Sabtu, 04 Februari 2017

Tips Sederhana Menjaga dan Memaksimalkan Performa Android

Tags

Siapa yang tidak dengan android? Sistem operasi yang satu ini sudah terkenal di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya manusia yang bergantung pada penggunaan perangkat canggih ini. Hampir setiap tangan orang di seluruh dunia tidak lepas dari ponsel atau smartphone android. Tidak lain semua itu disebabkan karena kecanggihan Android sebagai perangkat teknologi dan komunikasi yang sangat mudah digunakan.

Namun sebagai penggunak kita harus sadar bahwa Android termasuk barang elektronik yang bisa cepat rusak kapan. Performa serta awet atau rapuhnya barang elektronik itu tergantung pada penggunanya. Banyak orang belum paham akan hal ini, sehingga Android yang dimilikinya tidak terjaga dengan baik bahkan menurunnya performa atau kinerja android dianggapnya telah rusak, padahal belum tentu rusak.

Perform Android

Tips Memaksimalkan Performa Android


Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi tips sederhana untuk menjaga dan memaksimalkan performa Android. Sesuai dengan judul di atas, artinya Android teman-teman tetap terjaga kinerja dan ke awetannya tanpa bantuan pihak ketiga. Berikut adalah hal sederhana guna memaksimalkan performa android yang dapat kalian lakukan langsung dari sistem operasi android yang kalian miliki.

1. Optimalkan Dalam Penggunaan Baterai

Memiliki baterai dengan daya tahan lama tentu menjadi harapan setiap pengguna android, sebab selain bisa berlama-lama asyik menggunakan android tanpa sering ngecas, daya tahan baterai juga kerap menjadi faktor dan bagian pendukung performa smartphone android kesayangan kita. Namun sayangnya tidak semuanya produk ponsel smartphone disuguhi baterai berkapasitas besar.

Namun untuk mengatasi smartphone dengan baterai berkapasitas kecil, kita bisa mengantisipasinya dengan memanfaatkan fitur penghemat daya yang sudah di sediakan di dalam sistem android kita. Fitur ini mungkin tidak tersedia di smartphone lawas, namun banyak kok aplikasi penghemat daya baterai yang bisa kita install. Meskipun perubahannya tidak begitu terlihat, paling tidak dengan memanfaatkan fitur penghemat daya ini tidak cepat kehabisan baterai.

Terus bagaimana cara mengaktifkan fitur penghemat daya? Silahkan menuju menu pengaturan > cari dan pilih hemat daya > kemudian pilih aktifkan / optimalkan. Jika fitur ini tidak kalian temukan di ponsel android kalian itu artinya kalian perlu bantuan pihak ketiga yakni dengan memasang aplikasi penghemat daya baterai.

2. Aktifkan Penghemat Data Kuota Internet

Perkembangan dunia internet semakin maju, terbukti dengan munculnya berbagai konten internet baru. Beragam konten baru tersebut memaksa konsumsi kuota data internet semakin membesar. Inilah sebabnya kadang di saat kita mengakses internet loadingnya sangat lambat padahal koneksi internet sudah stabil.

Untuk mengakses sebuah konten di internet selain butuh data internet kita juga butuh mesin penjelajah, biasanya kita menggunakan perangkat lunak atau software browser, baik itu google chrome, opera browser, ataupun UC browser. Lalu tahukah teman-teman bahwa setiap browser pasti memiliki fitur penghemat data? Fitur ini berfungsi untuk menghemat data atau mengurangi konsumsi pemakaian data internet pada konten yang kita akses.

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya? Buka peramban browser yang kalian gunakan > pilih pengaturan > cari penghemat data > kemudian aktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser atau centang ikon sehingga menunjukkan status 'Aktif'.

3. Hindari Penggunaan Aplikasi Berlebihan

Maksudnya jangan membuka aplikasi secara bersamaan terlalu banyak, sebab penggunaan aplikasi yang berlebihan pada saat itu juga prosessor akan bekerja ekstra keras, selain itu kapasitas RAM sebagai tempat penyimpanan data aplikasi yang sedang berjalan akan semakin sempit. Kerja ekstra dan RAM sempit akan menyebabkan performa android semakin melambat (lemot). Jika ini tidak segera dihindari, apalagi kondisi sistem android sudah lemah, kemungkinan besar android akan hang, hal ini tentu kian memperburuk kondisi android kesayangan kita.

Banyangkan saja kita mengangkat suatu beban terlalu berat, pastinya kondisi kita akan cepat lelah. Ditambah lagi jika otak kita terbebani pikiran yang tidak menentu, tidak menutup kemungkinan seters ujungnya.

Sama halnya di android kita, prosessor yang dipaksa beroperasi akan menyebabkan baterai cepat panas. RAM yang terlalu penuh akan mengakibatkan sistem nge-lag, hang, atau macet.

Lalu bagaimana cara menghindari penggunaan aplikasi secara berlebihan? Setiap selesai membuka aplikasi tutuplah dengan sempurna, jangan langsung menekan tombol home sebab aplikasi tadi akan tetap berjalan di background / di belakang layar utama.

4. Hapus Cache dan Restart Ponsel Secara Berkala

Cache merupakan data aplikasi yang tersimpan sementara setelah kita menjalankan aplikasi. Cache memang berguna untuk mempercepat menjalankan aplikasi kembali, namun cache yang terlalu lama tertimbun akan menjadi sampah.

Mengingat hal tersebut, bersihkan cache secara rutin dan jangan lupa restart ponsel android secara berkala. Hal ini bertujuan untuk meringankan operasi sistem dan juga menyegarkan kembali performa android.

5. Rajinlah Memahami Komponen Perangkat Android

Ada pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Untuk itu kenali android yang hampir setiap hari kalian gunakan, jangan hanya memanfaatkan untuk kepentingan pribadi saja. Ketika kalian menyayangi pasangan, tentu hal apapun pasti kalian lakukan. Jika kalian sayang dengan ponsel android kalian tentu kalian juga akan berusaha melakukan apapun, termasuk mempelajari dan memahami komponen perangkat android. Sebab jika sudah paham komponen perangkat android sudah tentu kalian lebih maksimal menjaga performa serta kualitasnya.

Baca Juga:
Penyebab dan Cara Mengatasi Android Tanpa Ribet

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

1 komentar so far

Wah tumben pake theme default blogger....tau sy ne...mbak Amel mau daftar adsense ne ceritanya....kalo iya semoga cepat di approve mbak ya....biar tambah semangat ngeblognya

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda