Minggu, 15 Januari 2017

Kenikmatan Memiliki Blog Sendiri Selain Mendapatkan Uang

Tags

Blog merupakan tempat seseorang mengekspresikan jati dirinya melalui karya tulis yang bisa dibagikan secara online kepada semua manusia sehingga mampu memberikan manfaat lebih kepada penggunanya, baik pemilik blog itu sendiri maupun pengunjung blog. Kenikmatan memiliki blog sendiri pasti dirasakan bagi mereka yang memang serius menekuni blognya, berbeda bagi mereka yang terpaksa memiliki blog sendiri dengan tujuan untuk mendapat penghasilan misalnya.

Keduanya mempunyai perbedaan mendasar yakni, pertama ia memperoleh kenikmatan karena memang dijalani dengan santai seperti menjalankan kegiatan hobi sehari-hari, kedua ia cepat bosan karena tujuan dan target utama adalah untuk menghasilkan uang tanpa menyadari bahwa banyak tantangan dan kerugian yang harus dihadapi.

Kenikmatan Blogging

Mengertilah dan pahamilah bahwa blog bukan satu-satunya ladang penghasilan, manfaat blog bukan untuk bisnis saja. Jika kamu berpikir bahwa menjadi blogger sukses itu mudah, bisa gampang meraup untung, cepat kaya karena mempunyai blog, mulai sekarang mari tata kembali niat dan tujuan utama kamu membangun blog. Jangan harap kamu bisa bertahan lama di dunia blogging jika terget utama adalah uang, sebab sudah banyak sekali mereka yang demikian hanya mampu bertahan beberapa bulan saja karena tidak sesuai dengan harapannya.

Kenikmatan memiliki blog sendiri tidak harus dapat uang.


Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam hal ini adalah kenikmatan yang saya rasakan selama menjadi seorang blogger. Sekali lagi ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi, bukan hasil studi kasus atau penelitian. Jadi kamu boleh percaya boleh juga tidak.

1. Banyak pengalaman dan ilmu baru bisa kita dapatkan

Sebelumnya minim sekali pengetahuan saya tentang dunia teknologi, setelah menekuni blog rasa ingin tahu tentang teknologi semakin meningkat. Bukan tentang teknologi saja, tetapi juga apa yang sebelumnya saya tidak tahu akhirnya menjadi tahu. Ini juga pasti sudah kamu rasakan. Jadi banggalah pada pengalaman dan ilmu baru yang diperoleh, bukan bangga pada penghasilan, sebab ilmu yang kita dapatkan tak sebanding harganya dengan recehan yang bisa didapatkan melalui blog.

2. Mendapatkan teman dari berbagai penjuru dunia

Bukan cuma ilmu baru saja tetapi teman baru pun bisa kita dapatkan, kita bisa berkenalan dengan mudah, tanpa batas jarak dan waktu untuk bertemu. Ada pepatah bilang banyak teman banyak rijeki. Coba kita pikir baik-baik, ketika kita butuh pekerjaan kita pasti bertanya kepada teman, jika ia tidak mampu memberi jawaban, ia bisa bertanya kepada temannya lagi, begitu seterusnya. Nah, dari pada pusing mikirin penghasilan blog sayogyanya kita mensyukuri posisi kita yang memiliki banyak teman, terlebih lagi ada yang bisa ketemu jodohnya lewat dunia maya ini. Amin...

3. Merasakan indahnya berbagi antar sesama

Menjadi pahlawan tanpa tanda jasa tidak harus menjadi guru, seorang blogger yang tulus ikhlas berbagi informasi pun pantas disamakan statusnya dengan guru. Tanpa disadari maupun disadari, jasa seorang blogger sangat bermanfaat bagi masyarakat seluruh dunia yang sedang membutuhkan informasi yang sempat kita bagikan. Masihkah ada yang berpikir bahwa ngeblog itu tidak ada keuntungannya?

4. Mempunyai ladang amal ibadah yang setiap hari akan terus mengalir

Sadarkah kita semua bahwa blog merupakan ladang amal ibadah yang pahalanya bisa dipanen kelak diakhirat, dengan catatan isi blog untuk kebaikan bukan kejahatan. Berapa banyak orang terbantu, lega, dan tersenyum setelah membaca konten blog kita, insya Allah sebanyak itulah pahala yang akan kita dapatkan. Tentu amal ibadah in akan terus mengalir meski kita telah meninggalkan dunia, mengingat sebuah hadits bahwa ada tiga amal yang tidak terputus setelah manusia meninggal yakni shadaqah jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak shaleh / shalehah yang senantiasa mendoakan orang tuanya. Pantaskah amal ibadah ini kita bandingkan dengan recehan uang dari penghasilan blog?

5. Mempunyai memori karya pribadi dan catatan sebagai kenangan

Awalnya saya berpikir negatif pada dunia blogging. Untuk apa susah payah menulis, menguras tenaga dan pikiran, serta membuang banyak waktu, toh tulisan tersebut belum tentu juga dibaca orang sebab banyaknya persaingan. Namun seiring berjalannya waktu saya sering membaca tulisan saya sendiri sebelumnya, lucu juga ternyata hasil tulisan saya padahal baru 2 bulan saya baca kembali, tidak terbayang bagaimana nanti jadinya setelah 2 tahun kedepan membaca tulisan ini kembali. Yahhh!! ini akan menjadi kenang-kenangan berharga setelah mempunyai anak kelak. Paham maksud saya kan? Jadi, blogging bukan cuma memberi manfaat kepada orang lain tetapi juga pada diri sendiri.

Demikian kenikmatan memiliki blog sendiri yang saya rasakan selain mendapat uang. Tentu kalian juga memiliki pengalaman sendiri, mulai dari alasan ingin memiliki blog, kerja keras membuat konten berkualitas, sampai perjuangan mendapatkan penghasilan, dan akhirnya kalian bisa menyimpulkan sendiri kenikmatan memiliki blog berdasarkan pengalaman tersebut.

Baca Juga:
Inilah Keuntungan dan Tantangan Ngeblog yang Mesti Kamu Ketahui 

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

12 komentar

Setuju, memiliki blog sendiri lebih asyik, apa pun bisa kita share dan tentunya yang bermanfaat.
Untuk blog yang menghasilkan tentu menjadi pilihan sebagian blogger untuk menambah penghasilan dan mencukupi kebutuhan kuota yang kian hari makin bertambah.

Tambah satu lagi.... sepertinya bisa dapat jodoh juga...

kan sudah saya singgung di atas, banyak teman, banyak rezeki, pun bisa jadi sampai menemukan jodohnya, :)

Nah gitu ... itu baru anak pintar !!

Ya. Aku juga setuju. Memiliki blog sendiri dan menjalankannya seperti kita menjalankan hobi pasti sangat mengasyikan dan akan banyak pula pengalaman yg lebih berharga.

Hehe.. Omblogging ini bisa aja, saya kan dari dulu memang pintar.
Pintar bertanya, merepotkan, dan menyusahkan orang lain. Hehehe

hmmm entah kenapa saat punya blog aku nggak kepikiran soal nambah uang jajan. awaknya aku pikir blog itu tempat aku berekapresi. tapi lama-lama dari blog aku malah dapat banyak kenalan dan teman.

memiliki kenangan tersendiri mbak, lagi akrab"nya kita dengan teman blogger, tiba" dia hiatus & kita merasa kehilangan, di satu sisi kita dapat teman baru lagi. ada yang datang, ada yang pergi

hehehe., iya mas Buret, tetapi paling tidak kita pernah saling kenal dan saling berbagi, meskipun berikutnya pergi karena sebab2 tertentu

Saya setuju, tidak harus mendapatkan uang untuk memiliki kenikmatan, cukup kesenangan berbagi itulah yang lebih utama..

baru tau ya kalau punya blog sendiri itu nikmatnya MARATANLANGIT...pisan tah

Kalo aku ngeblog karena ingin pengalaman yang selama ini disimpan di hati bisa disampaikan, syukur syukur sampe anak cucu bisa baca #halah #ngawur #hahaha
Salam kenal ya

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon