Minggu, 08 Januari 2017

Bacalah Ini Supaya Kamu Lebih Rajin Menabung

Tags

Bagi mereka yang suka hidup sederhana, menabung merupakan suatu hobby yang asyik dan menyenangkan untuk dikerjakan, tanpa ada paksaan, tuntutan, ataupun keharusan. Sebab menabung baginya adalah sebuah hobby yang tidak bisa ia tinggalkan. Namun bagi mereka yang senang hidup berfoya-foya dan mencintai kemewahan, menabung merupakan perkara tersulit atau bahkan petaka. Jangankan menyisihkan uang untuk keluarga, untuk dirinya sendiri sebagai simpanan di kehidupan yang akan datang ia tidak akan rela. Tidak heran jika banyak orang yang menyesal dimasa tuanya sebab tidak ada tabungan sama sekali, uang telah habis semasa mudanya tanpa berpikir bagaimana kondisi saat sudah tua nanti.

Menabung

Apakah kamu demikian? Berpikir menghabiskan uang mumpung ada kesempatan, hidup cuma sekali dan belum tentu hidup sampai tua, uang selalu bisa dicari kenapa susah-susah menabung. Jika kamu berpikir seperti ini, mulai sekarang buanglah jauh-jauh pikiran tersebut. Ada suatu waktu kita pasti sangat membutuhkan uang tabungan disebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan dan belum terbayangkan sebelumnya, misalnya kala sakit untuk segera berobat, dan kebutuhan mendadak lainnya. Jadi menabung bukan hanya untuk persediaan dimasa tua, kapanpun dan dimanapun kita pasti butuh uang simpanan.

#1. Hakikat Menabung


Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk tujuan tertentu dan dalam jangka waktu terntentu. Dan dengan perencanaan yang sudah matang uang tersebut tidak boleh digunakan atau diganggu sampai waktu yang telah ditentukan dan jumlah target terpenuhi.
Faktor Penyebab Sulitnya Menabung

1.1. Tidak memperkirakan isi saldo

Kebiasaan negatif yang harus dijauhi adalah cuek terhadap isi saldo. Seseorang yang tidak mau tahu dengan hal tersebut (isi saldo) akan selalu merasa aman akan isi saldonya, padahal tanpa diketahuinya isi saldo tidak seperti yang dibayangkan. Dan disaat dia membutuhkan dia akan merasa sangat kebingungan. Rasa cuek tersebut juga akan membuat sesorang susah menabung karena merasa selalu aman.

1.2. Mudah tergoda suasana

Kebiasaan ini kebanyakan dimiliki oleh kaum wanita. Saat jalan-jalan di mall atau supermarket mata mereka akan tertuju pada barang-barang yang menurut mereka sangat menarik. Apalagi disaat ada diskon besar-besaran, maka tanpa berpikir panjang mereka akan langsung menyerbunya, padahal semua itu tidaklah terlalu penting kegunaannya.

1.3. Salah perhitungan

Saat mendapatkan gaji dari hasil jerih payah pekerjaan, maka hitunglah dengan matang antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai uang pemasukan habis sebelum waktunya. Gaji memang ditunggu-tunggu, namun jangan sesekali dijadikan pelampiasan. Ingatlah betapa susahnya pekerjaan supaya tidak mudah merelakan uang dihabiskan secara percuma.

1.4. Tidak memiliki perencanaan menabung

Menabung merupakan hal yang sangat penting dalam hidup untuk menunjang kebutuhan dimasa depan karena manusia tidak tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Hanya saja ada sebagian orang yang tidak memperhatikan hal tersebut hanya karena dirinya tidak mengerti cara menabung dengan baik dan benar, dan juga masih belum memiliki tujuan yang sangat penting dari menabung.

1.5. Tidak memodifikasi pengeluaran

Kewajiban bagi setiap orang untuk memodifikasi sebuah pengeluaran yang dikeluarkan dari pendapatan usaha atau bisnis. Ada kalanya pengeluaran yang biasanya bisa dikurangi.

#2. Manfaat Menabung Untuk Masa Depan


Menabung ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak, walaupun tidak secara langsung bisa dirasakan namun kita akan merasakan manfaatnya di masa depan. Adapun beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

2.1. Belajar hidup hemat dan sederhana

Menabung akan mengajarkan hidup sederhana dan hemat. Tanpa hidup hemat kita tidak akan bisa menyisihkan sebagian uang kita untuk di tabung. Hidup hemat memberikan manfaat yang luar biasa dimasa depan.

2.2. Belajar mengatur keuangan pribadi

Dengan menerapkan hidup hemat berarti kita harus mengakumulasikan keuangan dengan sebaik mungkin, dengan begitu tanpa disadari kita telah belajar mengatur keuangan kita sendiri. Dimasa depan kelak ternyata hal ini sangatlah bermanfaat, apalagi jika kita masih remaja, hal ini akan lebih menggampangkan ketika sudah berumah tangga kelak.

3.2. Menghindari hutang

Saat kita berada pada posisi mendesak dan mendapatkan kesulitan dimana saat itu kita membutuhkan uang dengan jumlah yang sangat banyak, disinilah peran menabung sangatlah penting. Kita tidak perlu mondar mandir mencari hutang karena tabungan yang selama ini kita jaga siap membantu di saat telah dibutuhkan.

Selain ketiga manfaat di atas sebenarnya masih banyak sekali manfaat menabung seperti sebagai persiapan biaya pendidikan, pensiun, kesehatan, dan lain sebagainya.

#3. Cara menabung yang baik dan benar


Menabung adalah hal yang sangat menjanjikan keuangan dimasa depan, namun masih banyak sekali orang-orang yang bingung dengan cara menabung yang baik dan benar. Nah pada kesempatan ini akan saya hidangkan di bawah ini:

3.1. Sisihkan pendapatan

Dengan gaji yang banyak bukan berarti bisa berfoya-foya sesuka hati. Dengan tidak berpikir hari esok sehingga dalam satu hari saja bisa menghabiskan 50 % dari gaji yang di dapat. Apa tidak sia-sia jadinya sudah susah payah bekerja, lelah menunggu gajian, setelah gaji cair langsung habis kala itu. Maka dari itu ketika mendapatkan gaji, segeralah sisihkan uang itu untuk menabung.

3.2. Hemat

Berhidup hematlah, jangan boros dalam menggunakan barang dan jasa. Supaya tidak pergi ke dokter maka jagalah kesehatan, matikan lampu dan listrik apabila sudah tidak digunakan, dll.

3.3. Jangan menggunakan kartu kredit

Jangan sesekali menggunakan kartu kartu kredit ketika belanja apabila saat di mall. Memang semua itu sangat nyaman dan mudah, tetapi tanpa disadari uang yang diguankan untuk berbelanja semakin menipis tidak terasa. Karena ketidaksadaran dalam menggunakan kartu kredit yang berlebihan maka tagihan diakhir bulan akan membingungkan diri sendiri, Jadi kalau bisa gunakanlah kertu kredit sebijak mungkin.

3.4. Membuat sekala prioritas

Skala prerioritas sangatlah penting dalam mengatur keuangan. Catatlah semua kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Belanjalah dari kebutuhan terpenting bukan kebutuhan yang memuaskan hati saja.

3.5. Jangan terlalu stay-update

Hiduplah sesederhana mungkin, tidak usah terlalu mengikuti trend. Ketika sudah memiliki gadget yang kategori terbaru ditahun ini, lalu tahun depan ada keluaran model terbaru lagi, jangan sampai tergiur untuk membelinya selagi gadget sebelumnya masih baik dan bisa digunakan.

Demikian yang bisa saya tulis, semoga bisa membantu untuk meningkatkan semangat menabung. Sekali lagi, ingatlah bahwa suatu waktu pasti ada kebutuhan yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Untuk itu rajinlah menabung, sishkan sebagian uang demi kehidupan mendatag.

Baca Juga
Tips Menjadi Istri yang Pandai dalam Mengatur Keuangan Keluarga

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda