Jumat, 15 September 2017

Apa Motivasi Sehingga Bisa Kembali Ngeblog Dengan Semangat?

Tags

Sempat vakum ngeblog, kira-kira selama 5 bulan lebih. Tidak tahu kenapa tiba-tiba malas mengunjugi blog yang hampir mati-matian saya membangunnya. Memang benar ya apa yang pepatah bilang. Bahwa merawat itu lebih sulit dari pada membangun. Mendapat sesuatu itu memang mudah, namun menjaganya supaya tetap terawat itu yang susah.

Motivasi ngeblog

Lalu kenapa tiba-tiba vakum? Masak sih tidak ada alasan yang jelas?


Tentu saja ada dan bahkan banyak sekali. Diantaranya adalah karena tidak punya keahlian ngeblog. Tidak memperhatikan tantangan dan keuntungan ngeblog. Bingung dengan aturan dan panduan ngeblog. Dan lain sebagainya.

Namun hal utama yang membuat saya ngedrop dan malas membuka akun blogger adalah karena penghasilan. Ya, tidak ada penghasilan sama sekali. Hanya capek tetapi tidak ada imbalannya. Mungkin hal seperti ini juga banyak dialami oleh para blogger.

Beginilah jadinya jika niat awal ingin mendapat imbalan (penghasilan). Belum apa-apa sudah mikirin penghasilan, mengkalkulasi berapa pendapatan yang akan cair, apalagi optimis bahwa penghasilan dari blog itu memang sangat menggiurkan dan menjanjikan. Iya kalau itu berhasil, tapi kalau tidak?

Memang begitulah iming-iming yang dijanjikan oleh para blogger senior. Kalau tekun, punya tekad kuat, dan tidak kenal putus asa pasti semua itu bisa dicapai, bahkan bisa jadi miliader dari ngeblog. Tetapi pada kenyataannya aktivitas ngeblog tidak semanis yang dibayangkan. Tidak jarang blogger pemula yang baru 1 bulan atau bahkan 1 minggu sudah tepar. Termasuk juga saya. hehe

Lalu bagaimana supaya bisa mengembalikan motivasi yang dulu menggebu tetapi sekarang hilang bagai angin yang berlalu? Kalau saya sih mencoba untuk menjalani dan merawat blog kembali dengan apa adanya saja, tanpa target, tanpa tekanan, yang pasti saya akan coba menjalai semuanya seperti air mengalir.

Saya pernah membaca di beranda fanspage dan blognya bang Denny Siregar. Siapa yang tidak kenal beliau? Yang aktif di sosial media pasti mengenalnya dengan ciri khas tulisannya yang tajam, mengalir, dan kocak. Beliau menulis bahwa tidak sepantasnya kita bekerja untuk mendapat uang. Misalnya, saya bekerja seperti ini lalu berapa gaji saya? Yang benar adalah saya bekerja seperti ini lalu berapa kepuasan saya? Artinya kita tidak boleh bekerja karena uang, tetapi bekerja karena kita suka dengan kerja itu. Suka, cinta, dan kepuasan itulah yang nantinya akan membuat kita semakin berkarya. Semakin berkarya maka gaji juga semakin berwujud.

Apa Motivasi Supaya Kembali Ngeblog Dengan Semangat?


Lama sekali rasanya tidak menyentuh blog, apa lagi membuka beranda / bashboard blogger. Bahkan apa saja menu yang ada pada beranda blogger saya sudah lupa. Kira-kira masih bisa nggak ya kembali ngeblog selihai yang dulu?

Emangnya dulu sudah pandai ngeblog ya?

Hehehe.. nggak pandai-pandai amat sih. Tetapi cukuplah untuk blogger pemula sudah paham fungsi-fungsi menu yang ada di blogger, bisa mempuat postingan yang cukup SEO, dan bahkan sempat mempelajari tentang template AMP. Semua itu cukup membuat saya bisa utak atik dan edit tampilan pada blog ini.

Lalu apa ya motivasi supaya tidak putus asa dan tetap semangat ngeblog? Tentu saja adalah keinginan untuk saling membantu. Dengan memiliki blog maka kita bisa berbagi apa yang kita ketahui, pengalaman, juga memanfaatkan ilmu yang sudah kita miliki. Tidak fokus dengan target dan hanya niat untuk berbagi. Jadi tidak perlu dikejar target dengan kewajiban menulis setiap waktu. Kalau ada yang perlu dibagi saat itu juga saya harus menulis. Saya rasa itu saja sudah cukup dan semoga bisa membuat saya kembali semangat ngeblog.

Berbagi pengalaman dan pengetahuan itulah intinya.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon