Minggu, 26 Februari 2017

Aplikasi Sederhana Simulasi UNBK Offline Untuk SMP / SMA / SMK

Aplikasi Simulasi UNBK Offline Untuk SMP / SMA / SMK - Pelaksanaan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer sebenarnya sudah diterapkan sejak tahun 2014 pada sekolah terbatas, sekolah pilihan, atau sekolah yang memang sudah mampu dalam segi sarana prasarana teknologi seperti tenaga IT, LAB Komputer, dan koneksi internet. Serta kemampuan siswa-siswi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tentu istilah UNBK masih terasa asing dikalangan sekolah yang memang belum terjangkau teknologi.

Login UNBK

Kemudian pada tahun 2015 cukup banyak sekolah dari berbagai provinsi mengikut sertakan dalam penyelenggaraan UNBK. Dan ternyata hasil pelaksanaan UNBK dari berbagai sekolah baik SMP / SMA / SMA cukup memuaskan dan menggembirakan. Pada akhirnya tahun pelajaran 2016 - 2017 pemerintah provinsi yang belum sempat mengikuti UNBK, mereka mengintruksikan kepada sekolah-sekolah agar segera mendaftarkan sekolah untuk menyelenggarakan UNBK. Demikian sejarah singkat tentang penyelenggaraan UNBK di Indonesia hingga ramai diperbincangkan saat ini. Semoga pendidikan kita semakin membanggakan dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.

Sebelum lanjut untuk download aplikasi simulasi UNBK offline yang nantinya bisa digunakan sebagai latihan simulasi UNBK di rumah tanpa koneksi internet. Ada baiknya kita mengenal lebih dalam tentang mekanisme pelaksanaan UNBK supaya kita paham sistem dan alur pelaksanaannya.

Mungkin diantara kalian sempat terlintas pertanyaan demikian. Apakah benar Ujian Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan secara online? Jawabannya adalah bisa tidak bisa iya. Sebab ada dua komputer yang dibutuhkan yakni komputer client untuk siswa dan komputer server sebagai server lokal. Server client bekerja dalam keadaan offline, hanya terhubung dengan jaringan lokal (server lokal), ini artinya jika ada kesalahan ketika mengerjakan soal masih bisa diperbaiki kembali. Sedangkan server lokal bekerja dalam keadaan online, langsung terhubung ke server pusat kemendikbud, ini artinya sebelum server lokal upload jawaban siswa ke server pusat harus benar-benar diperiksa dengan teliti, jangan sampai ada jawaban siswa yang tertinggal. Itulah sebabnya kenapa dalam pelaksanaan UNBK ada istilah ujian semi-online.

Jangan Takut Dengan UNBK Karena Tidak Bisa Komputer


Bagi adik-adik siswa siswi yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer tidak perlu khawatir apalagi takut menghadapi ujian, proses ujian tidak serumit yang kalian bayangkan. Sebab hal-hal yang rumit mulai dari instalasi, sinkronisasi, sampai punya perangkat yang siap digunakan untuk UNBK merupakan tugas panitia penyelenggara ujian.

Yang perlu adik-adik perhatikan adalah bagaimana cara login ke aplikasi CBT client UNBK. Sebelum mulai mengerjakan soal yang perlu kalian lakukan hanya login ke aplikasi UNBK menggunakan username dan password yang ada dikartu ujian, serta memasukkan token yang juga akan diberikan oleh panitia penyelenggara ujian. Setelah itu tinggal mulai mengerjakan soal, memilih jawaban dengan mengeklik mouse saja. Kalau pun ada kesalahan kalian tinggal lapor dan panitia atau pengawas ruang pasti akan segera memperbaiki.

Lagian kakak akan bagikan sebuah aplikasi simulasi UNBK offline sebagai bahan belajar di rumah. Kalian bisa langsung menggunakannya tanpa koneksi internet sama sekali. Yang kalian butuhkan hanya sebuah laptop atau komputer. Jika tidak punya kan bisa pinjam sama teman yang sudah punya atau pergi ke warnet sebentar.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi kalian tidak bisa menggunakan komputer, tidak paham komputer, belum pernah menyentuh komputer. Lupakan itu semua, sebab menguasai komputer itu sangat gampang, yang susah dan menjadi permasalahan adalah bisa atau tidak menjawab soal-soal UNBK. Tetapi bukan persoalan jika kalian rajin belajar. Untuk itu, mulai sekarang mari lebih giat mempelajari materi ujian nasional. Untuk mempermudah belajar materi ujian nasional, kalian juga bisa download kisi-kisi UN dan USBN di www.un:kemendikbud.co.id

Aplikasi Simulasi UNBK Offline SMP / SMA / SMK


Nah, untuk mempermudah kalian belajar, silahkan Download Aplikasi Simulasi UNBK Offline SMP / SMA / SMK. Kalian bisa mengunduhnya dan langsung menggunakannya di rumah tanpa koneksi internet. Dengan menggunakan aplikasi simulasi UNBK offline ini kalian bisa mulai belajar menggunakan komputer serta memperoleh beberapa contoh soal UNBK.

Cara downloadnya sangat mudah, kalian cukup klik link yang saya berikan dari masing-masing jenjang pendidikan setelah daftar mata pelajaran.

1. Aplikasi Simulasi UNBK Offline SMP

Hanya ada 4 (empat) mata pelajaran yang di ujikan dalam ujian nasional tingkat SMP. Diantaranya adalah sebagaimana disebutkan di bawah ini:
  • Mata Pelajaran Matematika
  • Mata Pelajaran Bahasa Inggris
  • Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
  • Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Download Aplikasi

2. Aplikasi Simulasi UNBK Offline SMA

Sama seperti tingkat SMP, untuk ujian nasional tingkat SMA juga ada 4 (empat) mata pelajaran yang di ujikan. Bedanya jika SMA ada mata pelajaran wajib dan pilihan. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Mapel Bahasa Indonesia (wajib)
  • Mapel Bahasa Inggris (wajib)
  • Mapel Matematika Jurusan IPA (wajib)
  • Mapel Matematika Jurusan IPS (wajib)
  • Mapel Biologi (pilihan)
  • Mapel Fisika (pilihan)
  • Mapel Kimia (pilihan)
  • Mapel Geografi (pilihan)
  • Mapel Sosiologi (pilihan)
  • Mapel Ekonomi (pilihan)
Download Aplikasi

3.Aplikasi Simulasi UNBK Offline SMK

Untuk jenjang SMK belum banyak yang bisa saya kumpulkan. Namun paling tidak aplikasi ini bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar. Berikut aplikasi dari mapel yang dapat saya kumpulkan:
  • Mapel Bahasa Indonesia
  • Mapel Bahasa Inggris
  • Mapel Matematika (AKP)
  • Mapel Matematika (TKP)
Download Aplikasi

Cara Menjalankan Aplikasi Simulasi UNBK Offline


Setelah kalian selesai mengunduh aplikasi yang kalian butuhkan di atas. Untuk bisa membuka dan menggunakan aplikasi tersebut kalian memerlukan software media player, seperti GOM Player, KMPlayer, Media Player Classic bawaan windows, dan software sejenis lainnya.

Aplikasi di atas hampir mirip cara kerjanya seperti aplikasi CBT client UNBK di sekolah. Dan yang harus di ingat adalah soal yang ada di aplikasi yang telah kalian download tidak mungkin sama persis dengan Ujian yang akan kalian laksanakan di sekolah.

Selain menggunakan aplikasi offline, kalian juga bisa menggunakan aplikasi online yang lebih mirip lagi dengan UNBK yang sebenarnya, dijelaskan juga cara pendaftaran dan cara login ke aplikasi tersebut. Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi tautan berikut ➔ Contoh Soal dan Belajar Latihan Simulasi UNBK 2017.

Aplikasi yang saya bagikan ini bukan hasil buatan saya sendiri, adapun sumber aplikasi tersebut saya dapatkan dari https://lalatonline,blogspot,co.id/ . Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap silahkan kunjungi alamat tersebut. Sebenarnya saya juga ingin bisa membuat aplikasi UNBK offline sendiri. Dimana kita bisa memasukkan soal-soal sendiri sesuai keinginan. Namun apalah daya saya masih belum mampu. hehe

Demikian apa yang bisa saya bagikan. Saya berterima kasih sekali kepada pembuat aplikasi ini. Dan semoga bermanfaat pada siswa siswi yang membutuhkan. Amin.....

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

10 komentar

Wah lengkap artikelx mb thank y

Tentunya aplikasi UNBK ini sangat dibutuhkan para siswa, terutama yang mendalami soal komputer.. trims sudah berbagi ilmu...

Aplikasi ini tentu akan banyak membantu
terima kasih

semangat dong kak, buat bikin aplikasi UNBK offline nya
pasti bisa! ^^

Kalau saya download Simulasi UNBK Offline Untuk SMP / SMA / SMK trus saya mau bikin apa neng..?

Tapi ngomong ngomong kaya nya lengkap banget lembar kerjanya ..

We pake moderasi komentar ya.....

makasih banget buat artikel nya, sangat membantu :)
kalo bisa tambahin soal SMK nya, khusus nya buat teknologi :)

Mba, filenya swf ya? di laptop saya ga bisa dibuka. Gimana solusinya? Tksh

Di atas kan sudah di jelaskan,
supaya bisa membuka aplikasi tersebut maka butuh software mediaplayer seperti gom player / KMPlayer.
Semoga membantu :)

Komputer Minimal 20 unit untuk murid yg sekitar 300 orang lebih.... repot sedangkan yg d skolah terdaftar aja ga semua ada 20 unit komputer .cuma ada 5 unit d lab. terus yakin apa bisa gampang kyk gitu. Dana dr pemerintah sanggup sediain 100 jt per sekolah? Dan banyak pihak sekolah blum paham komputer jd harus d sediain sama depdik tuh

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon