Kamis, 04 Mei 2017

Susah Tidur? Inilah Hal Yang Akan Membuat Anda Cepat Tidur!

Cara supaya cepat tidur - Tampaknya tidak semua orang bisa cepat tertidur pulas dalam hitungan detik. Bahkan bisa dibilang hampir semua orang mengalami kondisi dimana mereka sangat susah memejamkan mata untuk beristirahat di malam hari. Hanya membolak-balikan badan, pikiran gelisah melayang entah kemana, bahkan frustasi mengapa tidur begitu susah.

Padahal tidur cukup khususnya di malam hari merupakan hal penting untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap sehat, kondisi mental dan kejiwaan tetap stabil, dan berbagai manfaat lain yang bisa didapatkan dari istirahat cukup di malam hari.

Berbagai hasil studi dari para ahli menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memberikan dampak negatif yang sangat buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Seperti sistem kekebalan tubuh menurun sehingga beragam macam penyakit akan mudah menyerang, menjadikan kondisi mental tidak stabil (daya pikir menurun) sehingga sering melamun, murung, hilang semangat dan lain sebagainya. Hal ini pasti sangat mengganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Susah Tidur

Lalu Apa Saja Penyebab Susah Tidur?


Kita semua pasti setuju bahwa efek buruk dari kekurangan tidur sangat berbahaya bagi kesehatan serta sangat mengganggu kondisi mental. Sebab semua itu sudah bisa kita rasakan sendiri dalam kehidupan sehari-hari apabila semalam suntuk kita tidak tidur. Keesokan harinya tubuh kita akan terasa lemas, malas berkativitas, serta tidak mampu berpikir dengan jernih.

Maka penting bagi kita untuk mengetahui apa saja penyebab susah tidur. Hal ini bertujuan supaya kita bisa mengantisipasi kondisi tersebut. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan kita susah tidur, namun dikutip dari alodokter.com setidaknya ada empat penyebab orang sulit tidur. Empat penyebab tersebut diantaranya adalah:
  1. Stress ; Semakin berat beban mental yang mengganggu maka semakin terasa sulit untuk relaksasi. Sedangkan tidur membutuhkan kondisi yang rileks.
  2. Usia ; Jika usia muda mampu dengan mudah mendapatkan tidur berkualitas, maka hal tersebut tidak berlaku ketika menginjak usia 40 keatas. Sebab di usia tersebut mulai muncul kecenderungan terbangun beberapa kali. Semakin sering terbangun maka semakin sulit mendapatkan tidur berkualitas.
  3. Efek Zat Kimia ; Para ahli sependapat bahwa bahan yang mengandung zat kimia akan berpengaruh langsung pada otak dan tubuh jika dikonsumsi. Pengaruh tersebut bisa langsung dirasakan baik sebelum maupun sesudah tidur.
  4. Ritme Sirkadian ; Ternyata manusia juga memiliki alarm tubuh (ritme sirkadian). Dimana alarm tubuh tersebut berkaitan erat dengan siklus tidur manusia setiap harinya. Tidur yang rutin dan stabil pada waktu yang sama maka akan mendapatkan tidur yang semakin berkualitas. Dan sebaliknya.

Bagaimana Supaya Bisa Cepat Tidur?


Sebab susah tidur sering dialami dan dirasakan kebanyakan orang, maka cara supaya bisa cepat tidur merupakan menjadi sebuah pertanyaan serta solusi yang cukup banyak dicari. Sebab susah tidur sangat mengganggu pikiran dan mental, maka mendapat tidur cukup merupakan hal penting dan dambaan setiap orang.

Dengan demikian susah tidur adalah sebuah penyakit yang harus benar-benar dihindari. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Bagaimana cara kita bisa cepat tidur? Bagaimana supaya kita mendapat istirahat yang cukup?

Solusi tepat adalah dengan berusaha secepat mungkin untuk tidur dimalam hari supaya memperoleh istirahat cukup dan tidur berkualitas. Namun sayangnya hal tersebut sangat susah dilakukan oleh kebanyakan dari kita. Berikut beberapa tips yang dapat membantu supaya kita bisa cepat tertidur pulas dan nyenyak:

1. Buatlah Kondisi Senyaman Mungkin

Salah satu penyebab yang mempengaruhi sulit tidur adalah stress, yakni kondisi dimana seseorang berada pada posisi yang tidak menguntungkan, mental tertekan, merasa tidak aman. Oleh karena itu, untuk mempermudah supaya bisa cepat tidur adalah dengan membuat kondisi senyaman mungkin. Kondisi nyaman dalam arti adalah kondisi dimana anda berada dalam keadaan dan suasana yang menyenangkan.

Banyak yang menjelaskan kondisi nyaman adalah kondisi yang tenang, sepi, dan jauh dari keramaian. Hal ini memang benar, namun tidak semua orang menyukai kondisi tersebut. Banyak orang yang menyukai keramaian bahkan hal yang mampu memicu adrenaline adalah hal yang bisa membuatnya paling nyaman. Yang terpenting adalah kondisi nyaman tersebut mampu menjauhkan anda dari stress yang menganggu pikiran.

Jadi buatlah kondisi senyaman mungkin menurut kesukaan masing-masing sebelum menjelang tidur. Tidak harus mematikan lampu jika tidak suka kegelapan. Tidak harus sepi jika tidak suka keheningan, bisa saja dengan mendengarkan musik justru akan sangat membantu mempercepat tidur. Dan jangan lupa memberi sugesti positif pada pikiran dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan.

2. Buatlah Situasi Senyaman Mungkin

Ada penyebab susah tidur yang mungkin tidak kita sadari, yakni tempat tidur kontor dan berantakan, atau bisa dibilang situasi tidak nyaman. Ditambah lagi jika baju kotor dan badan bau. Situasi seperti ini tentu sangat menganggu kondisi kita.

Oleh karena itu, buatlah situasi senyaman mungkin dengan membersihkan tempat tidur,  serta memberikan aroma wangi yang menyejukkan hati. Buatlah lingkungan di sekirat tempat tidur yang layak untuk di tempati. Dan jangan lupa ganti baju yang lebih bersih dan wangi sebelum tidur.

3. Berserah Diri Kepada Sang Pencipta

Membaca doa sebelum tidur merupakan syarat penting yang harus dilakukan sebelum tidur. Dengan membaca doa dan berserah diri kepada Sang Pencipta akan membuat hati tentram, tenang, aman, dan damai. Selain itu, perbuatan yang kita awali dengan doa maka akan bernilai ibadah.

Jadi, jangan sampai lupa untuk memanjatkan doa kepada Sang Pencipta sebelum menjelang tidur. Bila perlu laksanakan shalat sebelum tidur. Berwudlu sebelum shalat akan membersihkan kotoran dan hadats pada badan. Kemudian shalat akan membersihkan hati dan membuat kita semakin berserah diri bahwa tiada yang paling berkuasa selain Allah SWT.

Jika anda sulit tidur dan belum menemukan cara supaya bisa cepat tidur, maka cobalah tips yang ketiga ini. Lepaskan semua beban di badan dan pikiran dengan berserah diri kepada Sang Pencipta. Niscaya dengan Kuasa-Nya kita bisa cepat tidur dan mendaoat tidur yang bermakna.

4. Berolahraga Secara Rutin Dan Teratur

Hidup sehat bisa ditempuh dengan cara rajin berolahraga. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan jika rajin olahraga, terutama untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. Oleh sebab itu, jika anda termasuk orang yang susah memejamkan mata di malam hari, cobalah untuk lebih rajin berolahraga.

Namun perlu dicatat adalah “olahraga yang teratur buka olahraga berat”. Olahraga yang bisa kita pilih tidak harus olahraga berat yang justru akan membuat kita kelelahan. Akan tetapi adalah olahraga ringan namun teratur, seperti lari pagi setiap hari, senam, yoga, dan lain sebagainya.

5. Buatlah Siklus Tidur Yang Tetap

Tidur secara tidak teratur akan membuat otak dan tubuh sulit mengenali kapan mereka akan beristirahat. Tidur pada waktu tetap dan sama akan membuat otak dan tubuh memahami jadwal mereka untuk beristirahat.

Oleh karena itu, untuk memperoleh tidur nyenyak dan berkualitas, buatlah jadwal tidur yang tetap. Usahakan untuk tidak tidur pada jam di luar jadwal tidur.

6. Hindari Aktivitas Pengganggu Tidur

Apa saja aktivitas yang bisa mengganggu tidur? Diantaranya adalah main game, chatting, dan nonton televisi. Mungkin secara langsung efek tersebut tidak dapat langsung dirasakan. Namun cobalah untuk menjauhkan perangkat elektronik dari tempat tidur.

Cobalah menahan diri untuk tidak memegang smartphone dan matikanlah televisi. Hal ini bertujuan untuk lebih fokus menikmati tidur.

7. Hindari Konsumsi Zat Kimia

Bagi anda yang sering minum kopi tiap malam dan berakibat sulit tidur, maka ada baiknya menghilangkan kebuasaan tersebut. Lebih baik memperbanyak minum air putih dari pada minum kopi, sebab di dalam kopi mengandung zat kimia yang menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur.

Demikian juga pada bahan lain yang mengandung zat kimia seperti rkok, alkhol, dan lain sebagainya.

#Simpulan


Demikian beberapa tips supaya bisa cepat tidur yang bisa segera anda coba. Tidur itu mudah jika kita mau berpikir yang mudah-mudah. Tidur bisa menjadi sulit apabila kita berpikir yang sulit-sulit.

Anda juga bisa mencoba dengan bantuan sebuah irama musik untuk mempercepat anda tertidur lelap. Adapun musik pengantar tidur sangat beragam salah satunya adalah jenis musik relaksasi yang sangat berguna untuk membantu merelaksasikan pikiran.

Artikel Terkait:
Lagu Pengantar Tidur Yang Patut Anda Coba

Silahkan dengarkan lagu yang ada pada tautan di atas. Lagu tersebut kemungkinan dapat membantu anda untuk segera lelap bersama mimpi indah anda.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

5 komentar

satu lagi mbak, cara agar cepat tidur yaitu dengan menghitung kawanan domba dalam gambar kayak di Mr. Bean. hehehe

Bersyukur saya ga pernah mengalami yan namanya susah tidur. Kalau ngantuk asal posisi mendukung langsung play hehe

Mmm.. Begitu rupanya..!

Kalau saya bila susah tidur diatasi dengan mendengarkan musik2 santai yang akan membuat badan menjadi rileks.

Kalau saya paling susah tidur kalau badan terasa pegel2.
Dan untuk mengatasi hal itu, biasanya aku pergi ke warung kopi. Bukan untuk membeli kopi, tetapi main pijet2an sama teman. Lalu tertidur di tempat. Wkwkwkwk

mungkin aku berhubungan sama siklus sirkadian ini inih mbak. kalau tidur di atas jam 11 udah deh nggak bakal bisa tidur sampe pagi.

aku jg pernah mengalami fase menyebalkan dimana tiap jam 2 pagi kebangun dan nggak bisa lanjut tidur. sekalipun aku bari tidur jam 1 pagi.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda