk memuat halaman agar lebih cepat diakses, maka waktu yang kita butuhkan untuk mengakses halaman yang kita cari tidak terlalu lama. Semakin cepat ketika kita menyelesaikan sesuatu maka waktu yang kita miliki untuk menyelesaikan sesuatu berikutnya tersisa lebih banyak. Misalnya kita ingin membaca sebuah artikel dihalaman yang lama loadingnya, maka waktu yang akan kita gunakan untuk membaca terbuang habis untuk menunggu kontennya dimuat.

Kedua memberi kenyamanan kepada pengunjung; dengan akses halaman yang lebih cepat sudah tentu pengunjung merasa lebih nyaman. Dengan akses yang lebih cepat maka kita telah memberikan kesempatan yang lebih banyak kepada pengunjung untuk membaca artikel-artikel lain di blog kita. Pengunjung juga tentunya akan lebih betah, karena saya rasa pasti diantara kita merasa bosan jika hanya menunggu konten yang sedang dimuat (proses loading).

Ketiga meningkatkan pengunjung; setelah pengunjung merasa nyaman sudah tentu mereka tidak akan bosan untuk kembali mengunjungi blog kita. AMP dirancang untuk mempermudah bagi pengguna mobile untuk mengakses sebuah situs yang mereka inginkan. Semua pasti sudah tahu bahwa pengunjung lebih banyak yang menggunakan mobile dari pada desktop. Percuma kan jika kita punya blog dengan konten yang berkualitas tetapi loadingnya lama (lemot).

Coba kita bandingkan, si A punya blog dengan konten yang sangat berkualitas namun butuh waktu lama supaya bisa mengaksesnya, apakah kita harus terlebih dulu membuka laptop supaya bisa mengaksesnya? Andaikan kita sebagai pengunjung blog tersebut apakah kita merasa nyaman? Apalagi pas koneksi internet kita lemot. Apakah besar kemungkinan kita akan kembali mengunjunginya?

Mungkin dari sekian banyak diantara kita ada yang akan tetap berkunjung dengan alasan kontennya berkualitas, dan ada juga yang tidak ingin berkunjung kembali dengan alasan masih banyak blog yang berkualitas dengan akses yang lebih mudah dan lebih cepat. Kira-kira kamu yang mana ya? ^_^

Kesimpulan: AMP dirancang untuk mempercepat akses ke halaman situs guna memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

Template AMP itu Ternyata Gampang-Gampang Susah

Awalnya saya memang sangat bingung, blogger pemula tetapi sudah disuguhi kustomisasi AMP yang terasa memberatkan bagi saya. Bahkan hampir saya memutuskan untuk kembali mengganti template yang sederhana-sedernana saja. Tetapi setelah membaca saran dari bapak Adhy Suryadi ternyata memang benar. Blogger bukan hanya pandai menulis, tetapi juga harus paham koding meskipun hanya koding dasar. Dan saya juga berpikir bahwa blogger juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Pesan dari Adhy Suryadi

Belajar dari dunia bisnis bahwa kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama untuk mendapatkan keuntungan yang stabil. Saya rasa blogger pun begitu. Kenyamanan pengunjung adalah hal utama yang harus benar-benar diperhatikan. Pasar sepi karena tidak ada pembeli dan blogger sepi karena tidak ada pengunjung.

Inilah yang membuat saya termotivasi untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan bukan hanya sekedar menulis. Inilah yang akan membuat template AMP terasa mudah bagi saya. Segala sesuatu tidak selamanya bisa didapat dengan mudah. Sesuatu yang mudah kita dapatkan, mudah pula kita lupakan. Keberhasilan dari usaha sendiri adalah kepuasan tersendiri. ^_^

Doakan saya ya. Semoga jadi blogger seperti kalian. Semoga blog ini bisa berkembang dengan konsisten. Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua. Kasih komentar buat masukan blog saya kedepan.

Update! Pada kesempatan berikutnya akhirnya saya selesai membuat postingan tentang AMP lagi, yaitu tentang tata cara membuat postingan supaya valid AMP. Postingan tersebut saya buat sebagai panduan saya ketika membuat postingan. Apabila teman-teman juga pengguna template AMP dan masih bingung ketika membuat postingan, silahkan baca postingan saya pada halaman berikutnya dan mari kita belajar bersama.
Membuat Postingan Supaya Valid AMP

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

4 komentar

Ternyata begitu susah nak pasang AMP di blogspot. Kebingunagan saya dibuatnya. buntu.....

Iya.. memang sangat membingungkan, makanya saya ganti template biasa.
Sebenarnya tidak membingungkan amat sih., cuma template AMP itu cukup menghabiskan waktu ketika membuat postingan supaya valid AMP

lagi nunggu yang sia pakai aja :D

Ada banyak kok template amp yang sudah siap pakai. Akan tetapi rata-rata premium, jadi harus beli dulu,, hehe

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda