Rabu, 25 Januari 2017

Cara Meningkatkan Kreativitas Menulis Artikel Untuk Penulis Pemula

Tags

Aktivitas menulis merupakan pekerjaan yang cukup membingungkan dan melelahkan, terutama bagi penulis pemula yang lagi belajar mengembangkan kreativitas menulisnya. Tidak jarang mereka ingin mencari solusi tepat supaya cerdas menulis, saking sibuknya sehingga mereka malah semakin kebingungan sebab terlalu banyak teori yang dipelajarinya tanpa ada praktek setelahnya.

Untuk itu kita harus sadari bahwa ilmu atau suatu teori akan selalu berkeliaran bebas diotak kita bagaikan kuda tanpa kusir, dan untuk mengendalikan kuda yang terus berkeliaran tersebut kita harus mengikatnya dengan tali, dalam hal ini yakni mengikatnya dengan sebuah catatan. Dengan menulis catatan maka ilmu yang berkeliaran seperti kuda itu akan dengan cepat mampu kita kendalikan dan kita kuasai.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips meningkatkan kreativitas menulis artikel. Tentu tips yang saya bagikan ini akan tetap menjadi kuda berkeliaran jika tidak segera dicatat, untuk itu buatlah catatan setelah ini dan siaplah menjadi penulis yang kreatif. Artinya mampu menjadi penulis yang produktif menemukan ide-ide baru, tidak kesulitan merangkai kata, hingga menjadi penulis lepas yang berbakat.

Kreativitas Menulis

Jujur saya sendiri belum bisa menjadi penulis yang kreatif dan produktif, di sini saya sama dengan kalian yang ingin belajar menjadi penulis lepas yang tidak kesulitan menemukan ide dan merangkai kata. Dengan adanya artikel ini semoga kita bisa menjadi penulis hebat seperti apa yang ada di pikiran masing-masing.

#1. Jangan Terpaku Pada Standar Teori Penulisan

Ada beberapa teori penulisan yang menjadi standar penulisan yang baik dan benar, namun bagi penulis pemula tidak ada salahnya untuk mengabaikan teori tersebut. Misalnya bahasa baku yang harus digunakan, ejaan harus tepat, pembuatan kalimat dan paragraf yang benar. Teori penulisan ini tentu sangat merepotkan bagi penulis pemula, untuk itu abaikan saja. Kita bisa menerapkannya setelah merasakan kemudahan menjadi penulis.

#2. Ciptakan Situasi dan Kondisi Senyaman Mungkin

Situasi tempat dan kondisi kita sangat mempengaruhi kreativitas menulis artikel. Untuk itu ciptakan situasi dan kondisi senyaman mungkin. Cari tempat yang memang dianggap paling nyaman, misalnya tempat yang sejuk dan jauh dari keramaian.

Ciptakan kondisi sesuai kesenangan hati, misalnya jika senang musik maka dengarkanlah musik sambil menulis. Pada intinya, kreativitas menulis artikel akan muncul dengan sendirinya jika situasi nyaman dan kondisi tidak terganggu dengan kejenuhan.

#3. Mulai Menulis Dari Kegiatan Sehari-hari

Hal yang paling mudah untuk kita tulis adalah menceritakan kegiatan kita sehari-hari. Kita bisa mengawali belajar menulis dengan mencoba menulis aktivitas dari bangun tidur sampai tidur lagi. Tidak mengapa meskipun terkesan lucu dan tidak berkualitas, namanya juga tahap belajar, biarlah menjadi catatan pribadi dulu.

Dan tidak menutup kemungkinan aktivitas sehari-hari yang kita tulis bisa kita jadikan sebuah cerpen bahkan menjadi sebuah novel yang bisa kita adukan dengan karya-karya penulis hebat di dunia. hehe

#4. Menambah Referensi Dengan Memperbanyak Bacaan

Untuk menciptakan sebuah karya tulis yang berkualitas tentu butuh referensi. Sehebat apapun dia sebagai penulis pati masih butuh bacaan. Kreativitas dan produktivitas menulis akan tumbuh seiring semakin banyak bacaan yang kita baca, untuk itu kita tidak boleh malas membaca. Apa lagi di jaman serba canggih ini, kita telah dibantu teknologi untuk mendapatkan referensi bacaan tanpa susah payah pergi ke toko buku. Di internet segudang bacaan tersedia gratis dan kita tinggal memilih untuk membacanya.

#5. Membangun Rasa Percaya Diri

Salah satu kunci keberhasilan adalah memiliki rasa percaya diri, termasuk percaya dan yakin akan kualitas artikel yang telah ditulis. Tanpa ada rasa percaya diri kita tidak akan mampu meraih keberhasilan. Salah satu hal yang menjadi penghalang kreativitas menulis artikel adalah rasa pesimis, minder, dan takut kualitas karya tulis jelek atau tidak berkualitas.

Untuk itu, lawan rasa pesimis tersebut dengan rasa percaya diri. Tulis apa saja yang mampu ditulis, jangan pedulikan orang mau berkata apa. Dari pada memiliki artikel berkualitas tetapi hasil duplikat dari karya orang lain, mending memiliki artikel jelek tetapi hasil jerih payah sendiri. Ingat! Pembaca yang baik tidak akan pernah meremehkan karya tulis orang lain.

#6. Meminta Bantuan Orang Lain Untuk Memberi Tanggapan

Yang terakhir adalah meminta bantuan orang lain bisa teman terdekat atau keluarga di rumah untuk menilai hasil tulisan kita. Dari tanggapan mereka pasti kita memperoleh ilmu baru sehingga bisa memperbaiki kesalahan penulisan, dan juga mendapat saran-saran baru untuk membangkitkan semangat kita.

Demikian cara meningkatkan kreativitas menulis artikel untuk para penulis pemula yang bisa saya bagikan. Saya juga penulis pemula yang masih belajar, tentunya tulisan di atas masih jauh dari kata artikel berkualitas. Oleh sebab itu, saya akan berbesar hati untuk menerima kritik dan saran dari pembaca, dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada para pembaca yang mau memberikan masukan kepada saya.

Ingat! Untuk pandai menulis bukan berarti harus berpendidikan tinggi. Siapapun bisa menjadi penulis hebat asalkan kita memiliki tekad kuat dan serius untuk terus berlatih, tidak peduli status pendidikan apalagi status ekonomi.

Baca Juga:
Inilah 2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penulis Blog Pemula

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

5 komentar

Maksudnya artikel kah ? bukan artikul yah...

Menulis itu enaknya tanpa terikat suatu aturan baku, tapi tetap memperhatikan hal-hal pokok atau dasar yang pernah kita pelajari saat masih sekolah. Kalau terlalu kaku hasilnya malah kuarnag maksimal, itu menurut saya lho...

Makasih yah buat tips-tipsnya..
Sangat membantu..
berhubung gua lagi agak kehabisan ide..
hehehhe

Saya mah kalo nulis selalu dari kegiatan sehari-hari aja. Yang ringan-ringan. Gak usah muluk-muluk, ntar malah jadinya stuck karna bingung mau mengembangkannya.

Asyiknya menulis itu, ketika kondisi nyaman, gk terikat aturan yg ribet

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon