Kamis, 12 Januari 2017

Cara Flashing Android Samsung Untuk Semua Jenis Model / Tipe

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara flash android samsung untuk segala macam tipe / model. Dengan membaca artikel ini dan mengikuti langkah-langkah flashing yang saya tulis maka kamu bisa melakukan hard reset / flashing android samsung untuk semua jenis tipenya.

Jika dalam komputer lebih sering kita kenal dengan instal ulang, dalam android lebih familier dengan sebutan flash. Intinya sama yakni untuk memperbarui sistem operasi kedua perangkat tersebut (komputer / smartphone). Hal ini dilakukan apabila terdapat beberapa kerusakan pada software android tersebut, misalnya tiba-tiba mati atau restart sendiri, ada beberapa aplikasi terbuka sendiri secara otomatis atau menutup dengan sendirinya, bahkan tidak bisa masuk ke menu (hanya sampai logo ketika dinyalakan "bootloop"). Jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan flashing, sebab jika hanya dengan reset pabrik saja saya rasa itu belum cukup, reset pabrik hanya menghapus data dan chace saja pada perangkat android tersebut. Mengingat hal ini maka mau tidak mau harus flashing untuk memperbarui semua operasi sistem supaya lebih segar kembali.

Perlu di ingat sebelum memperbaiki kerusakan maka perhatikan dulu jenis kerusakannya, apakah pada hardwarenya atau shoftwarenya. Jika kita mengingat pelajaran kelas 7 SMP, ada dua komponen pada komputer yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Contoh perangkat keras komputer ; keyboard, monitor, mouse, CPU. Contoh perangkat lunak komputer ; OS (windows, linux, MAC OS), program aplikasi (photoshop, microsoft office, media player). Begitupun pada Android, ada chasing, batre, touch screen, dll ini termasuk perangkat keras android. Kemudin ada firmware dan beberapa aplikasi lain ini termasuk perangkat lunak android. Jadi apabila kerusakan itu ada pada perangkat keras kita tidak bisa memperbaikinya dengan cara flashing, masak layar pecah bisa kembali normal setelah di instal ulang, tidak mungkin kan? Jangan harap batre ngedrop bisa normal kembali setelah di flash, kenapa? Sudah tahu jawabannya kan? Hehe.

Cara hard reset atau flashing android samsung segala model / tipe


Sebenarnya ada dua cara flashing smartphone yakni tanpa PC dan menggunakan PC sebagai pihak ke tiga, namun di sini saya menggunakan cara yang kedua yaitu dengan PC, alasannya adalah lebih aman dan lebih mudah.

#1. Bahan yang dipersiapkan
  • PC (laptop/komputer) dengan OS windows
  • Kabel konektor (USB) yang menghubungkan PC ke HP
  • Driver USB samsung jika dibutuhkan
  • Odin
  • Firmware samsung

#2. Memastikan bahwa firmware cocok dengan tipe HP

Banyak tutorial yang menjelaskan tentang cara flash HP, sekaligus menyediakan firmwarenya, tetapi di sini saya lebih menyarankan untuk mengunduh firmware tersebut langsung pada website resmi samsung yakni sammobile .com, guna memastikan kita tidak salah mengunduhnya. Silahkan akses website tersebut, cari firmware pada kolom yang disediakan, dan pastikan firmware yang akan diunduh sudah sesuai dengan model/ tipe HP.

Inilah mengapa saya mengambil judul “Cara Flashing Android Samsung untuk Semua Tipe / Model”, semua firmware bisa di cari di sana, odin juga tersedia di sana, lengkap dengan instruksi flashingnya.

Tempat Firmware Samsung


#2. Langkah-langkah Flashing

  • Extract file firmware dan odin yang selesai di unduh
  • Buka file odin dan jalankan odin.exe
  • Nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan
  • Selanjutnya tekan tombol Volume Atas untuk masuk ke download mode
  • Koneksikan smartphone ke PC dengan kabel konektor dan pastikan sudah saling terhubung yang ditandai ID:COM ada port terhubung misalnya 0:[COM7] atau pada kolom log / massage keluar pesan added.
  • Masukkan file firmware pada kolom AP / PDA
  • Biarkan settingan odin secara deafult saja (jangan centang re-partition)
  • Baca Bismillah kemudian klik tombol start pada odin
  • Biarkan proses flashing berjalan sempurna, jangan sampai disconnect, untuk itu amankan PC yang terhubung dengan smartphone dari jangkauan anak-anak :)
  • Tunggu beberapa menit hingga proses selesai yang ditandai status PASS berwarna hijau dan secara otomatis smartphone akan restart sendiri.

Settingan Odin

Selama ini saya telah melakukan flashing android samsung dari berbagai tipe / model dan semuanya berhasil dengan sempurna. Langkah-langkah flashing semuanya sama, yang membedakan hanyalah firmwarenya saja, untuk itu pastikan firmwarenya sesuai dengan model / tipe smartphone yang akan di flash.

#3. Permasalahan yang mungkin terjadi

Dari lima HP yang saya flash ada dua permasalahan terjadi saat itu, diantaranya adalah:

Pertama ; proses restarting HP begitu lama, permasalahan ini terjadi sebab HP yang saya flash memang berbulan-bulan tidak pernah digunakan. Jadi apabila ada permasalahan sama seperti ni, biarkan saja dulu HP dalam proses restart, tunggu sampai satu jam. Apabila selesai satu jam restarting tidak kunjung selesai, mungkin permasalahannya seperti permasalahan ke dua yang saya alami juga.

Kedua; saya pernah otak atik HP samsung Ace 3, mulai dari ngeroot sampai upgrade OS, tidak tahu kenapa meskipun sudah saya flash tetapi hasilnya tetap sama (tetap ada beberapa kerusakan), bahkan tidak bisa nyala kembali. Kemudian saya ulangi langkah-langkah flashing di atas, setelah proses flashing selesai saya tidak biarkan HP restart sendiri tetapi langsung saya copot batreinya, setelah itu saya pasang kembali batreinya kemudian melakukan Factory Reset. Caranya adalah masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersama, selanjutnya pilih Wipe data/ Factory Reset. Dan akhirnya samsung ACE 3 saya kembali normal.

Demikian cara flashing android samsung untuk semua jenis model / tipe. Saya berani berbagi informasi ini karena saya sendiri pernah mencobanya, dan dari kelima HP yang saya flashing semuanya berhasil dengan sempurna. Dari pada pergi ke tukang service pun biayanya cukup mahal, lebih baik service sendiri, cukup bermodal keberanian dan ketelitian saja.

Catatan ; Saya tidak menjamin dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan pada smartphone android kesayangan kalian, ada baiknya kalian memahami dan mengetahui tentang cara meningkatkan dan menjaga performa android. Dengan mengetahui hal tersebut tentu kalian lebih bisa menjaga performa android. Sehingga tetap awet dan tidak mudah rusak.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

7 komentar

Wew.. Terima Kasih atas penjelasannya cara flashing android samsung.
Aku memang suka banget otak atik android. Jadi kalau ada sesuatu, aku bisa praktekan tips di atas. =D

waduh aku paling berani restart aja kalau hp bermasalah, neneran nggk berani utak-atik yang lain, tapi mungkin penjelasanmu bisa menjadi panduan untukku kalau hpku bermasalah, wew jangan sampe deh hege
terima kasih sudah share ilmunya
salam

o baru ngeh kalau flash itu sama dengan restard ya, padahal setiap kali iseng pasti ngflash deh...ngaruh nggak tuh

Ini bisa nggak ya untuk flash selain samsung, soalnya pingin otak-atik android tapi hp saya bukan samsung.

tidak bisa mbak, tutorial ini khusus untuk flash samsung.

karena blm punya gadget samsung, sementara nyimak dulu ya non... suatu saat pasti perlu nih arikel...

Toko Bunga Cikarang jual rangkaian karangan bunga segar di cikarang dengan gratis ongkos kirim keseluruh kota di Indonesia diantaranya Toko Bunga Karawang menjual bunga papan, bunga meja, bunga hand bouquet, bunga vas, bunga krans, bunga standing, bunga tangkai, dan dekorasi. Toko Bunga kami sudah terseber luas di kota-kota besar di Indonesia, Untuk Lihat Contoh Produk Kami Kunjungi Website kami, telp/wa 081319200789

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon