Jumat, 13 Januari 2017

Inilah 5 Kriteria Artikel yang Berkualitas Menurut Ameliya

Tags

Ciri-ciri atau kriteria artikel berkualitas merupakan hal penting supaya diperhatikan baik kepada penulis maupun pembaca. Bagi penulis supaya mampu memberikan informasi yang jelas dan akurat serta bermanfaat, bagi pembaca supaya tidak tersesat atau bingung menyerap informasi atau bahkan salah mengimplementasikan sehingga terjadi kesalahpahaman yang merugikan.

Artikel adalah sederetan kata, kalimat, paragraf yang ditulis untuk memberikan sebuah informasi kepada pembaca serta dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung seperti gambar dan video guna memperlengkap isi informasi.

Ciri-ciri artikel berkualitas

Ada dua media yang digunakan untuk menyebarluaskan artikel, yaitu media cetak dan media elektronik. Media cetak (offline) diantaranya adalah koran, majalah, tabloid, dan lain sebagainya. Sedangkan media elektronik (online) antara lain adalah facebook, website, dan berbagai media sosial lainnya.

Media elektronik kini semakin banyak digunakan mengingat kemudahan dalam penggunaannya, muali dari anak-anak sampai lanjut usia, berpendidikan tinggi maupun rendah, orang baik dan jahat, semua bisa mengaplikasikannya digunakan sebagai media menyampaikan informasi. Mereka bebas menulis apa saja baik untuk kepentingan pribadi dan umun, kebaikan dan kehahatan, dan lain sebagainya.

Untuk itu mari kita pahami seperti apa artikel yang berkualitas supaya kita tidak asal menulis ketika posisi kita sebaga informan, dan tidak salah menyerap isi artikel ketika posisi kita sebagai pembaca.

Kriteria Artikel Berkualitas Menurut Ameliya


Tentu ini adalah pendapat pribadi saya sendiri mengingat nilai kualitas artikel pasti setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing.

#1. Artikel SEO

Jika media yang digunakan untuk publikasi artikel adalah internet maka yang menilai kualitas adalah sebuah mesin. Mesin menilai sebuah artikel berkualitas apabila ada penerapan optimasi SEO di dalamnya seperti, bidikan kata kunci tepat sasaran, kepadatan kata kunci antara 1 % sampai 5 %, penempatan keyword pada judul, paragraf, deskripsi, tautan, penjelasan panjang sampai beribu karakter. Semakin SEO artikel maka semakin berkualitas di mata mesin pencari sehingga mampu bertengger di halaman pertama serach engine.

#2. Pembahasan sesuai dengan tema yang dibahas

Sebagai manusia tentu kita menilai kualitas sebuah artikel menggunakan akal pikiran dan perasaan. Apa jadinya jika kita menemukan sebuah judul yang awalnya kelihatan begitu menarik, ternyata setelah membaca isinya tidak sesuai dengan yang terlintas dipikiran kita. Misalnya saja ada judul "Trik Jitu Mendapatkan Uang Seratus Juta dalam Semenit". Setelah dibaca ternyata bahasannya tidak semenarik judulnya, bahkan hanya memberikan tips yang tidak masuk akal. Tentu seperti ini bukan bukan dinamakan artikel berkualitas.

#3. Adanya referensi jelas

Bukan hanya karya ilmiyah saja yang harus disertai referensi, guna meyakinkan dan memantapkan hati pembaca maka selayaknya sebuah artikel ada referensinya. Terlebih apabila menyajikan informasi berita yang cukup kontroversial, kecuali jika artikel tersebut hanya sebuah opini / pendapat sendiri, cerita, atau artikel lain yang memang tidak membutuhkan referensi.

#4. Ditulis oleh informan bertanggungjawab

Maksudnya adalah informasi yang kita baca di sajikan oleh informan yang ahli dalam bidangnya. Selama saya menjadi seorang blogger dan aktif searching bacaan di internet, sering sekali saya menemukan artikel yang kayaknya ditulis hanya untuk menunjang popularitas blognya saja. Akibatnya ketika ada problem seputar informasi yang ditulis oleh admin atau pemilik blog tersebut, kemudian ditanya oleh pembaca, akhirnya tidak ada jawaban sama sekali. Mungkinkah ia memang terlalu sibuk? sara rasa bukan itu alasannya.

#5. Memberikan manfaat kepada pembaca

Ini artinya penyajian artikel bisa memberikan jawaban atau solusi atas permasalahan yang di alami pembaca, memberikan dampak postif untuk memecahkan persoalan yang ada. Bukan artikel panjang lebar yang justru malah membingungkan pembaca.

Demikian pendapat tentang kriteria artikel berkualitas menurut saya Siti Nur Ameliya dari Lamongan. Silahkan kalian berpendapat sendiri dikolom komentar. Jangan lupa sertakan nama lengkap dan alamat tempat tinggal supaya kita bisa saling kenal. :)

Baca juga:
Cara Membuat Artikel Yang Produktif Bagi Blogger Pemula

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

5 komentar

Yaahh... Di antara kelima point itu nggak ada dalam kreteria artikel yang aku share. Hahhaa

Salah satu contoh artikel berkualitas itu ya.. artikel ini, sangat informatif dan bisa menjadi inspirasi buat para pembaca yang mempunyai hobi menulis untuk membuat artikel yang lebih berkualitas. Nice work!

nah ini juga berkualitas karena memberi manfar bagi para blogger ... saat ini saya kesulitan menerapkan tips ini .
. newbi bahasa aliennya ...he he

dari lima poin artikel berkualitas teh artikel punya saya mah nggak ada 1 poin pun yang masuk....aaahh....sayah mah apah atuh

kalau blogku bukan blog artikel sih. cuma blog cerpen.

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon