Senin, 23 Januari 2017

Panduan Cara Install Dua Windows Dalam Satu PC

Dari judul di atas cara install dua windows dalam satu PC dapat dipahami bahwa kita bisa melakukan instalasi operasi sistem (OS) dalam hal ini windows hanya pada satu PC, baik itu laptop maupun komputer. Dengan demikian satu PC tersebut memiliki dua operasi sistem windows, baik itu windows sama versi (windows 7 dengan windows 7) maupun berbeda versi (windows 8 dengan windows 10). Inilah yang kemudian sering kita kenal dengan dual booting, yakni ketika menghidupkan komputer kita dihadapkan dengan dua pilihan operasi sistem yang telah terinstal di laptop atau komputer kita.

Dual Booting

Sebenarnya kita juga bisa melakukan instalasi operasi sistem yang berbeda, artinya kita memiliki sistem operasi berbeda dalam satu PC kita. Misalnya windows dengan linux, ini bisa saja kita lakukan asalkan prosedur langkah-langkah instalasinya benar.

Namun pada kesempatan kali ini, saya fokus memberikan tutorial atau panduan cara install windows 7 dan windows 8.1 pada PC. Panduan ini bisa di bilang sangat mudah bisa juga cukup susah. Mudah jika sebelumnya kamu sudah pernah install windows sendiri, susah jika sebelumnya kamu hanya menyuruh install windows di tukang servis.

Namun jangan khawatir, di sini saya akan berusaha memberikan panduan selengkap-lengkapnya. Jadi jika kamu punya keberanian dan teliti saat melakukan instalasi kamu pasti berhasil tanpa harus pergi ke tukang servis.

Langkah-langkah Cara Instal Dua Windows Dalam Satu PC


Supaya lebih mudah dipahami maka langkah-langkah tersebut saya bagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyempurnaan. Silahkan baca dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan dan kerusakan saat instalasi windowsnya.

#1. Tahap Persiapan

Merupakan tahap apa saja yang harus dipersiapkan dan dibutuhkan. Ini menjadi syarat utama dan wajib dipenuhi

  1. Installer windows ; karena pada tutorial ini menggunakan OS windows 7 dan windows 8.1 maka installer yang dipersiapkan adalah kedua OS tersebut. Bisa menggunakan DVD installer ataupun membuat installer menggunakan flashdisk. Cara paling mudah membuat USB bootable adalah tinggal ekstrak file ISO windows menggunakan winrar ke flashdisk.
  2. Partisi hardisk ; karena kita akan memiliki dua OS maka kita harus persiapkan tempat untuk OS tersebut. Jadi kita perlu membagi partisi hardisk untuk windows 7 dan windows 8.1 supaya tidak bentrok istilahnya. Silahkan menuju disk manajemen untuk membagi partisi hardisknya, 20 GB sudah lebih dari cukup, lebih dari itu malah lebih bagus.
  3. Cemilan ; yang satu ini hanya sebagai tambahan saja, sebab waktu yang dibutuhkan saat instalasi cukup lama, tergantung prosesor pada PC, dengan adanya cemilan diharapkan tidak bosan menunggu.

#2. Tahap Pelaksanaan

Jika semua sudah terpenuhi pada tahap persiapan di atas, langkah selanjutnya yakni pelaksanaan instalasi. Mohon dibaca dengan teliti setiap tahapnya supaya tidak terjadi kesalahan.

  • Matikan PC kemudian masukkan installer windows
  • Hidupkan komputer lalu masuk ke menu booting dengan cara menekan F2 atau tombol lain tergantung jenis PC, yang jelas sebelum PC masuk ke OS-nya pasti ada keterangan untuk masuk kemenu botting. Kemudian pastikan booting pertama adalah DVD atau USB yang digunakan sebagai installer windows. Setelah itu pilih exit dan secara otomatis PC akan booting ke installer.
  • Silahkan pilih bahasa dan waktu sesuai kebutuhan setelah itu next. Kemudian ada dua pilihan untuk instalasi windowsnya. Apakah mau upgrade, ada di menu pilihan atas yang artinya memperbarui windows yang pernah terinstal. Atau pilih custom untuk menginstall windows baru. Silahkan pilih yang kedua sesuai gambar di bawah ini.
Install Windows
  • Inilah tahap paling penting saat melakukan instal windows di PC, yakni memilih partisi hardisk tempat dimana windows akan di instal. Karena kita berencana punya dua windows dan ini adalah proses instalasi pertama maka pilih partisi hardisk pertama yang sudah di bagi sebelumnya.
Partisi Hardisk
  • Tunggu proses selesai, biasanya proses akan berjalan selama 30 menit, jangan mencabut atau mengeluarkan installer sebelum proses selesai dengan sempurna.
  • Setalah berhasil instal windows pertama, berikutnya yaitu install windows yang kedua. Ikuti langkah-langkah nomor 1 sampai 5.

Untuk proses instal windows kedua sebenarnya kita juga bisa langsung install melaui driver windows nya tanpa harus booting seperti langkah nomor 2. Yaitu dengan cara install setup.exe yang ada di folder sources. Terserah mana yang ingin kamu pilih, yang jelas sama saja proses instalasinya. yang membedakan hanya pada cara bootingnya saja. Dan ingat tempat partisi hardisknya, jangan sampai hardisk yang sudah terinstall di install kembali.

#3. Tahap Penyempurnaan

Yakni tahap untuk install driver PC dan software kebutuhan lainnya seperti browser, office, dan lainnya. Karena kita sudah memiliki dua windows pada PC kita maka lakukan hal tersebut pada keduanya.

Silahkan dicoba jika ini menjadi kebutuhan kamu, jika kurang paham atau ada permasalahan silahkan tanyakan di kolom komentar. Mohon maaf tidak bisa menyertakan tutorial dual boot dengan gambar lengkap. Saya rasa penjelasan di atas sudah cukup jelas karena sebelum saya membagikan tutorial ini saya sudah melakukan sendiri dan berhasil dengan sukses tanpa ada permasalahan. Sekarang di laptop saya sudah ada dua windows, tinggal kamu berani mencoba atau tidak. Saya yang hanya bermodal berani mencoba saja kini bisa dual boot masak kamu tidak bisa. hehe

Jangan takut rusak, selama permasalahan ada pada software kemungkinan mudah diperbaiki asalkan kerusakannya tidak parah. Tinggal install ulang operasi sistemnya sudah beres. Berbeda jika permasalahan pada hardware, mau tidak mau harus ke tukang servis atau membeli baru suku cadangnya.

Baca Juga:
Pembagian Komponen Perangkat Lunak Komputer

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

3 komentar

sama kayak instal biasa ya mbak, cuman lokasi installnya bukan di C tapi pakai partisi lain ya

Pernah sih pakai dual windows, tapi sekarang sudah berlaih ke windows+ubuntu

saya pertama pake xp sp3 lalu saya instal lagi os7
pertanyaan saya bagaimana agar saya bisa memilih menu untuk menghidupkan yg os xp atau yg os7 min ?

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon