Selasa, 17 Januari 2017

Penyebab Malas Ngeblog dan Solusi Sederhana untuk Mengatasinya

Tags

Aktivitas blogging memang bisa dibilang cukup menyenangkan, terutama bagi para blogger pemula karena memang lagi semangat-semangatnya memiliki blog. Namun ada suatu waktu aktivitas ini menjadi sangat membosankan. Maka dari itu ketahuilah apa saja penyebab malas ngeblog supaya kita bisa mengantisipasinya dan tetap semangat ngeblog.

Faktor Malas Ngeblog

Pada kesempatan sebelumnya saya telah membahas kenikmatan memiliki blog sendiri, diantaranya adalah mendapat kenalan baru dari berbagai penjuru dunia, memperoleh ilmu dan pengalaman baru, dan mempunyai ladang amal ibadah yang akan terus mengalir walau kita telah tiada. Silahkan baca selengkapnya pada halaman sebelumnya jika berkenan.

Faktor / Penyebab Malas Ngeblog dan Solusi Sederhana Untuk Mengatasinya


Nah untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi coretan tentang penyebab malas ngeblog yang mungkin akan kamu rasakan beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Seperti biasa artikel ini bukan hasil penelitian, tetapi berdasarkan pengalaman pribadi, jadi kemungkinan kebenarannya belum bisa dijadikan referensi, hehe.

1. Tidak ada pengunjung

Pengunjung blog sepi, tidak ada peningkatan visitor, atau bahkan tidak ada tanggapan (komentar) sama sekali yang singgah di blog kesayangan kita. Bisa jadi ini adalah penyebab utama blogger mulai malas ngeblog. Bagaimana tidak, sudah kelelahan menulis sampai suntuk memikirkan optimasi SEO tetapi hasilnya sangat mengecewakan.

Solusi ; jangan terlalu sering melihat analytics, statistik, dan beberapa tool lain untuk melihat lalu lintas pengunjung. Cek secara berkala saja, dua minggu satu kali atau sebulan sekali.

2. Merasa ngeblog tidak ada manfaatnya

Di sisi lain melihat visitor blog tidak ada peningkatan sama sekali, pastilah timbul rasa psimis yakni merasa apa yang dilakukan hanya percuma / tidak ada gunanya. Padahal jika dipikir jauh lebih dalam lagi, manfaat ngeblog bukan hanya untuk orang lain tetapi juga berguna bagi diri sendiri.

Solusi ; anggaplah ngeblog bagaikan amal shadaqah dimana tangan kiri seakan-akan tidak mengetahui apa yang dilakukan tangan kanan, dengan begini maka ngeblog kita menjadi lebih tulus dan ikhlas.

3. Jauh dari harapan yang ditargetkan

Kebanyakan orang ngeblog bertujuan untuk memperoleh penghasilan yang memuaskan, baik dengan menjual produk dan jasa sendiri maupun menjadi publisher adsense. Tidak semua hal bisa berjalan dengan mulus, salah satunya adalah target tersebut tidak bisa diraihnya, akhirnya rasa malas pun muncul atau bahkan ingin langsung berhenti ngeblog kala itu.

Solusi ; ingat kembali perjuangan pertama kali mengisi blog, mulai dari membeli domain, memilih template, menentukan niche blog, hingga menulis artikel. Tentu perjuangan ini tidak pantas untuk dilupakan.

4. Banyak aktivitas offline

Banyaknya kesibukan diluar blogging juga merupakan faktor atau penyebab malas ngeblog yang tidak bisa dipungkiri lagi. Misalnya tanggung jawab sebagai seorang istri diwajibkan melayani kebutuhan rumah tangga ditambah lagi merawat anak yang masih kecil, sebagai suami sibuk kerja siang dan malam, sebagai anak wajib belajar, dan lain sebagainya. Tentu aktivitas seperti ini menyita banyak waktu dan mengurangi kesempatan untuk fokus merawat blog.

Solusi ; buat jadwal secara berkala se-efektif mungkin, gunakan waktu libur, tanamkan pada diri bahwa ngeblog mampu meningkatkan kedisiplinan waktu.

5. Terlalu sukses menjadi blogger

Masak ada sih orang sudah sukses ngeblog malah malas ngeblog? Tentu ada dan kemungkinan besar pasti ada. Kita tahu bahwa manusia pasti memiliki rasa malas, bisa jadi setelah kejayaan yang dirasakan, mentang-mentang sudah enak, terlalu yakin kesuksesan akan selalu bertahan, akhirnya lupa tidak update sama sekali. Jika ini dibiarkan maka untuk memulai kembali maka serasa mulai dari nol lagi.

Solusi ; sadar diri saja, bahwa kesuksesan tidak selamanya bertahan, apalagi ada sifat takabur, sombong, tinggi hati, dll.

Artikel penyebab malas ngeblog ini dibuat dengan tujuan memotivasi para blogger, baik pribadi saya sendiri maupun teman-teman blogger yang sempat membaca. Semoga tetap semangat ngeblog, semangat berkarya, dan segera mencapai targetnya masing-masing.

Baca juga:
Kenikmatan Memiliki Blog Sendiri Selain Mendapatkan Uang

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

6 komentar

Terkadang saya juga seperti itu, menurut saya datangnya rasa malas itu wajar. Seperti halnya statistik yang naik turun!

kalau masalahki sih cuma sama waktu mbak. soalnya ngeblog itu cuma sampingan dan iseng.

5 alasan diatas pernah di alami oleh sebagian besar blogger, tapi diatas sudah ada solusinya masing masing, tinggal bagaimana perjuangan kita ngeblog

Tips ini sdikit bisa meredakan pikiran yang lagi galau.... menunggu kedatangan jawaban 😂😂

Nah, kalau saya sendiri alasan utama ada pada point nomer 4.
Banyaknya aktifitas offline terkadang membuatku malas untuk buka blog. Hehe

Akhir akhir ini saya malas ngeblog karena faktor lain ... perihnya mata dimana tiap hari natapin pc .. mungkin bisa menjadi salah satu poin yah...

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon