Sabtu, 21 Januari 2017

Pembagian Komponen Perangkat Keras Komputer

Tags

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa komputer merupakan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu pengenalan dan kemampuan mengoperasikan atau mengaplikasikan komputer sudah menjadi kebutuhan bukan lagi keharusan di jaman serba canggih ini.

Pembagian Hardware Komputer

Di dalam komputer terdapat komponen atau bisa juga disebut perangkat yang wajib kita ketahui, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua komponen ini merupakan hal paling mendasar untuk mengenal komputer.

Pada kesempatan ini kita akan lebih fokus untuk mengenal dan memahami macam-macam perangkat keras komputer saja. Dimana secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu komponen pokok dan komponen tambahan.

#1. Komponen Pokok Perangkat Keras Komputer


Merupakan bagian yang sangat berperan penting dalam komputer, komponen ini tidak bisa dipisahkan dari komputer. Artinya apabila komponen pokok ini tidak terpasang atau terpenuhi didalam komputer maka sebuah komputer tidak bisa dioperasikan atau dijalankan bahkan belum bisa dinamakan komputer.

Tahukah kamu apa saja yang termasuk dalam komponen pokok perangkat keras komputer? Mari kita pelajari dan pahami satu persatu.

1.1. Central Prosessing Unit (CPU)

Atau lebih sering dikenal dengan prosesor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk melakukan operasi atau melaksanakan perintah dari perangkat keras masukan (input), memori, maupun perangkat lunak komputer.

Sama halnya seperti manusia yang memiliki otot untuk mengangkat beban atau melakukan aktivitas lain dari perintah otak manusia, komputer pun memiliki bagian sama sebagai pelaksana perintah operasi komputer. Otot komputer dinamakan CPU / Central Prosessing Unit / Prosesor.

1.2. Random Acces Memory (RAM)

RAM merupakan memori utama tempat penyimpanan data sementara ketika komputer dijalankan atau dioperasikan. Fungsi RAM yakni membaca dan menyimpan data sementara ketika suatu aplikasi atau beberapa program di dalam komputer dijalankan.

Sama seperti manusia yang mempunyai otak, komputer juga demikian. RAM adalah otak komputer, dimana RAM akan membaca, menerjemahkan, dan memberikan perintah kepada otot (CPU) untuk segera dioperasikan.

1.3. Motherboard / Mainboard (papan Induk)

Motherboard bisa juga disebut mainboard atau papan induk merupakan papan elektornik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti prosesor, RAM/ Memori, dan komponen lain. Adapun fungsi motherboard antara lain adalah untuk mengorganisasi, mengatur, dan menentukan alat yang terpasang pada komputer.

Manusia memiliki raga sebagai tempat otak dan otot melekat pada diri manusia. Disebut raga pada manusia maka disebut motherboard pada komputer. Di sinilah komponen-komponen penting komputer ditempatkan.

1.4. Harddisk (hard disk drive / HDD, hard drive, hard file)

Hardisk merupakan memori penyimpanan internal komputer yang bersifat tetap, artinya berbeda dengan RAM yang hanya bersifat menyimpan data sementara, hardisk menyimpan data yang tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Fungsi hardisk diantaranya yakni untuk menyimpan beberapa file program system dan aplikasi, serta menyimpan berbagai file data dokumen seperti gambar, video, dan dokumen penting lainnya.

1.5. Video Grapichs Array (VGA)

VGA card merupakan bagian komputer yang sangat berperan penting untuk menampilkan output prosesor ke monitor. Tanpa adanya VGA card, layar komputer tidak akan bisa menampilkan apa-apa. Jadi VGA card ini berfungsi untuk mengubah dan menerjemahkan serta menampilkan apa yang kita inginkan dari komputer yang kita gunakan.

#2. Komponen Tambahan Perangkat Keras Komputer


Merupakan komponen pendukung yang bisa dipisahkan dari komputer, artinya apabila komponen tambahan ini tidak terpasang di dalam komputer, masih bisa operasikan namun tidak maksimal dan masih bisa disebut komputer.

Komponen atau alat pendukung ini dibagi menjadi beberapa bagian menurut fungsinya yaitu perangkat masukan, keluaran, pengolah data, dan penyimpanan data.

2.1. Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat ini berfungsi untuk memasukkan data, baik itu berupa teks, video, gambar, audio ke dalam komputer. Alat yang termasuk dalam jenis perangkat masukan diantaranya adalah keyboard, mouse, scanner, web cam, digital pen, barcode reader, mikrofon, touchscreen.

2.2. Perangkat Keluaran (Output Device)

Merupakan perangkat keluaran hasil dari proses data atau program, dimana hasil pengeluaran tersebut dapat kita baca pada layar monitor atau hasil cetakan, bisa berupa gambar, teks, tabel, video, audio, grafik, dan lain sebagainya. Yang termasuk dalam jenis alat perangkat output device antara lain monitor, printer, speaker, LCD proyektor.

2.3. Perangkat Pengolah Data (Prosesor)

Ada perangkat lain selain pengolah data internal yang diletakkan di dalam CPU, yakni perangkat pengolah data eksternal atau berada di luar CPU. Diantaranya sebagai berikut VGA PCI dan berbagai macam VGA lain, sound card, dan lain-lain.

2.4. Perangkat Penyimpanan Data (Memory)

Perangkat penyimpan data digunakan untuk menyimpan data dan program dari komputer. Ada beberapa jenis perangkat penyimpan data tambahan yang letaknya di luar komputer diantaranya sebagai berikut; disket, flasdisk, piringan optik, hardisk eksternal, memory card.

2.5. Perangkat Jaringan dan Internet

Yakni perangkat keras tambahan (alat) yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer supaya bisa mengakses internet. Adapun alat tersebut adalah saluran telepon, modem ADSL, LAN card, kabel UTP, HUB / switch, Wifi access point, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan singkat tentang pembagian perangkat keras komputer. Dan jangan lupa juga pelajari tentang komponen perangkat lunak komputer. Dimana kedua penjelasan tersebut merupakan pelajaran paling dasar untuk memahami dan lebih mengenal komputer. Paling tidak dengan penjelasan di atas kita bisa membedakan dan menyebutkan mana yang termasuk perangkat keras sebagai komponen pokok dan mana yang sebagai komponen tambahan.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

1 komentar so far

komponen perangkat keras komputer banyak sekali ya mba, kalau dirurut satu-satu boleh membuat pikiran ini jadi keras.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda