Selasa, 06 Desember 2016

Kenali Gejala Stres Sebelum Stres Melanda Pikiran Anda

Stres merupakan keadaan atau kondisi dimana dimana seseorang mengalami beberapa gangguan mental atau pikiran yang dapat berpengaruh kepada kondisi fisik seseorang tersebut. Atau dengan kata lain stres merupakan keadaan seseorang pada kondisi yang paling tidak mengenakkan baginya. Tidak jarang beberapa orang sering mengalami stres yang disebabkan oleh hal-hal tertentu, entah itu sebab beban pekerjaan, beban pikiran, beban kehidupan, ataupun lainnya. Salah satunya penulis juga tidak luput dari kondisi mengalami stres.

Pernahkah anda mencoba mengundurkan diri dari pekerjaan anda? Mengapa anda tiba-tiba sering mengalami pusing? Kenapa rasanya malas sekali makan padahal sehari semalam belum makan? Entah disadari atau tidak, bahwa pikiran ingin berhenti kerja, sering pusing, dan kehilangan nafsu makan tersebut merupakan tanda atau gejala bahwa anda sedang dalam kondisi stres.

Mengenal Gejala Stress

Seseorang yang mengalami stres jika tidak segera diatasi dengan berbagai macam solusi maka bisa berakibat fatal pada kondisi mentalnya maupun fisiknya, seperti depresi, frustasi, gila, sakit, dll. Oleh karenanya, mari sesegra mungkin kenali apa saja gejala atau tanda-tanda stres sebelum stres itu benar-benar melanda dan menguasai pikiran serta otak kita.

Gejala atau Tanda-Tanda Stres

Ternyata bukan hanya maling saja yang menyelinap diam-diam memasuki rumah targetnya. Tetapi strespun demikian, stres menyerang pikiran kita secara diam-diam layaknya maling. Jika tidak ingin rumah kita kebobolan maling maka kita harus lebih berhati-hati dan waspada menjaga rumah, jika kita tidak ingin stres merasuki pikiran kita maka sesegera mungkin kita harus kenali gejala atau tanda-tandanya. Dan berikut adalah gejala atau tanda-tanda ketika anda mulai dalam kondisi stres :

Tanda Mulai Stres

Sulit berkonsentrasi ; Pernahkah anda kesusahan menangkap pelajaran yang disampaikan guru didalam kelas? Susahnya menangkap pelajaran disebabkan anda kurang fokus dan berkonsentrasi pada pelajaran tersebut. Pernahkah anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan? padahal seharusnya itu adalah pekerjaan mudah tetapi menjadi sulit karena tidak bisa fokus. Sulitnya menyelesaikan pekerjaan berarti anda kurang berkonsentrasi. Jika semua itu terjadi pada diri anda berarti anda mulai terserang stres.

Susah tidur ; Selesai beraktifitas seharian umumnya seseorang akan langsung istirahat dan mudah tertidur sebab rasa lelah seharian beraktifitas. Tetapi tidak bagi orang yang dalam kondisii stres, pikirannya melayang-layang entah kemana sehingga membuatnya sulit sekali untuk memejamkan mata, bahkan bisa mengakibatkan insomnia (kebiasaan susah tidur).

Mudah panik ; Entah itu memang kondisi yang membuat panik atau pikiran yang memaksa membuatnya menjadi panik. Sehingga suasana menjadi terasa menakutkan baginya, serba tergesa-gesa, dan tidak ada rasa tenang baginya. Jika anda berada pada kondisi seperti ini berarti anda dalam kondisi stres.

Emosi tidak setabil ; Tanda stres berikutnya yaitu emosi yang tidak terkontrol. Ditandai dengan kondisi dimana sesorang mudah tersinggung, gampang menangis, mudah marah, dll. Marah bisa menyebabkan tekanan darah naik secara mendadak, jadi berhati-hatilah karena tekanan darah bisa mengakibatkan penyakit stroke.

Tertawa tiba-tiba ; Pernahkah anda duduk bercerita bersama teman-teman anda, ditengah cerita tiba-tiba anda tertawa terbahak padahal cerita tersebut tidak cukup lucu bagi teman-teman lainnya. Atau ketika anda duduk menonton acara televisi tiba-tiba tertawa keras melihat kelucuan acara yang tayang di televisi. Itu menandakan bahwa anda memang lagi butuh hiburan untuk menghilangkan stres anda.

Sakit kepala tiba-tiba ; Tidak semuanya sakit kepala itu disebabkan karena masuk angin, stres yang menyerang pikiran memaksa seseorang memikirkan banyak hal, sehingga membuat seluruh sistem saraf kepala menegang, akibatnya kepala akan terasa sakit. Jadi jangan buru-buru ke dokter, cukup tarik nafas dan relaksasi sebentar untuk menenangkan pikiran.

Nyeri otot ; Dan bukan hanya cedera saja yang menyebabkan nyeri otot. Stres juga menyerang saraf otot seseorang yang mengakibatkan otot-otot menjadi tegang. Itulah sebabnya ditengah pekerjaan kita, tiba-tiba otot terasa nyeri yang serasa membuat kita tidak betah dengan pekerjaan kita (ingin cepat-cepat selesai dan segera pulang).

Hilangnya nafsu makan ; Jika anda tidak merasa lapar walaupun seharian belum makan berarti anda sedang dalam kondisi stres. Itulah stres, membuat kita lupa segalanya karena banyaknya pikiran yang melayang-layang di otak kita, termasuk kebutuhan makan sehari-hari. Jangan sampai telat makan supaya kondisi fisik kita tetap sehat, jika fisik sehat mental juga menjadi kuat.

Gampang sakit ; Jika kita kekurangan asupan gizi sebab tidak memiliki nafsu makan, maka daya tahan tubuh akan melemah, sehingga penyakitpun mudah menyerang. Dan akhirnya kini virus stres bukan hanya berakibat buruk pada pikiran atau mental kita saja, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan fisik kita.

Demikian gejala atau tanda-tanda stres yang dapat penulis bagikan. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut di atas, maka segera tenagkan diri anda sejenak dengan melakukan beberapa gerakan kecil seperti melebarkan tangan sambil mengatur pernafasan. Jangan langsung panik, apabila anda takut dan panik sehingga berpikiran negatif pada kondisi anda, maka itu akan membuat kondisi anda semakin memburuk, strespun semakin mudah menyerang anda. Jadi tetap berpikir positif, anggap saja gejala itu hanya gangguan sementara yang bisa segera anda lawan.

Jika anda memang merasa dalam kondisi mental yang tidak baik (stres), sebelum anda mencari solusi yang terbaik untuk mengatasinya, kenali dulu apa saja penyebab atau faktor yang menyebabkan anda dalam kondisi seperti itu (stres).

Baja Juga:
Cara Sederhana dan Alami Mengatasi Stres

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

1 komentar so far

Banyak juga ternyata gejalanya. Alhamdulillah saya aman. Makasih infonya!

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon