Sabtu, 17 Desember 2016

Beberapa Cara Membuat Artikel Unik dengan Cara Menarik

Tags

Apakah teman-teman merupakan blogger baru yang mulai disibukkan dengan aktifitas tulis menulis? Saya juga demikian, tetapi menulis bukan kegiatan mudah, dan saya yakin kamu juga merasa demikian. Kata demi kata kita ketik, kalimat demi kalimat kita rangkai dengan berpikir bagaimana cara tepat menjadikan kalimat yang enak dibaca, hingga menjadi sebuah paragraf yang siap disajikan. Tidak jarang setelah jadi paragraf kemudian kita menghapusnya kembali karena dirasa kurang menarik. Yah, itulah menulis, butuh pikiran keras dan waktu tidak singkat.

Disisi lain kita pasti ada yang berpikir untuk mencari solusi bagaimana cara membuat artikel yang baik, bagaimana trik membuat artikel yang cepat, dan bagaimana tips membuat artikel yang mudah. Sebenarnya tidak ada jalan pintas untuk menghasilkan karya tulis berkualitas, salah satu jalan keluarnya adalah hanya dengan cara sering berlatih dan memiliki keinginan kuat supaya bisa pandai menulis. Itulah saya rasa dua modal utama menjadi penulis hebat dan produktif.

Menulis Artikel

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat artikel unik dengan cara menarik. Bacalah dengan seksama tiap kalimat supaya nantinya tidak salah mengartikan dari apa yang saya maksudkan, sehingga berikutnya kamu tidak salah memilih cara yang saya bagikan ini.

#1. Copy-Paste

Inilah cara pertama, yaitu dengan menduplikat atau menyalin artikel orang lain. Ketika kita menemukan dan membaca sebuah artikel orang lain yang istimewa, enak dibaca, dan kelihatanya memukau para pembaca. Pernahkah kamu berpikiran ingin menyalin artikel tersebut? Berpikir bahwa itu merupakan artikel unik dan menarik. Jika pernah, cukup hanya dipikiran saja, jangan sampai kamu lakukan.

Cara ini memang sangat mudah dan menarik, tidak perlu susah mikir, tinggal copy dan paste sudah dapat artikel unik. Tetapi jangan salahkan jika pemilik atau penulis artikel tersebut mulai tertarik untuk melaporkan kamu atas pelanggaran hak cipta yang kamu lakukan. Jangan sampai kamu dipenjara gara-gara mencuri karya orang lain, jangan sekali-kali mengisi blog dengan konten hasil copy-paste jika kamu adalah blogger sejati.

#2. Translate

Karena mengejar target serta ingin memiliki jumlah artikel banyak dengan waktu singkat, akhirnya browsing ke blog bahasa Inggris, yang penting isi artikel sama dengan topik blog. Akhirnya menerjemahkan artikel tersebut ke bahasa Indonesia. Simpel dan mudah sekali kan? Tidak perlu capek-capek berpikir sudah bisa menghasilkan konten unik.

Unik sih, tetapi itu menurut kamu sendiri, bagi pembaca yang sempat mampir ke blog kamu tentunya merasa aneh dengan apa yang ia baca. “Unik kan memang aneh”, unik tetapi tidak menarik jadi percuma kan?

Jangan biasakan membuat artikel dengan cara menerjemahkan seluruh isi artikel. Selain membuat blog kamu semakin sepi, daya pikir dan produktifitas tulisan kamu tidak akan berkembang. Gunakan translate sewajarnya saja, kembangkan pikiran sekuat-kuatnya.

#3. Usaha Sendiri

Inilah cara profesional seorang penulis menunjukan jati dirinya sebagi penulis. Usaha menulis sendiri membuktikan bahwa kita memiliki karakteristik yang unik dan menarik sebagai penulis. Kualitas sebuah artikel bukan hanya diukur dari makna yang terkandung di dalamnya saja, tetapi juga diukur dari seberapa besar usaha kita menyajikannya.

Tulis saja apa yang bisa kamu tulis, tidak harus berisi banyak, namanya juga belajar. Jangan takut dianggap karangan tidak berkualitas, jika ada pembaca meremehkan karya tulis kamu berarti dianya saja bukan pembaca profesional. Sebab pembaca bijaksana akan selalu menghargai tulisan orang lain. Pembaca cerdas mampu membedakan karya tulis jiplakan atau hasil tulis sendiri.

Jangan Copy Paste

Oke teman-teman, itulah yang sanggup saya tulis. Asal kamu tau ya, tulisan ini saya buat selama berjam-jam loh, kurang lebih 4 jam padahal tidak sampai 1.000 kata, soalnya saya juga baru tahap belajar menulis. Ini menunjukkan bahwa menulis memang butuh waktu lama. Ayo semangat belatih, jangan pilih jalan pintas jika niat menjadi penulis hebat.

Jika kamu sering copy-paste artikel orang segeralah berhenti, jika kamu membiasakan translate artikel segera hilangkan kebiasaan tersebut, lebih baik usaha sendiri menghasilkan karya sendiri. Cara membuat artikel unik bukan dengan cara copy-paste, cara membuat artikel unik tidak harus dengan cara translate, cara terbaik membuat artikel unik adalah dengan usaha sendiri dan konsisten berlatih.

Karya hasil jerih payah akan terasa lebih bermakna walau hanya satu atau dua paragraf saja, dari pada beribu kata tetapi hasil karya orang lain itu akan mudah terlupakan. Puaskah kamu dengan karya orang lain? Banggalah ketika mampu membuat karya tulis sendiri.

Oh iya, sekedar tips tambahan, jika kamu kehabisan kata kamu bisa menggunakan persamaan kata untuk memunculkan ide-ide kalimat baru. Tidak perlu membuat artikel panjang apa lagi dipaksakan. Kita memang diharuskan membuat karangan panjang dan memberi penjelasan selengkap mungkin supaya terkesan sebagai konten unik dan menarik di mata google, tetapi tidak semua pembaca menyukai artikel panjang, kebanyakan hanya membaca poin-poin pentingnya saja.

Demikian yang saya maksud membuat artikel unik dengan cara menarik yaitu usaha membuat karangan sendiri, jika karangan sendiri sudah pasti unik, tunggulah pengunjung pasti semuanya pada tertarik. :)

Baca Juga:
Cara Membuat Artikel Yang Produktif Bagi Blogger Pemula

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon