Jumat, 06 Januari 2017

Inilah Keahlian Yang Harus Dipelajari Seorang Blogger

Tags

Apakah kamu adalah salah satu orang yang ingin memulai bisnis online? Sukses dan berjaya menjadi pebisnis online yang fenomenal. Jika iya, maka menjadi seorang blogger adalah jawabannya. Dengan menjadi seorang blogger profesional maka tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi pebisnis online yang sepektakuler. Tentunya juga tanpa modal besar, hanya butuh kesabaran dan ketekunan, dan ditunjang dengan beberapa keahlian dan kemampuan seorang blogger. Sebenarnya tujuan menjadi blogger bukan hanya untuk mendapatkan peluang usaha saja, bisa sebagai penyalur hobi, menyampaikan informasi penting dan bermanfaat kepada orang lain. Jadi pada dasarnya seorang blogger selain bisa mendapatkan uang juga memperoleh pahala sebab beramal dengan informasi yang dibagikan tersebut.

Akan tetapi menjadi seorang blogger hebat sebagai awal memulai bisnis online sukses bukanlah hal yang bisa dicapai dengan mudah. Ada berbagai kemampuan dan keahlian yang harus dipelajari dan dimiliki oleh seorang blogger. Beruntungnya kita sekarang berada di masa kemajuan teknologi yang semakin hari semakin canggih, dengan memanfaatkan teknologi tersebut dalam  hal ini internet, kita bisa mendapatkan beragam informasi (referensi) dengan mudah dan bebas diakses semua orang, baik anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua.

Jadi jika kamu berpikir bahwa menjadi blogger sukses itu sulit, mulai sekarang lupakanlah. Jaman telah berganti, semua bisa kita dapatkan dengan mudah melalui bantuan teknologi. Dulu butuh waktu berjam-jam untuk pergi ke pasar antar desa dengan kereta kuda, sekarang sudah ada mesin transportasi canggih yang bisa membantu kita sampai ketempat tujuan dengan cepat. Dulu untuk mendapatkan refrensi bacaan kita perlu buku namun sekarang tidak lagi, teknologi internet telah memanjakan kita mencari beragam refrensi yang kita butuhkan, cukup dengan media komputer atau smartphone, saya yakin semua pasti sudah memilikinya. Salah satu contohnya adalah apa yang kamu baca sekarang, yaitu mengetahui apa saja kemampuan dan keahlian yang harus dipelajari oleh seorang blogger.

Kemampuan Seorang Blogger

Nah pada kesempatan ini saya berbagi informasi tersebut, silahkan duduk manis, siapkan secangkir kopi, dan baca secara seksama, budayakan membaca dari awal hingga selsesai supaya tidak terjadi kesalah pahaman. Jika diperlukan silahkan cari referensi bacaan lain apabila kopi belum habis setelah selesai membaca tulisan ini.

#1. Keahlian produktivitas menulis

Aktivitas penting yang tidak pernah luput dari dunia blogging adalah tulis menulis. Dengan artikel maka blog atau situs kita bisa terkenal. Baik itu situs toko online, penjualan produk, penawaran jasa, semuanya butuh penjelasan sedetail mungkin untuk meyakinkan pengunjung akan kualitas produk dan jasa yang kita suguhkan. Apalagi jika situ kamu menyediakan tutorial, sangat penting bagi kamu bisa merangkai kata demi kata menjelaskan tutorial tersebut. Terlebih lagi jika situs kamu adalah motivasi, maka wajib membuat tulisan semenarik mungkin supaya bisa mengikat hati pembaca. Dengan penyajian tata bahasa yang baik, relevan, dan mudah dipahami, pengunjung pun betah berlama-lama singgah di singgasana situs, website, blog kamu.

Namun menulis bukanlah pekerjaan gampang, sangat menguras pikiran dan tenaga serta waktu. Tidak heran jika menulis merupakan tantangan utama menjadi blogger. Bagi kamu yang kesulitan menulis jangan langsung pesimis, kamu bisa memulainya dengan menceritakan kegiatan sehari-hari. Kita memang dituntut membuat konten berkualitas, namun abaikan dulu, tulis apa yang bisa ditulis, namanya juga masih belajar. Saya yakin mereka yang sudah sukses ngeblog pasti dulunya kesulitan menulis. Sebagai pembangkit semangat, ingatlah bahwa menulis bukan bakat keturunan melainkan kemampuan yang bisa kita dapatkan setelah ketekunan, kesabaran, dan keseriusan berlatih.

#2. Keahlian mengoperasikan komputer

Selain berpikir keras untuk membuat konten berkualitas, unik dan menarik. Seorang blogger harus pandai mengoperasikan komputer. Sebab blogging merupakan aktifitas online bukan offline. Kegiatan blogging pasti tidak lepas dari komputer (laptop), bisa saja memakai smartphone, namun saya rasa kurang optimal, lebih maksimal menggunakan komputer.

Keahlian mengoperasikan komputer tersebut diantaranya yakni bisa menyambungkan komputer ke internet, bisa menggunakan potoshop guna keperluan edit gambar, dan bisa menggunakan beberapa software atau aplikasi penting lain yang berhubungan untuk menunjang kualitas blog.

#3. Keahlian marketing

Marketing adalah usaha untuk memberikan kepuasan kepada konsumen dengan cara membuat produk, menentukan harga, kemudian mempromosikannya. Sebenarnya tidak begitu penting jika blog kita menyediakan info berita atau informasi menarik. Namun jika blog kita difokuskan untuk jual beli (bisnis online) maka keahlian marketing adalah wajib hukumnya untuk dikuasai. Bisa dibayangkan kan bagaimana produk bisa terjual laris tanpa pemasaran (ilmu marketing).

Bagaikan seorang sales ketika menawarkan produk yang merayu konsumen, dengan trik dan caranya seakan-akan menghipnotiis konsumen agar segera membeli. Apabila ini kita praktekan juga pada blog sebagai tempat penjualan, maka pengunjung tidak akan perpikir panjang untuk segera memesan produk yang kita tawarkan.

#4. Keahlian bahasa pemrograman

Seberapa penting sih bahasa pemrograman bagi seorang blogger? Sangat penting sekali, sama halnya ketika kita ingin menyampaikan pesan kepada orang lain. Untuk bisa komunikasi antar sesama manusia maka kita cukup menggunakan bahasa kita sendiri, entah itu bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, Cina, dan lain sebagainya. Tetapi berbeda jika ingin menyampaikan apa yang kita inginkan pada website. Misalnya, merubah warna halaman web, mempercantik postingan, edit template. Kita harus menggunakan standar bahasa pemrograman web.

Website dibangun oleh struktur dan komponen khusus yakni bahasa pemrograman web. Diantaranya adalah HTML, JavaScript, CSS, PHP, dan lain seterusnya.

5. Keahlian pererapan optimasi SEO

Tidak cukup ilmu marketing, ilmu SEO juga harus diterapkan. Search Enginer Optimazion (SEO) adalah aturan untuk mengoptimalkan situs supaya terindeks dengan baik pada mesin pencari, sehingga bisa menempati posisi dihalaman utama mesin pencari, baik itu bing, yahoo, maupun google.

Di sini saya tidak menjelaskan panjang lebar tentang SEO sebab saya bukan pakar SEO. Kamu bisa mempelajarinya sendiri atau sharing dengan sesama blogger. Yang jelas blogger profesional pasti mampu bersaing dengan penerapan optimasi SEO yang benar-benar diperhatikannya.

6. Keahlian menjaga emosional diri

Inilah poin terpenting yang harus dimiliki seorang blogger, saya tulis di akhir karena biasanya pembaca kebanyakan hanya mengingat poin-poin akhir saja. Banyak tantangan, rintangan, dan cobaan yang pasti di hadapi ketika ngeblog. Harus dilewati dengan kesabaran dan ketekunan. Jika tidak bisa menjaga emosional, jangan harap bisa menerjang semua tantangan dan rintangan tersebut.

Ada suatu waktu seorang blogger akan kehilangan semangat ngeblog karena hal-hal tertentu, misalnya sepi pengunjung atau mungkin masalah yang dialami dalam kehidupannya. Ada kalanya stres sebab sudah bertahun-tahun menekuni blog tetapi tak kunjung ada penghasilan. Bisa pula frustasi karena tidak tahu kenapa tiba-tiba blog kesayangannya diblokir, mungkin ada yang sengaja jahat kepadanya atau melakukan kesalahan tanpa disadarinya. Akhirnya berhenti ngeblog tanpa lagi mengingat betapa susahnya perjuangan yang pernah dilakoninya.

Di sinilah kemampuan menjaga emosional diri begitu berperan penting bagi para blogger dan calon blogger. Kita harus sadar bahwa setiap tantangan pasti ada keuntungan, begitu sebaliknya. Dibalik kesusahan pasti ada kemudahan, begitu seterusnya.

Baca Juga:
Inilah Keuntungan dan Tantangan Ngeblog Yang Mesti Kamu Mengerti

Demikian yang bisa saya tulis, terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Beberapa keahlian seoran blogger yang saya sebutkan di atas memang harus kita kuasai namun tidak ada tuntutan/ kewajiban untuk segera menguasainya dalam waktu singkat. Bisa kita pelajari secara perlahan sedikit demi sedikit. Apa sih yang tidak bisa kita raih jika kita serius mengejarnya :). Semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

3 komentar

betul sekali mba, saya setuju dengan semuanya dan tentunya harus di iringi dengan niat dan semangat untuk ngeblog :D

hmm, kayaknya aku memang harus bisa mempelajari semua keahlian tersebut mbak, soalnya hingga kini sering muncul rasa bosan, malas, sampai emosi saat ngeblog.. thanks infonya mbak :D

Klo q sh .. lihat mbk x jd ilang bosan x

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda