Rabu, 07 Desember 2016

Cara Sederhana dan Alami Mengatasi Stres

Kehidupan ini memang penuh liku-liku, warna-warni kehidupan membuatnya indah juga membuatnya buruk. Kebahagiaan, kesengsaraan, keberhasilan, kegagalan, itulah yang mewarnai kehidupan seseorang. Kehidupan juga penuh tantangan serta penuh dengan cobaan, setiap orang menyikapinya dengan caranya sendiri-sendiri. Ada yang membuat tantangan hidup malah menjadi petualangan indah baginya. Ada pula yang menganggap cobaan hidup adalah musibah yang melanda, membuatnya menjadi semakin terpuruk hingga ia mengalami gangguan mental (stres).

Ekpresi Lega

Jika anda dalam kondisi demikian (stres) atau merasa ada gangguan pada mental anda, kemudian dibenak pikiran anda pasti muncul pertanyaan bagaimana cara mengatasi stres. Sebenarnya banyak cara untuk menghilangkan stres, mulai dari memeriksakan diri kedokter, terapi ke ahli psikologi, juga menenangkan diri sendiri dengan berbagai cara alami. Nah di sini penulis akan berbagi tips menghilangkan stres secara sederhana dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dan atau memanfaatkan pikiran anda sendiri.

Uji Stres (Kondisi Mental) dengan Gambar


Tetapi sebelum lebih lanjut membaca tips yang penulis bagikan, penulis minta waktu beberapa detik untuk fokus melihat gambar di bawah ini. Tenangkan pikiran anda, tarik nafas dalam-dalam lewat hidung lalu keluarkan pelan-pelan lewat mulut, kemudian pandangi gambar di bawah ini selama 10 detik dan hitung dalam hati. "Klik untuk memperbesar gambar"

Gambar di atas bisa digunakan sebagai uji atau tes tingkat stres anda (kesehatan mental). Apakah anda memang dalam kondisi stres atau dalam kondisi mental normal. Berikut penjelasannya: Apabila gambar terlihat statis, diam, atau tidak bergerak berarti anda dalam kondisi mental normal. Sebaliknya apabila gambar terlihat dinamis, bergelombang, berputar, atau gambar terlihat bergerak berarti tidak menutup kemungkinan anda dalam kondisi stres (mental tidak baik). Kira-kira seperti apa gambar yang anda lihat?

Cara Alami Menghilangkan Stres


Gambar di atas sebenarnya belum bisa dijadikan patokan sebagai penentu kondisi mental kita, masih ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dibutuhkan untuk benar-benar mengetahui kondisi mental kita. Tetapi jika anda memang dalam kondisi mental yang kurang baik silahkan baca beberapa tips yang peulis bagikan untuk menghilangkan rasa stres secara alami di bawah ini:

Keluar menikmati alam bebas ; Stres membuat situasi menjadi tidak mengenakkan, suasana menjadi tidak karuan, bahkan dunia terasa begitu sempit. Oleh karenanya, jangan persempit situasi dengan hanya murung di dalam kamar. Keluarlah sejenak menikmati alam bebas. Misalnya pergi ke laut melihat luasnya lautan sambil bermain di tepi pantai dan mendengarkan desir ombak. Pergi ke sawah melihat hijau-hijauan. Atau pergi berwisata bersama keluarga. Jika memang tidak memungkinkan untuk keluar rumah, anda bisa menggantinya dengan melihat gambar-gambar yang indah di laptop anda.

Olahraga secara teratur ; Tubuh sehat jiwapun kuat. Olahraga meingkatkan kerja jantung yang bertugas memompa darah bersama oksigen keseluruh tubuh hingga sampai ke otak kita. Banyak sekali manfaat olahraga yang bukan hanya berdampak pada fisik saja tetapi juga berdampak baik pada mental kita. Dengan olahraga secara teratur terutama dipagi hari bersama sinar mentari pagi, tentu membuat badan kita semakin bugar dan pikiran menjadi fresh.

Jangan menunda tugas ; Selesaikan tugas pekerjaan sesegera mungkin, jangan sampai menggunakan waktu diluar pekerjaan untuk menyelesaikan tugas pekerjaan. Misalnya; membawa tugas kerja kantor ke rumah. Jika hal ini terjadi maka anda tidak punya waktu lagi untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Tugas yang anda tunda berarti anda menambah beban tugas anda sendiri, semakin sering menunda maka semakin banyak pekerjaan atau tugas yang semakin menumpuk. Karena itu, anda harus profesional dengan pekerjaan anda, jangan sampai waktu santai bersama keluarga anda habiskan demi menyelesaikan tugas pekerjaan yang tertunda.

Manjakan diri dengan hobi ; Sempatkan waktu untuk menjalankan hobi anda. Hobi merupakan kegiatan yang paling disukai seseorang, tentunya masing-masing memiliki hobi yang berbeda. Misalnya; bermain musik, olahraga, masak, menulis, melukis, dan lain sebagainya. Dengan menjalankan sesuatu yang memang membuat anda senang tentunya akan mengurangi rasa stres yang anda alami. Lupakan stres dan enjoy saja bersama hobi yang kita jalani.

Cari teman curhat ; Jangan pernah berpikir bahwa anda pasti bisa menyelesaikan masalah pribadi anda sendiri. Jangan terlalu lama memendam masalah anda. Jangan malu menceritakan masalah pribadi anda kepada orang lain. Kita adalah manusia yang tidak mungkin bisa hidup sendirian, sesama manusia saling membutuhkan. Oleh karenanya, carilah teman curhat yang pas bagi anda, dengan menceritakan beban masalah ke teman curhat, pasti muncul berbagai macam solusi yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh anda.

Tetap berpikir positif ; Salah satu penyebab stres yang paling sering terjadi adalah karena selalu berpikir negatif. Lebih memikirkan apa yang tidak ia dapatkan dari pada memikirkan apa yang sudah ia dapatkan. Tidak pernah bersyukur akan nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya. Jika anda tidak ingin stres tetaplah berpikir positif, anggap saja hidup ini adalah petualangan yang akan memberikan pelajaran berharga disetiap langkahnya. Jika anda ingin menghilangkan stres belajarlah untuk terus bersyukur, nikmati apa yang sudah anda dapatkan saat ini.

Berhubungan intim ; Air mampu memadamkan api. Begitu juga kenikmatan dan kepuasan akan mampu mereda stres yang menggangu pikiran anda. Tentunya hubungan intim tersebut dilakukan dengan pasangan sah anda. Jadi bagi anda yang sudah bersuami istri jika tidak ada waktu luang untuk menjalankan hobi kesukaan anda, bercumbu rayu bersama pasangan merupakan cara yang paling mudah menghilangkan rasa stres.

Shalat dan Dzikir ; Berserah diri dan berdo’a kepada Sang Pencipta akan membuat hati menjadi tenang dan damai. Shalat dan Dzikir bukan hanya bisa menyembuhkan stres saja tetapi juga memperkuat iman kita, melatih rasa syukur, membangun berpikir positif, dan masih banyak lagi. Jangan sampai meninggalkan shalat lima waktu dan jangan lupa berdo’a, Insya Allah semua masalah yang mengganggu pikiran kita pasti Allah menjawab dengan kejutan-kejutan yang tidak kita sangka.

Sekali lagi penulis tegaskan bahwa tidak jarang beberapa orang semakin terpuruk dengan cobaan hidup yang ia alami. Bingung, merasa tertekan, serta merasa tidak sanggup bertahan. Hingga akhirnya ia harus berada pada situasi yang terasa sangat mengancam baginya, sebut saja ia mulai stres. Siapa sih yang tidak pernah mengalami stres? Apa anda termasuk orang yang belum pernah stres? Bagaimana anda bisa mengetahui bahwa anda belum pernah atau mungkin tidak pernah stres?

Tidak semua stres itu merugikan. Kenyataanya, ada beberapa orang yang memanfaatkan stres untuk membangkitkan semangatnya mencapai impiannya. Stres sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu: Eustress dan Distress. Eustress atau stres positif yaitu stres yang muncul akan mengakibatkan seseorang ingin melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. Distress atau stres negatif yaitu stres yang mengakibatkan kondisi tubuh dan mental menjadi semakin terpuruk.

Jadi pada dasarnya kondisi terpuruk yang dialami seseorang tidak sepenuhnya disebabkan stres. Demikian tips menghilangkan stres yang dapat penulis bagikan. Semoga bisa membantu mengemalikan kondisi mental anda menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga:
Penyebab Stres yang Paling Umum Terjadi

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda