Minggu, 22 Januari 2017

Pembagian Komponen Perangkat Lunak Komputer

Tags

Pernahkah kamu mencermati suatu peralatan elektronik seperti smartphone dan komputer bisa berfungsi sesuai fungsinya masing-masing? Pernahkah kamu membayangkan bagaimana jika terdapat beberapa kerusakan pada alat elektronik tersebut sehingga tidak dapat digunakan sebagaimana menstinya?

Dari kedua pertanyaan tersebut jika kita amati dan berpikir lebih dalam lagi maka kita bisa mengambil gambaran bahwa suatu peralatan teknologi dalam hal ini komputer, dibagi menjadi tiga bagian secara umum, yakni:

  1. Pertama ; bagian perangkat keras yang bisa kita pegang dan bisa dilihat secara bentuk fisik, inilah yang disebut hardware.
  2. Kedua ; bagian perangkat lunak yang tidak bisa kita pegang, namun bisa kita operasikan, inilah yang disebut software.
  3. Ketiga ; Pengguna yang menggunakan peralatan tersebut yaitu manusia.
Suatu perangkat keras komputer tidak mampu berfungsi dengan baik tanpa adanya perangkat lunak yang menjalankan, begitu pula sebaliknya. Meskipun keduanya sudah terpenuhi dengan baik tetap tidak bisa digunakan jika tidak ada penggunanya, yakni kita sebagai manusia.

Pada kesempatan ini kita akan fokus untuk mengetahui dan memahami pembagian komponen perangkat lunak komputer. Sebab pembahasan tentang komponen perangkat keras komputer sudah kita bahas pada kesempatan sebelumnya.

Pembagian Software

Perangkat lunak adalah suatu rangkaian instruksi atau perintah yang dibuat dan dipasang pada perangkat keras, supaya perangkat keras tersebut mampu berjalan sebagaimana fungsinya. Pada komputer perangkat lunak sering dikenal dengan nama software, yakni suatu program atau aplikasi komputer yang memungkinkan sebuah komputer tersebut melaksanakan tugas-tugas tertentu.

#1. Klasifikasi Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Fungsi


Berdasarkan fungsinya perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

1.1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem adalah software yang berhubungan langsung dengan hardware (perangkat keras komputer), pemrograman, maupun perawatannya. Berikut yang termasuk macam-macam dalam perangkat lunak sistem:

1.1.1. Sistem Operasi ; merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk juga menjalankan perangkat lunak aplikasi. Sebuah komputer tidak akan bisa menjalankan perangkat lunak jika tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. Ada salah satu tugas umum dari sistem operasi untuk mengatur user interface, yaitu bagaimana antara pengguna dan komputer bisa saling berinteraksi. Contoh sistem operasi antara lain microsoft windows, MAC OS, UNIX, LINUX, dan lain sebagainya.

1.1.2. Utilitas ; merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau kerusakan tertentu dalam sistem komputer. Jadi ketika ada beberapa kerusakan pada sistem bisa diatasi menggunakan software utilitas. Seperti membuat atau menghapus keamanan suatu software sistem, memperbaiki file pada disk yang rusak, menguji kesegaran kinerja komputer, dan lain seterusnya. Contohnya adalah disk cleanup, disk defragmenter, partition magic, anti virus, dll.

1.1.3. Bahasa Pemrograman ; merupakan aturan dan instruksi yang tertuangkan dalam bentuk kode-kode yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan suatu tugas tertentu. Agar manusia bisa memberikan instruksi yang mampu dimengerti dan diterjemahkan komputer maka harus menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Adapun berdasarkan levelnya bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga yaitu rendah (low level languange), menengah (middle level languange), tinggi (high level languange).

1.2. Perangkat Lunak Aplikasi

Merupakan perangkat lunak yang dipergunakan untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dan membantu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Berikut yang termasuk dalam pengelompokannya:

1.2.1. Aplikasi Pengolah Kata ; berfungsi untuk melakukan pengolah kata yaitu pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan naskah dan juga berbagai administrasi surat menyurat. Contohnya ; wordstar, word perfect, microsoft word, dll.

1.2.2. Aplikasi Pengolah Angka ; berfungsi untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan angkat, seperti laporan keuangan, perhitungan, dan grafik. Contohnya ; microsoft excel, openoffice, calculator, dll.

1.2.3. Aplikasi Presentasi ; berfungsi untuk mengolah suatu data agar siap dipresentasikan dalam suatu kebutuhan tertentu seperti seminar dan pembelajaran. Contohnya ; microsoft powerpoint, prezi, mindmanager, dll.

1.2.4. Aplikasi Pengolah Data ; atau database berfungsi untuk pengolahan data yang berupa angka ataupun gabungan kata dan angka. Biasanya pergunakan untuk pembuatan aplikasi kecil guna menyimpan data yang lebih efektif dan efisien. Contohnya ; Microsoft Access, Fox Base, dBase, dll.

1.2.5. Aplikasi Multimedia ; berfungsi untuk memutar audio dan video guna mendengarkan musik maupun menonton filem, bisa juga digunakan untuk mengedit file berformat mp3, mp4, mkv, dan sejenisnya. Contohnya ; Gom Player, Winamp Player, Video Studio, dll.

1.2.6. Aplikasi Pengolah Gambar ; berfungsi untuk edit gambar yang biasanya banyak digunakan oleh desainer guna mempercantik dan memperindah hasil desainnya. Contoh yang paling tidak asing lagi yakni Adobe Photoshop dan Corel Draw.

1.2.7. Aplikasi Permainan ; merupakan suatu aplikasi khusus yang dibuat sebagai permainan (game) dengan tingkat kesulitan tertentu. Saya rasa semua pasti sudah tahu akan aplikasi permainan ini sebab banyak bisa kita temukan baik offline maupun online. Bisa termasuk aplikasi edukatif asalkan tidak salah dalam penggunaannya.

1.2.8. Aplikasi Komunikasi dan Internet ; berfungsi untuk melakukan komunikasi antar komputer yaitu antara dua komputer atau lebih, dimana sesama komputer bisa saling terhubung meskipun tidak dalam satu lokasi. Aplikasi internet yang paling umum digunakan adalah email, browsing, dan chatting.

#2. Klasifikasi Perangkat Lunak Komputer Berdasarkan Tipe


Berdasarkan tipenya, perangkat lunak dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

2.1. Perangkat Lunak Hak Cipta ; Merupakan aplikasi atau software yang dilindungi oleh hak cipta, ini berarti semua orang tidak bisa bebas menggunakannya. Adapun jika ingin ikut menggunakan maka harus membayar untuk membeli lisensinya. Dengan membayar lisensi maka kita mendapat izin bebas menggunakan dengan tetap mengikuti kebijakan yang telah ditentukan oleh pembuat perangkat lunak tersebut. Contohnya ; perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft diantaranya windows dan office yang setiap hari kita gunakan.

2.2. Perangkat Lunak Bebas Hak Cipta (Freeware) ; merupakan kebalikan dari penjelasan di atas, artinya semua orang diberikan kebebasan menggunakan tanpa membeli lisensi. Tujuan pembuatan freeware ini adalah supaya setiap pengguna bisa merasakan manfaatnya dan mengembangkan bakat serta minat di bidang penggunanya masing-masing. Contohnya ; Linux, Debian, Ubuntu, dll.

2.3. Open Sources ; merupakan perangkat lunak terbuka yang dikembangkan oleh kelompok tertentu, mereka saling bertukar pengalaman guna bersama-sama ikut mengembangkan, bebas untuk digunakan dan disebarluaskan. Perbedaan antara Open source dengan bebas hak cipta adalah terletak pada aturan dan etika yang telah ditetapkan. Open Source memiliki kaidah dan etika yang wajib dipatuhi sedangkan freeware tidak demikian.

Demikian penjelasan singkat tentang pembagian komponen perangkat lunak komputer. Sebenarnya penjelasan di atas merupakan rangkuman dari pelajaran TIK kelas 7 SMP/MTs. Saya rangkum supaya lebih mudah dipahami dan bisa dibaca semua orang tanpa membeli buku terlebih dahulu. Untuk memahami pembagian perangkat kerasnya bisa di baca dihalaman sebelumnya.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

4 komentar

Uraian yang sangat jelas dan detail, terima kasih sharenya, mbak. Ini sangat menambah wawasan saya tentang pembagian komponen perangkat lunak komputer.

Waduh... Saya jadi gagal paham kalau membahas masalah perangkat lunak komputer. Soalnya pegang komputer aja aku belum pernah. Wkwkwkw
Tapi tak apa lah, aku coba memahaminya. Siapa tahu suatu saat bisa berguna bagi saya kalau sudah ditakdirkan bisa pegang komputer. Haha

waduh, jaman saya SMP belum ada peljaran kek gini. dulu masih jamannya mesin ketik :D

Anggap saja sekarang lagi duduk dibangku sekolah kelas 7 SMP yang lagi belajar tentang perangkat komputer, hehehe

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda