Senin, 02 Januari 2017

Inilah Keuntungan dan Tantangan Ngeblog yang Mesti Kamu Ketahui

Tags

Apa saja sih keuntungan dan manfaat memiliki blog? dan kira-kira apa saja tantangan yang harus dihadapi sebagai seorang blogger? Itulah pertanyaan selama ini yang menghantui pikiran saya. Ingin memiliki blog tetapi ragu sebab belum mengerti banyak akan manfaat dan keuntungannya, selain itu belum juga memiliki kehalian sama sekali untuk mengisi blog tersebut.

Ngeblog

Memangnya keahlian apa saja yang harus dimiliki seorang blogger? Diantaranya adalah memiliki imajinasi tinggi seperti imajinasi desain gambar dan keahlian merangkai kata untuk membuat artikel, memiliki kemampuan manajemen yang baik, dan harus memiliki wawasan luas. Inilah cerita yang saya dapatkan dari teman sekelas saya yang kini sudah sukses menjadi blogger. Namun jika dipikir lebih dalam lagi, keahlian tersebut bukan modal utama menjadi blogger sukses. Ini terbukti setelah saya memberanikan diri untuk memiliki blog sendiri. Awalnya memang berat, tetapi seiring berjalannya waktu ternyata ngeblog itu asyik juga. Meskipun belum sukses, tetapi paling tidak saya telah menikmati aktifitas selama menjadi blogger.

Keuntungan dan Manfaat Ngeblog yang Patut Kamu Mengerti


Sekedar berbagi saja dan tidak ada maksud untuk mengajari. Semua ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, bukan asal tulis sebagai keperluan meningkatkan trafik blog. Semoga dapat membantu kamu yang selama ini bertanya-tanya ada gunanya nggak sih memiliki blog. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan ngeblog yang akan kamu peroleh jika kamu benar-benar serius menekuni blog kamu:

#1. Memiliki banyak kenalan baru

Ada salah satu kegiatan blogging wajib kamu lakukan supaya blog menjadi ramai pengunjung, yaitu blogwalking. Dengan blogwalking kita akan saling mengenal satu sama lain tanpa peduli jarak dan status, sebab dengan internet kita bisa berkomunikasi tanpa jauh-jauh untuk berjumpa. Dari sini kita bisa menjalin hubungan baik meski belum pernah bertemu sebelumnya.
Tidak peduli seberapa jauh, tidak ada status blogger pemula dan blogger senior. Semua dalam satu tujuan sama yakni saling berbagi informasi dan saling membantu. Sebelumnya kita belum kenal kan? Nah sekarang kita bisa saling kenal.

#2. Menumbuhkan semangat membaca

Jika selama ini kamu hanya bermain facebook maka yang kamu baca hanyalah status-status teman yang tidak jelas, alayy, dan mungkin lebaay. Jarang sekali bisa menemukan update facebook dengan artikel bermanfaat, kebanyakan facebook hanya sebagai media share dari artikel blog. Dari pada membaca update status yang tak jelas dan membuang waktu bermain fb, lebih baik memiliki blog sendiri dan mulai menulis.

Kok menulis? apa hubungannya dengan menumbuhkan semangat membaca? Sebelum menulis tentunya kita butuh refrensi bacaan, tilisan ini tidak akan jadi jika saya tidak rajin membaca. Semangat membaca akan tumbuh seiring keseriusan kita untuk menulis. Kini saatnya menumbuhkan semangat membaca atas kebutuhan sendiri bukan karena tuntutan orang tua dan guru seperti masa sekolah.

#3. Mendapatkan berbagai pengalaman baru

Apa yang belum kamu dapatkan sebelumnya akan kamu dapatkan setelah menjadi blogger. Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui beberapa hal seputar hobi yang kamu tekuni saja. Dengan ngeblog kamu akan mendapatkan apa yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh mu, yaitu pengalaman baru, ilmu baru, pengetahuan baru, dan wawasan baru.

Dunia blogger tidak sesempit daun kelor, jaringannya luas, ada beragam informasi unik dan menarik bisa kamu dapatkan dengan mudah. Barangkali sebelumnya belum bisa mengoperasikan komputer, maka dengan ngeblog dijamin kamu tidak akan gagap teknologi. Jujur selama ini saya belum pernah buka potoshop, setelah ngeblog jangankan membuka, instal dan edit gambar untuk keperluan blogging akhirnya saya bisa.

#4. Meningkatkan kedisiplinan

Setelah terjun ke dunia blogging kamu akan disibukkan untuk update artikel setiap hari, membaca refrensi, blogwalking, dan lain sebagainya. Dari sini akan tumbuh keinginan untuk memanajemen waktu dengan baik. Cobalah kalau tidak percaya. Ini telah saya alami, sebelumnya saya menghabiskan waktu untuk kegiatan tidak penting seperti nonton televisi, jalan-jalan, main game. Setelah memiliki blog sendiri, tanpa saya sadari kini hari-hari terasa lebih bermakna.

#5. Memperoleh keahlian menulis

Menulis itu bukan bakat keturunan yang diwariskan oleh ayah dan ibu, melainkan kemampuan yang akan kita dapatkan setelah latihan dan kemauan keras untuk bisa menulis. Keahlian menulis pasti akan kamu dapatkan jika kamu serius ngeblog, sebab aktifitas utama ngeblog adalah menulis artikel (dalam dunia blogging umum dikenal dengan sebutan konten) yang nantinya akan menjadi raja untuk blog kesayanganmu.

Kualitas blog ditentukan oleh artikel yang setiap harinya kita update. Semakin rajin menulis meski awalnya susah maka semakin mapan keahlian menulis yang akan kamu miliki. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi penulis hebat melebihi jurnalis.

#6. Mengantongi berlimpah uang

Inilah yang akan menjadi motivasi ngeblog kamu. Selain sebagai tempat penyalur hobi, jika serius maka blog kesayanganmu bisa kamu jadikan sebagai pundi-pundi penghasilan. Meski bukan sumber penghasilan utama paling tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan sebagai pekerjaan sampingan. Santai dengan duduk sambil minum kopi di depan leptop tanpa menguras banyak tenaga.

Dengan cara apa dan bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari blog? Ini sudah umum diperbincangkan, banyak sekali cara telah dijelaskan secara gamblang oleh blogger-blogger lain. Yang paling mendasar bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari blog adalah menjadi publisher adsense, menyediakan tempat iklan mandiri, dan menjual artikel secara online maupun offline.

#7. Terkenal seperti artis

Jangan kira orang terkenal hanya artis selebriti saja, seorang blogger pun bisa menjadi terkenal layaknya artis. Bahkan saya kira blogger seharusnya lebih terpandang dari pada artis selebriti. Kamu juga pasti tahu, bermodal candaan saja bisa jadi artis, kadang hanya dengan foto saja bisa jadi artis. Dan saya rasa artis bisa terkenal hanya karena keberuntungan saja.

Berbeda dengan blogger, ia rela menghabiskan waktunya untuk kepentingan yang lebih bermanfaat, berbagi informasi penting dan dibutuhkan masyarakat. Bisa dibilang seorang blogger adalah pahlawan tanpa jasa.

Demikian yang bisa saya sebutkan, sebenarnya masih sangat banyak sekali manfaat dan keuntungan ngeblog yang mungkin akan kamu dapatkan dan belum sempat saya sebutkan. Namun 7 keuntungan ngeblog di atas kemungkinan sudah bisa membangun dan memantapkan hati kamu untuk mulai jadi blogger sukses. Ingat setiap manusia pasti memiliki kemampuan (keunggulan) sendiri yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Siapa tahu kamu bisa mengungguli semua blogger yang selama ini telah sukses. Jadi jangan ragu, mulailah kembangkan bakat dan kasih tau kepada mereka akan karya yang kamu hasilkan melalui blog.

Tantangan Ngeblog Yang Wajib Kamu Pahami


Selain banyak manfaat dan keuntungan, ngeblog juga memiliki banyak tantangan yang benar-benar harus kamu pahami. Sebab banyak juga blogger baru yang hanya bertahan beberapa bulan saja kemudian berhenti, sebab cuma mengerti manfaatnya saja tanpa memahami tantangannya. Tergiur dengan keuntungan ngeblog tetapi tidak mempedulikan tantangan di depan yang harus dihadapi. Apa lagi setelah membaca informasi atau mendengar cerita akan mudahnya menjadi blogger sukses, langsung deh membuat blog.

Padahal di dunia ini tidak ada satupun hal yang dapat kita raih dengan mudah, semua butuh perjuangan yang penuh tantangan dan cobaan. Nah, supaya kamu tidak tersesat nantinya ketika sudah memiliki blog, saya juga akan berbagi pengalaman rintangan serta keluh kesah yang saya jalani. Dan inilah tantangan yang saya hadapi selama menjadi blogger:

#1. Menulis dan terus menulis

Menulis itu merepotkan dan melelahkan tetapi mau bagaimana lagi, kita harus tetap menulis untuk mengisi blog kita. Meski sulit namun harus tetap kita paksa, sebab jika tidak kapan bisa menjadi penulis hebat, kapan bisa sukses ngeblog. Pengen sukses kok tidak mau kerja keras, hehe.

#2. Menghabiskan banyak waktu

Seperti yang saya singgung di atas, kegiatan wajib ngeblog adalah menulis artikel. Sedangkan menulis tidak seperti ceramah atau khutbah jum’at, 15 – 30 menit selesai. Harus berpikir keras merangkai kata, belum lagi waktu untuk membaca refrensi, tentu butuh waktu berjam-jam.

#3. Sedih sebab pengunjung sepi

Hal paling mengecewakan ketika ngeblog adalah ketika sepi bahkan tidak ada pengunjung mampir ke blog kita. Bayangkan saja, sudah capek-capek nulis, menguras banyak tenaga, memakan banyak waktu, tetapi tidak ada satu pun pengunjung yang mampir. Namun jangan cepat putus asa, jalani saja dengan ikhlas dan penuh kesabaran. Seminggu belum ada pengunjung, sebulan pengunjung tak kunjung datang, setahun pasti kebanjiran pengunjung.

#4. Bertubi-tubi menerima penolakan Adsense

Nah yang satu ini nih, setiap blogger pasti pernah merasakan pahitnya ditolak lamaran sebagai publisher adsense kan? Tidak lain termasuk saya. Jika kamu sudah mulai ngeblog jangan kaget akan susahnya menjadi publisher AD. Jangan psimis, sebab google adsense bukan satu-satunya pintu penghasilan ngeblog. Ada banyak alternatif lain seperti menjual artikel, produk, dan jasa sendiri. Menurut saya, dari pada pusing-pusing memikirkan penghasilan, mending nikmati dulu aktifitas blogging.

Baca juga:
Inilah 2 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penulis Blog Pemula

Kesimpulan ;

Mengertilah bahwa ngeblog itu tidak segampang informasi yang kamu baca, tidak semanis cerita yang kamu dengarkan, tidak akan semulus yang kamu bayangkan.

Pahamilah bahwa ngeblog itu juga banyak tantangan yang harus kamu lewati, banyak cobaan yang harus kamu hadapi, banyak rintangan yang harus kamu terjang.

Mengertilah, pahamilah, dan lakukanlah. :)

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

1 komentar so far

Ternyata ngeblog banyak keuntungan dan tantangannya ya mbak???,,,jika tantangan bisa dihadapi dengan benar maka merupakan keuntungan juga ya?

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda