Selasa, 13 Desember 2016

Cara Uji Kualitas Artikel Unik dan Menarik

Bagi teman-teman yang baru memasuki dunia blogger tentu selalu ingin membuat artikel yang unik dan menarik. Tidak jarang sebagian blogger mengambil jalan pintas dengan copy paste karya orang lain. Padahal di dunia blogger yang dimaksud dengan artikel unik dan menarik bukan hanya artikel yang bisa menghadirkan banyak pengunjung, tetapi artikel hasil karya pribadi sendiri dimana isinya berbeda dari yang lain, tentunya dengan gaya bahasa sendiri. Jadi percuma memiliki blog kaya dengan artikel berkualitas tetapi hasil keringat orang lain bukan hasil jerih payah sendiri. Jadinya blog teman-teman memang berkualitas tetapi tidak memiliki pribadi yang berkualitas.

Kualitas Artikel

Pada masa kuliyah ketika kita menyelesaikan skripsi tidak heran jika skripsi kita tidak diterima karena hasil duplikat. Bagaimana bisa mahasiswa lulus dengan karya ilmiyah orang lain. Ketika kita mempublikasikan artikel jangan kaget jika berada di urutan paling belakang. Google ingin memiliki banyak informasi tetapi bukan informasi yang sama dan berkali-kali dibahas.

Kriteria Artikel Unik dan Menarik


Kata “unik” berarti hal atau sesuatu yang berbeda dari lain (tidak umum). Sedangkan kata “menarik” bisa diartikan semacam sesuatu yang hebat, luar biasa, menyenangkan. Dengan demikian bisa disebut sebagai artikel unik dan menarik adalah karya tulis yang memiliki karakteristik tersendiri yang membuat pembaca merasa tertarik dan nyaman untuk terus membaca.

Artikel bukanlah judul. Artikel merupakan deskripsi atau isi yang menjelaskan judul, sedangkan judul itu sendiri merupakan kerangka yang menerangkan isi artikel. Jadi kita bisa saja membuat judul mirip tetapi tetap menjelaskan isi atau maksud judul yang berbeda dengan menggunakan gaya bahasa dan kerangka pikiran kita sendiri.

Misalnya judul saya “Cara Uji Kualitas Artikel Unik dan Menarik”, sebenarnya sudah banyak dibahas tetapi tetap saya sajikan dengan cara saya sendiri dan dengan bahasa saya sendiri. Topik boleh sama tetapi penyajian harus berbeda. Itulah kiranya kriteria artikel yang unik serta menarik menurut saya.

Cara Uji Kualitas Artikel atau Karya Tulis


Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui kualitas artikel atau karya tulis yang telah kita buat. Kita bisa memanfaatkan software online yang disediakan di internet, kita juga bisa meminta bantuan beberapa teman lain untuk menilai, atau bisa juga dengan keyakinan kita sendiri. Dan inilah cara yang pernah saya coba untuk menentukan kualitas artikel saya berdasarkan pengalaman pribadi. Jika teman-teman masih ragu akan kualitas artikel milik teman-teman tidak ada salahnya untuk mencoba cara berikut:

Tool Online

#1. Memanfaatkan Mesin Pencari Google

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kehebatan google, kita bisa mencari berjuta-juta informasi melalui mesin pencari google. Kita juga bisa memanfaatkanya untuk mengetahui kualitas artikel dengan cara memberi tanda kutip (“...”) di awal dan akhir kalimat artikel.

Jika kalimat tersebut tidak ada dalam hasil pencarian maka bisa dipastikan kalimat kita unik, dan apabila muncul beragam kalimat serupa berarti sudah banyak yang membuat kalimat demikian.

Cara ini bisa dibilang paling praktis namun kita harus memasukkan tiap kalimat dengan tanda kutip. Bagaimana jika artikel yang kita buat berisi seratus kalimat lebih. Tentunya sangat menguras tenaga dan membuang-buang waktu.

#2. Memanfaatkan Copyscape

Kita juga bisa memanfaatkan tool yang telah disediakan oleh copyscape.com untuk mengetahui keunikan artikel kita. Bisa dibilang sebagai tool pencari duplikat konten yang paling akurat dibanding dengan yang lain. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengunjungi situs tersebut kemudian mamasukkan link dari artikel kita pada kolom yang telah disiapkan copyscape.com. Di sinilah kekurangannya, harus mempublikasikan artikel terlebih dahulu supaya mendapatkan link artikel.

Apabila tidak ditemukan hasil pencarian lain berarti artikel kita bukan duplikat konten, dan apabila ditemukan beberapa hasil serupa maka dipastikan artikel kita adalah hasil duplikat konten.

Selain berguna untuk uji keunikan artikel, copyscape.com juga bisa kita manfaatkan untuk mengetahui siapa saja yang sudah melakukan duplikat pada hasil karya kita. Dan masih banyak lagi tool disediakan oleh copyscape, kita bisa menggunakannya secara gratis tetapi hanya dengan beberapa kali percobaan, atau jika ingin menggunakan tanpa batas kita bisa daftar copyscape premium.

#3. Memanfaatkan Dupli Checker

Cara uji kualitas artikel selanjutnya kita bisa memanfaatkan situs online yang satu ini. Dupli Checker juga menyediakan berbagai macam tool yang tentunya sangat membantu kita sebagai blogger. Hebatnya lagi Dupli Checker disediakan 100 % gratis kepada penggunanya, jadi kita bisa sesuka hati memanfaatkannya untuk kebutuhan blogger kita sehari-hari.

Caranya juga sangat mudah, kita hanya perlu mengunjungi situs duplichecker.com kemudian memilih cara untuk cek keunikan artikel yang telah disediakan. Yaitu dengan copy paste artikel pada kolom teks, atau memasukkan url dari artikel kita, bisa juga langsung browsing dari artikel yang disimpan pada komputer kita.

Jika artikel kita unik maka akan muncul keterangan “No Plagiarism Detected!”, tetapi jika artikel tidak unik maka muncul keterangan “Plagiarism Detected!” yang disertai dimana saja artikel kita sama dengan yang lainnya.

#4. Memanfaatkan Small Seo Tools

Cara satu ini saya rasa yang paling populer digunakan karena ketika saya searching di google banyak sekali yang menjelaskan cara cek keunikan artikel menggunakan Small Seo Tools. Ketika kita memanfaatkan mesin pencari google maka kita harus memasukkan tiap kalimat. Tetapi Small Seo Tools sebaliknya, kita hanya cukup memasukkan semua artikel kita dengan batas maksimal 1.000 kata pada kolom yang disediakan, kemudian secara otomatis tiap kalimat akan dideteksi keunikanya.

Caranya kunjungi situs smallseotools.com lalu copy paste artikel pada kolom teks. Masukan Security Code. Chek Plagiarism. Setelah itu akan keluar hasil perbandingan antara plagiat dan unik. Semakin tinggi nilai unik maka semakin baik kualitas artikel kita. Jika tidak mendapat nilai plagiat berarti artikel adalah hasil murni dari pikiran kita.

#5. Memanfaatkan Plagiarism Software

Cara terakhir yang bisa saya bagikan adalah dengan memanfaatkan Plagiarism Software. Saya rasa Plagiarism Software merupakan cara terbaik dan paling akurat menentukan kualitas artikel kita. Tetapi sayangnya kita hanya bisa menggunakan satu kali dalam 24 jam pada layanan gratisnya. Dan jika ingin mendapatkan layanan batas, tentunya kita harus merelakan uang jajan untuk membelinya.

Caranya sama dengan cara sebelumnya yaitu hanya dengan mengunjungi situsnya di plagiarismsoftware.net. Silahkan coba sendiri pasti teman-teman bisa dan rasakan perbedaan dari semua cara-cara di atas.

Demikian cara uji kualitas artikel unik dan menarik yang bisa saya bagikan. Kita harus tahu bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, begitu juga pelayanan kelima tool atau software di atas tidak bisa dijadikan patokan utama dalam menentukan keunikan artikel. Jika teman-teman sudah sangat yakin dengan kualitas artikel yang dibuat, silahkan saja langsung mempublikasikannya. Jika teman-teman tidak yakin teman-teman bisa mencobanya satu persatu untuk memastikan kualitas artikel yang sudah jadi.

Satu lagi, mungkin penting untuk dicatat bagi teman-teman yang suka membeli artikel. Gunakan cara yang saya bagikan sebelum dipublikasikan, karena siapa tahu artikel yang teman-teman beli adalah hasil duplikat dari karya orang lain. Saya kira lebih baik membuat artikel sendiri meskipun dengan tulisan seadanya dari pada harus membeli artikel yang belum tentu kualitasnya. Membuat artikel itu memang tidak mudah kok, butuh waktu dan pikiran, apalagi blogger baru seperti saya yang sebelumnya jarang membuat tulisan. Tetapi saya akan terus berkarya, terserah orang mau menilai apa tentang tulisan yang saya buat, yang penting adalah hasil karya sendiri bukan hasil copy paste.

Baca Juga:
Jangan Berhenti Membuat Artikel Google Juga Punya Kelemahan

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

2 komentar

Kenapa Ganti Template mbak ?

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon