Minggu, 24 September 2017

Jadwal Persiapan UNBK 2019

Penjelasan Jadwal UNBK 2019 - UNBK yang merupakan singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer tampaknya akan kembali menjadi pilihan pemerintah dalam melaksanakan Ujian Nasional tahun 2019 mulai dari tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Hal ini bisa dilihat melalui laman resmi puspendik melalui alamat https://ubk.kemdikbud.go.id/. Jika anda memegang akun sekolah maka anda bisa masuk dan langsung melihat segala informasi terbaru dari puspendik.

Persiapan UNBK 2018

Sahabat pembaca, jika kita melihat jadwal UNBK 2019 yang beredar di media sosial, maka sahabat akan sering menjumpai jadwal UNBK 2019 yang salah kaprah. Mengapa demikian? Sebab puspendik belum secara resmi mengeluarkan keputusan tentang jadwal pelaksanaan UNBK mulai dari pendataan, pengolahan, sinkronisasi, simulasi, dan jadwal UNBK utama.

Jika pun ada seperti yang sahabat temukan di blog personal, itu hanyalah copy paste jadwal UNBK dari tahun sebelumnya, yakni tahun 2018. Mereka hanya mengganti tahun saja menjadi 2019. Coba saja perhatikan tanggalnya, pasti sama dengan tanggal jadwal UNBK tahun 2018, yang berbeda hanya tahunnya saja.

Catatan penting bagi sahabat yang harus diingat. Bahwa hingga saat ini (24 September 2018) belum ada penetapan jadwal UNBK 2019 secara resmi dari puspendik, yang ada hanya rencana jadwal pelaksanaan yang dirangkum oleh blog personal yang mengacu pada jadwal pelaksanaan UNBK tahun sebelumnya.

Lalu apakah pemerintah akan kembali melaksanakan UN 2019 dengan sistem UNBK?

Kemungkinan besar pemerintah tetap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dan kemungkinan juga sistem pelaksanaannya akan lebih canggih dari sebelumnya. Seperti yang saya intip di laman ubk.kemdikbud.go.id terdapat surat edaran perihal pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer Tes Bakat Skolastik yang ditujukan kepada kepala Dinas Pendidikan seluruh Indonesia.

Di dalamnya termuat bahwa Ujian Berbasis Komputer Tes Bakat Skolastik (UBKTBS) akan di selenggarakan untuk siswa kelas 12 SMA dan SMK yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Oktober 2018. Adanya UBK-TBS sebagai terobosan baru merupakan tanda bahwa UNBK 2019 akan tetap di laksanakan.

Berikut jadwal kegiatan atau aktivitas UBK-TBS 2019 berdasarkan JUKLAK TBS Puspendik Oktober 2018:

Pendaftaran (unggah dan pengaturan peserta) 19 – 25 September 2018
Sinkronisasi data sekolah 1 Oktober 2018
Mencetak perlengkapan ujian (daftar hadir, dll) 1 Oktober
Mencetak kartu login (1 jam sebelum pelaksanaan) 2 - 3 Oktober
Pelaksanaan Ujian 2 - 3 Oktober
Unggah respon ujian 2 - 3 Oktober
Cetak Laporan Hasil TBS Akhir Oktober

Demikian rencana jadwal persiapan kegiatan UNBK tahun pelajaran 2018/2019 yang baru keluar dari puspendik. Segala informasi terkait pelaksanaan UNBK tahun 2019 untuk SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK akan terus diupdate secara berkala oleh puspendik. Untuk itu bagi para proktor dan teknisi UNBK dari masing-masing sekolah penyelenggara semoga bisa segera mempersiapkan diri guna menghadapi UNBK tahun 2019.

Lihat disini:

Bagi sekolah penyelenggara UNBK mari kita bersama menjaga integritas pelaksanaan UNBK dan sesegera mungkin mempersiapkan diri guna menciptakan kegiatan UNBK 2019 yang matang. Sebab rangkaian UNBK biasanya terdiri dari beberapa tahap di antaranya:
  1. Pendataan Sekolah Peserta / Pelaksana UNBK
  2. Simulasi 1 UNBK
  3. Simulasi 2 UNBK
  4. Simulasi 3 UNBK / GLADI BERSIH
  5. UNBK Utama
  6. UNBK Susulan
Demikian informasi Jadwal Persiapan UNBK 2019 yang bisa saya bagikan. Semoga berguna dan bermanfaat bagi kita semua. Dan terakhir saya mohon maaf atas salah kata yang ada. :)

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon