Senin, 20 Februari 2017

Contoh Soal dan Belajar Latihan Simulasi UNBK 2018

Halo adik-adik yang lagi siap-siap menghadapi simulasi UNBK Tahun 2017/2018, baik dari siswa siswi SMP / MTs, SMA / MA, dan SMK. Apa kabar hari ini? Baik-baik saja kan? Atau mungkin kalian lagi resah dan gelisah takut menghadapi UNBK karena sebelumnya belum pernah kamu laksanakan sama sekali? Jangankan melaksanakan, mendengar UNBK saja baru kemarin. Jika benar demikian, kalian tidak perlu takut lagi. Di sini saya akan memberi gambaran tentang pelaksanaan simulasi UNBK sebagai persiapan menghadapi UNBK yang sesungguhnya.

Aplikasi UNBK

Sebenarnya UNBK yang akan kalian hadapi tidak jauh berbeda dengan UN Naskah. Bedanya adalah jika UNBK yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer, ini artinya pelaksanaan ujian dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop. Sedangkan UN Naskah yakni Ujian Nasional yang menggunakan naskah, seperti ujian-ujian pada umumnya yang menggunakan lembar soal dan lembar jawaban. Lalu apa dan mengapa harus takut? Apakah takut tidak bisa mengoperasikan komputer? Jika betul demikian, maka hal yang harus kalian takutkan sebenarnya adalah tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan soal ujian.

Baca juga:


Contoh Soal dan Gambaran Simulasi UNBK 2018


Kira-kira seperti apa sih pelaksanaan UNBK itu? Bagaimana contoh soalnya? dan bagaimana cara mengerjakan soal-soal UNBK? Seperti yang saya singgung tadi, saya akan memberi sedikit gambaran tentang simulasi UNBK. Sekali lagi saya tekankan bahwa UNBK tidak jauh berbeda dengan UN Naskah. Jika UN Naskah, maka ketika kalian memilih jawaban menggunakan sebuah pensil. Sedangkan jika UNBK, maka ketika kalian memberi jawaban cukup dengan mengeklik jawaban dengan mouse pada jawaban yang kalian pilih.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang gambaran simulasi UNBK, kalian bisa menggunakan aplikasi online dengan mengakses tautan atau link yang saya bagikan. Aplikasi Simulasi UNBK 2018 ini sangat sederhana dan hampir mirip atau bahkan sama dengan simulasi UNBK nanti di sekolah kalian masing-masing. Ingat! hampir sama yang saya maksud adalah gambaran mengerjakan soal-soal dengan komputer (Simulasi UNBK) bukan butir soalnya yang sama. Butir soal atau bentuk pertanyaan-pertanyaan yang ada di Aplikasi Simulasi UNBK 2018 ini hanya contoh soal saja, jadi tidak mungkin sama persis dengan soal yang ada di Simulasi UNBK Sekolah kalian masing-masing.

Ada juga simulasi UNBK berbasis android yang juga memuat berbagai macam contoh soal sebagai media belajar dirumah. Silahkan baca selengkapnya di sini: Aplikasi Android Simulasi UNBK 2018 untuk SMP/SMA/SMK

Cara Menggunakan Aplikasi Latihan UNBK


Oke adik-adik, mari kita belajar Simulasi UNBK dengan menggunakan Aplikasi Latihan UNBK. Silahkan ikuti panduan di bawah ini:

A. Persiapan

Di bawah ini adalah perlengkapan yang wajib kalian persiapkan supaya bisa menggunakan Aplikasi Latihan UNBK.

1. Komputer / Laptop ; Karena UN yang akan kalian laksanakan di sekolah adalah berbasis komputer, maka kalian harus siapkan sebuah komputer atau laptop juga bisa. Sebenarnya Smartphone Android juga bisa, akan tetapi UNBK nanti di sekolah tidak menggunakan Android tetapi menggunakan komputer. Untuk itu gunakan komputer / laptop, toh sekalian kita belajar mengoperasikan komputer.

2. Akses Internet ; Aplikasi Latihan UNBK merupakan aplikasi online, dimana dibutuhkan akses internet supaya bisa menggunakannya. Untuk itu, pastikan kalian memiliki akses internet. Silahkan gunakan paket data android kalian sebagai hostpot, atau menggunakan wifi di sekitar rumah kalian.

3. Web Browser ; Pastikan di komputer / laptop kalian sudah terinstall web browser supaya bisa menampilkan Aplikasi Latihan UNBK. Semua jenis web browser bisa digunakan, baik itu google chrome, internet explore, mozila firefox.

4. Akun email ; Pastikan juga kalian sudah memiliki akun email, bisa yahoo atau google. Jika belum silahkan buat dulu. Akun email ini digunakan sebagai kontak jika sewaktu-waktu kalian tidak bisa login karena lupa username atau password.
    Jika kalian tidak punya komputer, tidak memiliki akses internet, tidak bisa menginstall web browser. Sebagai alternatif silahkan sempatkan pergi ke warnet. Di warnet pasti sudah disiapkan semuanya dan kalian tinggal menggunakan saja.

    B. Pendaftaran

    Kita anggap tahap persiapan sudah lengkap, mari lanjut ke tahap berikutnya yakni pendaftaran. Tujuan pendaftaran di sini adalah untuk mendapat username dan password yang nantinya digunakan untuk login. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka alamat tautan atau link berikut http://cbt.smppgrisatubdl.com/pages/index.php

    2. Karena belum punya akun, maka harus mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu. Untuk mendapat formulir pendaftaran tersebut silahkan klik “Daftar Disini”

    3. Jika sudah muncul form pendaftaran, silahkan isi sesuai kebutuhan. Pastikan setiap kolom isian sudah terisi semua. Dan selalu ingat pada kolom username dan password, karena ke dua inilah yang nantinya akan kalian gunakan untuk login.

    4. Jika sudah yakin semua isian sudah terisi dengan benar, silahkan klik daftar. Sampai tahap ini maka kalian sudah memiliki akun untuk login ke Aplikasi Latihan UNBK.

    Lihat juga:

    C. Pelaksanaan

    Ketika sudah selesai mendaftar silahkan login dengan memasukkan username dan password yang sudah kalian buat tadi. Jangan lupa masukkan kode verifikasi sesuai yang ditampilkan sebelum login, biasanya berupa huruf-huruf dan atau angka.

    Ketika sudah selesai login maka akan tampil beberapa menu di dalam aplikasi tersebut. Untuk mulai mengerjakan soal silahkan pilih daftar soal kemudian pilih mata pelajaran dari soal yang akan kalian kerjakan.

    Jika sudah masuk di menu soal maka akan tampak soal beserta jawaban pilihan ganda. Untuk menjawab silahkan klik pada kolom lingkaran jawaban pilihan ganda tersebut. Untuk lanjut ke nomor soal berikutnya maka klik next. Kemudian jika ingin kembali ke nomor sebelumnya klik preview. Atau kalian juga bisa memilih nomor soal sesuai keinginan dengan menekan tombol "nomor soal" yang ada di pojok kanan atas. Jika sudah selesai mengerjakan seluruh nomor soal maka silahkan klik tombol selesai. Kalian juga bisa langsung melihat hasil nilai jawaban di menu "lihat hasil". Di situ akan muncul jawaban salah dan jawaban benar serta nilai yang kalian dapatkan.

    Seperti itulah gambaran tentang UNBK yang akan kalian kerjakan di masing-masing sekolah. Yang berbeda antara aplikasi latihan UNBK ini dengan aplikasi UNBK dari kemendikbud adalah tidak ada tombol pilihan "ragu-ragu" dan menu "lihat hasil". Jika di UNBK kemendikbud ada tombol "ragu-ragu" tetapi tidak bisa melihat hasil nilai secara langsung, sedangkan di aplikasi latihan UNBK tidak ada tombol "ragu-ragu" tetapi bisa langsung melihat hasil nilai.

    Baca juga:


    Demikianlah contoh soal dan belajar latihan simulasi UNBK 2018 yang bisa saya bagikan. Jangan lupa terus belajar. Mengoperasikan komputer itu mudah, yang susah adalah belajar menguasai seluruh materi yang akan di ujikan. Untuk itulah mari semakin giat belajar.

    Baca juga:


    Oh iya, jangan lupa logout setelah selesai menggunakan aplikasi latihan UNBK, karena jika tidak logout atau langsung menutup web browser maka apabila kalian ingin login kembali harus menunggu selama 24 jam.

    Update!
    Setelah kemarin sempat terlintas di pikiran saya, kira-kira ada atau tidak ya aplikasi simulasi UNBK yang offline? Kan lebih mudah digunakan karena tidak butuh akses internet. Mau membuat aplikasi sendiri tetapi tidak bisa. Akhirnya saya browsing di internet ternyata ada juga aplikasi simulasi UNBK offline. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan aplikasi simulasi online yang di jelaskan di atas, bedanya aplikasi yang satu ini tidak butuh koneksi internet (offline). Ada untuk jenjang SMP / SMA / SMK. Informasi lebih lanjut silahkan ikuti tautan berikut ↬ Download Aplikasi UNBK Offline Untuk SMP - SMA - SMK.

    Sekian dan terimakasih. Semoga bermanfaat. :)

    Baca Juga:
    Cara Install Dua OS Windows Dalam Satu PC

    hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

    Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
    Disqus
    Blogger

    14 komentar

    Ijin share ya. Siapa tahu sangat berguna bagi adik2 yang akan menghadapi simulasi UNBK.

    Baru tahu komputer ada ujiannya juga. Mungkin untuk mendapatkan sertifikat kali ya..

    waaah jama sekarang jadi lebih praktis aja

    Wah lumayan nih,,, tak share ke teman-teman guru saya yah mba....

    kok gk ada daftar soal nya ????

    Ada kok, silahkan dibaca kembali.. :)

    kok saya juga ngga ada ya mba udh saya ke daftar soal soalnya ngga ada yang muncul.

    Ohh.., berarti kemungkikan hosting web nya lagi nggak stabil, atau mungkin dalam perbaikan..

    Bisa kok, silagkan kunjungi alamat tautan CBT di atas dengan cara copy dan paste di browser yang anda gunakan..

    Untuk SMK gak ada ya soalnya,hanya ada untuk tingkat SMP sepertinya

    Aplikasi tersebut paling tidak bisa digunakan untuk latihan mengerjakan UNBK, biar calon peserta UNBK mengerti bagaimana teknis dan bentuk soal yang ada di dalam CBT.,
    Nah, untuk mengetahui contoh soal UN bisa melihat pada kisi-kisi UN atau mencari refrensi soal UN tahun sebelumnya..

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda