Kamis, 21 September 2017

Berapa Jumlah Responden Pengisian PMP di Tahun 2017?

Tags

Jumlah responden pengisian kuesioner PMP 2017 - Sahabat operator sekolah yang berbahagia. Harus kita akui bahwa beban tugas kita sebagai operator sekolah memang cukup berat. Selain bertugas sebagai operator dapodik kita juga bertugas dalam menyelesaikan pengisian data pada aplikasi PMP / Pemetaan Mutu Pendidikan.

Aplikasi PMP dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan dan pembaruan. Tidak heran jika setiap tahun aplikasi PMP selalu update dan merilis aplikasi terbarunya. Bahkan di tahun 2017 ini aplikasi PMP sudah update sebanyak 2 kali yakni PMP versi 2.0 (sebelumnya) dan PMP versi 2.1 (terbaru).

Setiap rilis aplikasi PMP tentunya kita sebagai operator diharapkan untuk segera update aplikasi PMP tersebut ke versi terbarunya. Mengapa demikian? Pembaruan aplikasi dilakukan guna memperbaiki kekurangan-kekurangan pada versi sebelumnya dan juga menambah hal-hal yang memang diperlukan pada tahun 2017 ini. Tentang apa saja daftar pembarua aplikasi PMP versi 2.0 ke 2.1 bisa sahabat lihat di website resminya http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/perangkat/aplikasi

Nah, bagaimana dengan sahabat operator di sana? Apakah sudah melakukan update aplikasi PMP terbaru? Jika sudah ya Alhamdulillah, jika belum dan sahabat kurang paham bagaimana cara update aplikasi PMP silahkan simak penjelasannya pada postingan berikut:
🔗 Cara Benar Update Aplikasi PMP Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Berapa Banyak Responden Yang Harus Mengisi Kuesioner PMP Versi 2.1?


Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa aplikasi PMP dari tahun ke tahun selalu mengalami pembaruan. Selain memperbaiki fitur di dalamnya, PMP juga menerapkan aturan dan ketentuan yang berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam hal ini adalah jumlah responden yang harus mengisi kuesioner.

Apa itu responden dan apa itu kuesioner?

Secara sederhana responden yang dimaksud pada PMP adalah siapa saja yang terlibat dalam pemetaan mutu pendidikan. Sedangkan kuesioner adalah intrumen berupa pertanyaan-pertanyaan tentang pemetaan mutu pendidikan yang harus di isi oleh responden.

Aturan Jumlah Responden PMP Terbaru

Lalu berapa jumlah responden yang terlibat dalam pengisian PMP?
  1. Kepala sekolah
  2. Perwakilan guru, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 1 guru per tingkat kelas untuk SD. b) minimum 1 guru pendidikan agama serta pendidikan jasmani dan kesehatan pada SD. c) minimal 1 guru per mata pelajaran untuk SMP/SMA/SMK. d) total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru
  3. Perwakilan siswa, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 5 siswa per tingkat kelas (siswa SD hanya untuk kelas 4 – 6). b) total perwakilan siswa minimal 15 siswa tiap sekolah.
  4. Perwakilan komite sekolah, dengan ketentuan sebagai berikut: a) minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite b) minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa
  5. Perwakilan pengawas yang merupakan pengawas pembina/manajerial.

Sebenarnya semua ketentuan di atas sudah lengkap dijelaskan pada Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah yang bisa sahabat download langsung dari website resmi PMP.

Bagaiamana cara melihat jumlah minimal responden yang harus mengisi kuesioner AMP?

Atau jika sahabat tidak ingin repot-repot membaca, sahabat bisa langsung mengetahuinya melalui menu kirim data yang ada di aplikasi PMP. Menu kirim data PMP merupakan menu yang digunakan untuk mengirim isian data PMP ke pusat. Pada menu kirim data tersebutlah kita bisa mengetahui jumlah minimal responden dari masing-masing perwakilan.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

2 komentar

Begini, kasus sebagai operator baru nich,,!!! Jumlah responden terlalu besar dibanding penghuni sekolah. Khusus di PD, saat salin PD itu jadi bertambah tetlalu banyak, nach kira2 bgmn solusinya,,?? Apakah responden itu terakumulasi dari responden terdahulu, ataukah sy yg slh pencet menyalin PD. Kira2 penjelasan n solusinya bgmn,,?? Please,,,???

Maaf baru bisa balas komentar, jumlah responden PMP mengikuti jumlah data dari dapodik, jika ada kasus seperti demikian ada kemungkinan sahabat salah dalam menyalin data di PMP, coba instal ulang saja dan jangan lupa backup data dulu..

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon