Sabtu, 23 September 2017

Ini Jadwal Ujian Nasional (UN/UNBK) Tahun 2018 Yang Sebenarnya

Rencana penetapan jadwal ujian nasional tahun 2018 - Sahabat pembaca yang berbahagia dimanapun anda berada. Akhir-akhir ini telah beredar informasi terkait tentang jadwal Ujian Nasional tahun pelajaran 2017/2018 yang masih belum jelas kepastiannya. Informasi tersebut telah tersebar luas terutama melalui media sosial tanpa sumber yang jelas dan akurat. Itulah sebabnya mengapa kita bingung kapan sebenarnya Ujian Nasional di tahun 2018 akan berlangsung.

Sahabat pembaca, tentu kita tahu bahwa pelaksanaan ujian nasional tahun 2018 masih menjadi pembahasan yang rumit. Baik itu tentang bentuk soal, apakah soal UN di tahun 2018 ini masih tetap berupa pilihan ganda saja atau ditambah dengan soal essay/uraian. Kemudian tentang teknis pelaksanaan, apakah semua harus melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) atau masih ada beberapa yang melaksanakan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil). Lalu yang terakhir adalah tentang jadwal pelaksanaan Ujian Nasional 2018 yang belum jelas sumbernya.

Sahabat pembaca yang budiman, tentu saja pada postingan ini tidak akan membahas seluruh masalah UN tersebut, namun hanya akan fokus pada pembahasan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.

Hati-Hati Dengan Informasi Jadwal Ujian Nasional di Media Sosial


Seperti yang kita ketahui, jika sahabat aktif di media sosial dan sering browsing di internet tentang informasi yang sahabat butuhkan, tentu kita akan disajikan berbagai judul informasi terkait yang kita cari pada mesin penelusuran yang kita gunakan. Nah, akhir-akhir ini jika sahabat browsing tentang "jadwal un 2018" maka sahabat akan disuguhkan berbagai web/blog yang menyajikan informasi tersebut. Sebagaimana gambar screenshot di bawah ini.

Screenshot Jadwal UN 2018

Namun tahukah sahabat apa isi dari judul-judul yang betebaran seperti gambar screenshot di atas? Jika sahabat mengunjungi dan membaca isi artikel di blog/web tersebut, hampir tidak ada yang menyertakan sumber yang akurat. Mereka hanya menjelaskan tanggal dan tahun pelaksanaan tanpa disertai sumber yang jelas.

Bahkan ada beberapa blog yang sudah memberi informasi tentang pelaksanaan UNBK mulai dari pendataan, pengaturan server, sinkronisasi, dan simulasi tahun sebelumnya yakni 2016/2017. Padahal di judul dibuat dengan "Jadwal UN Tahun 2017/2018" tetapi isinya "Jadwal UN Tahun 2016/2017". Yang lebih parah lagi ada yang hanya copas dari blog lain dan hanya mengganti tahunnya saja. Dan yang paling menjengkelkan adalah jika kita disuguhkan dengan link yang dialihkan entah kemana demi kepentingan dan keuntungan blognya masing-masing.

Padahal kita sebagai pembaca tentu sangat membutuhkan informasi yang kita cari. Tetapi bagaimana jadinya jika kita hanya menemukan sebuah informasi yang tidak karuan dan justru malah membingungkan?

Sahabat pembaca yang bijaksana. Jangan mudah percaya dengan berita atau informasi yang belum jelas sumbernya, sebab hanya akan membuat kita semakin bingung saja atau bahkan salah paham. Lalu di mana kita bisa menemukan sumber yang jelas tentang pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018?

Berikut beberapa sumber pelaksanaan Ujian Nasional yang mampu saya rangkum:

1. https://un.kemdikbud.go.id/

un kemendikbud

Pada tahun sebelumnya, tepatnya tahun ajaran 2016/2017 saya selalu mengakses laman https://un.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan perkembangan informasi terkait Ujian Nasional di Indonesia. Namun entah kenapa hingga saat ini (23 September 2017) laman tersebut tidak dapat diakses, sebagaimana pada gambar di atas. Hal ini membuat saya berasumsi bahwa laman tersebut sedang dalam perbaikan dan memang belum ada kejelasan terkait pelaksanaan Ujian Nasional di tahun 2018 ini.

2. http://bsnp-indonesia.org/

BNSP UN 2018

Demikian halnya dengan website Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) yang bisa di akses melalui alamat http://bsnp-indonesia.org/ juga belum ada informasi terbaru mengenai pelaksanaan dan jadwal UN 2018. Sampai detik ini (23 September 2017), informasi terbaru hanya tentang kisi-kisi USBN dan UN tahun pelajaran 2017/2018 dan Surat Edaran BSNP tentang Ralat Jadwal Pelaksanaan UJian Nasional Gelombang II Tahun Pelajaran 2016/2017. Untuk jadwal Jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 belum ada, lihat gambar di atas.

Pada laman ini juga nantinya kita akan mendapat prosedur pelaksanaan ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang bisa langsung kita download. Namun pada kenyataannya BNSP belum mengeluarkan surat edaran terkait UN 2018.

3. https://ubk.kemdikbud.go.id/

Jadwal UNBK 2018

Selain ke dua sumber laman di atas, bagi sahabat yang melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing, maka sahabat bisa langsung melihat jadwal pelaksanaan UNBK melalui alamat https://ubk.kemdikbud.go.id/ , namun bagi sahabat yang bukan proktor atau teknisi UNBK maka sahabat tidak memiliki akses masuk ke laman tersebut untuk memperoleh informasi lebih lanjut, tetapi sahabat tetap bisa melihat jadwal pelaksanaan UNBK secara resmi dan spesifik.

Melihat gambar screenshot di atas dari laman yang saya akses pada 23 September 2017, masih belum ada pembaruan jadwal pelaksanaan UNBK untuk tahun 2018. Yang ada masih jadwal UNBK tahun pelajaran sebelumnya, bukan tahun pelajaran sekarang.

Kesimpulan


Berdasarkan ke tiga sumber yang saya paparkan di atas, sudah sangat jelas bahwa belum ada secara spesifik penjelasan tentang jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018. Oleh sebab itu, sekali lagi saya tekankan jangan mudah menerima informasi yang tidak jelas sumbernya jika sahabat tidak mau bingung.

Dan bagi para penulis, semoga lebih hati-hati dalam menyajikan sebuah informasi jika itu diperuntukan untuk umum. Sebaiknya tidak mementingkan kepentingan pribadi masing-masing dan merugikan orang lain.

Jadwal Rencana Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018


Sahabat pembaca, meskipun tidak ada kejelasan tentang kapan waktu pelaksanaan UN 2018. Namun kita masih memiliki kalender pendidikan yang bisa kita jadikan acuan untuk seluruh kegiatan di sekolah termasuk pelaksanaan UN/UNBK, US/USBN, dan UAM (bagi sekolah dalam naungan lembaga ma'arif).

Dengan mengacu pada kalender pendidikan yang sudah sahabat peroleh dari masing-masing dinas pendidikan setempat, maka kita bisa menjadikannya sebagai sumber resmi tentang jadwal UN 2018. Namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa seluruh kegiatan yang tercantum pada kalender pendidikan masih bersifat perencanaan, hanya rencana, yang artinya masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dan kondisi yang terjadi.

Berikut perkiraan / rencana jadwal pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2018 yang mengacu pada hari efektif sekolah, hari efektif fakultatif, dan hari libur sekolah/madrasah di Provinsi Jawa Timur tahun pelajaran 2017/2018 untuk TK/RA/BA/TKLB, SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB, SMK dan sederajat:

Kaldik 2017/2018 Jatim
  1. UN untuk SMA/MA/sederajat dilaksanakan tanggal tanggal 02 s.d 05 April 2018
  2. UN untuk SMP/MTs/sederajat dilaksanakan tanggal tanggal 23 s.d 26 April 2018

Sekali lagi harus saya tekankan bahwa jadwal UN 2018 di atas hanya perkiraan dan rencana sesuai kalender pendidikan yang ada. Jadi bisa berubah dan menyesuaikan keadaan dan kebijakan ke depan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Lain hal bagi sahabat yang sudah melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing. Puspendik telah mengeluarkan informasi terbaru pada tanggal 22-09-2017 15:21:15, bahwa Puspendik akan mengadakan simulasi Ujian Berbasis Komputer, dengan rencana jadwal kegiatan sebagai berikut:
  1. Pendataan Sekolah Peserta : 9 - 28 Oktober 2017
  2. Pendataan Siswa : 16 - 29 Oktober 2017
  3. Pengaturan server dan sesi : 23 - 30 Oktober 2017
  4. Penyiapan data di Pusat : 31 - 2 November 2017
  5. Sinkronisasi SMK : 3 - 4 November 2017
  6. Simulasi SMK : 6 - 9 November 2017
  7. Sinkronisasi SMA/MA : 10 - 11 November 2017
  8. Simulasi SMA/MA : 13 - 16 November 2017
  9. Sinkronisasi SMP/Mts : 17 - 18 November 2017
  10. Simulasi SMP/MTs : 20 - 22 November 

Penjelasan lebih lanjut akan disampaikan melalui lamam tersendiri (khusus simulasi) yang akan dibuka mulai bulan Oktober 2017.

Keterangan di atas juga dapat sahabat lihat melalui laman di bawah ini:
🔗 Jadwal Persiapan UNBK 2018 Dari Puspendik

Jika sahabat sebagai proktor atau teknisi UNBK, sahabat bisa login dan langsung melihat informasi tersebut sebagaimana pada gambar di bawah.

Simulasi UNBK 2018

Itulah sedikit gambaran tentang jadwal pelaksanaan Ujian Nasional 2018 yang menjadi bahan perbincangan yang cukup membingungkan sebab telah beredar berita serta informasi yang tidak bertanggungjawab yang hanya mementingkan pribadinya sendiri.

Semoga dengan adanya postingan ini, bisa mencerahkan para pembaca bahwa jadwal pelaksanaan UN 2018 belum ada keputusan dari pemerintah. Puspendik hanya baru mengeluarkan rencana simulasi dan tidak menetapkan kapan pelaksanaan UN. Kalaupun sudah ada tanggal pelaksanaan UN 2018, itu hanya mengacu pada kalender pendidikan yang masih bersifat perencanaan bukan keputusan dari pemerintah.

Lihat info penting lain yang berhubungan dengan pelaksanaan Ujian Nasional:

Sekian dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata ataupun hal yang tidak berkenan. Saya hanya mencoba memaparkan sesuai data dan sumber yang ada. Mari kita menjadi insan yang bijaksana. Membaca tidak setengah-setengah hingga timbul kesalahpahaman yang tidak sepantasnya.

Oh iya, dari pada bingung ngurusin jadwal pelaksanaan UN 2018, lebih baik kita menunggu kepastian dari dinas pendidikan setempat masing-masing. Sebentar lagi pasti ada sosialisasinya.. hehehe

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon