Jumat, 22 September 2017

Ngeblog Itu Cukup Punya Satu Blog Atau Banyak?

Tags

Enaknya punya blog satu saja atau banyak ya? - Mungkin sahabat pernah bertanya demikian. Pertanyaan yang demikian itu biasanya akan muncul ketika kita mulai terjun ke dunia blogger, banyak orang menyebutnya dengan istilah newbie.

Para newbie yang baru saja terjun ke dunia blogger akan terus menerus mencari supaya menemukan jati dirinya. Tidak heran jika mereka penuh keraguan dan banyak bertanya. Nah, kali ini saya akan mencoba mengulas sebuah pernyataan yang bisa sahabat gunakan sebagai pertimbangan untuk memiliki blog satu atau banyak.

Ngeblog

Ngeblog itu cukup satu saja atau banyak?


Pada dasarnya ngeblog itu sangat sederhana, yakni menyalurkan bakat sesuai dengan kemampuan kita. Artinya kita tidak harus memaksa hal yang memang tidak bisa kita lakukan. Namun kadang juga ada yang tidak mau sederhana, lebih memilih mengejar target dengan memaksakan kehendak meski ia tahu bahwa ia belum mampu. Ia yakin bahwa dengan berusaha maka segalanya pasti terwujud walaupun pada kenyataannya sangat menyiksa.

Mungkin itulah 2 tipe blogger yang berlawan arus pemikiran antara keduanya. Tergantung sahabat ada di tipe mana, blogger yang apa adanya atau blogger yang menempuh berbagai cara.

Jika sahabat tidak mau berpikir keras maka silahkan miliki satu blog saja, biar sahabat bisa lebih fokus dan bisa terus mengembangkan kemampuan sesuai bakat yang sahabat miliki. Namun jika sebaliknya, sahabat adalah tipe orang yang tidak mau santai, suka tantangan, dan mampu berpikir keras maka tidak ada salahnya untuk memiliki banyak blog sekaligus.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan diantara keduanya? Apa untungnya mempunyai satu blog dan apa ruginya jika mempunyai banyak blog sekaligus? Untuk menjawab kegalauan tersebut, mari kita ulas satu persatu.

Kelebihan dan kekurangan memiliki satu blog


Memiliki satu blog, artinya kita hanya perlu merawat satu blog dengan dua pilihan, yakni mengisi blog tersebut hanya dengan satu tema khusus dan mengisinya dengan berbagai tema.

Berikut beberapa keuntungan memiliki satu blog:

Jika kita hanya memiliki satu blog maka kita hanya perlu fokus merawat blog tersebut saja, entah itu mau di isi dengan berbagai tema pembahasan di dalamnya atau hanya satu tema pembahasan yang khusus. Jadi tidak perlu bingung update artikel ke blog ini dan itu, cukup fokus pada satu blog yang kita miliki.

Memiliki satu blog sangat cocok bagi kita yang hanya memiliki bakat tertentu atau yang lagi mengembangkan bakat yang mencoba kita miliki. Dengan hanya memiliki satu blog maka tidak ada kata tidak mungkin kita akan memiliki bakat yang luar biasa karena kita telah fokus mengembangkan bakat kita.

Kemudian berikut beberapa kerugian memiliki satu blog:

Ada yang pernah bilang bahwa jika ingin memiliki banyak penghasilan dari blog maka kita harus memiliki blog lebih dari satu. Semakin banyak blog yang kita miliki dan kita rawat dengan baik maka semakin banyak pula penghasilan yang akan kita dapatkan. Jadi jika kita hanya memiliki satu blog maka mau tidak mau kita akan kalah saing dalam hal pendapatan dengan orang yang memiliki banyak blog sekaligus.

Kemudian sahabat juga pasti setuju jika saya bilang "semakin banyak pengalaman maka semakin tinggi tingkat kesuksesan kita". Jika kita hanya fokus pada satu blog dengan satu tema pembahasan khusus, maka tidak lain kita hanya akan memperoleh pengalaman itu itu saja. Beda halnya jika memiliki banyak blog, maka kita akan semakin banyak membaca, banyak pengalaman, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan memiliki banyak blog


Lalu bagaimana dengan keuntungan dan kerugian memiliki banyak blog? Saya rasa apa yang ada pada penjelasan di atas bisa sahabat simpulkan sendiri. Apa yang menjadi kekurangan memiliki satu blog maka itulah yang menjadi kelebihan memikiki banyak blog. Begitupun sebaliknya.

Nah itulah tadi beberapa pernyataan saya tentang kegalauan punya satu blog atau banyak? Apa keuntungan dan kerugiannya? Semua telah saya paparkan di atas. Tentang keputusan apakah sahabat harus memilih hanya merawat satu blog saja atau langsung banyak sekaligus, itu adalah keputusan pribadi sahabat masing-masing.

Lalu bagaimana dengan pendapat pribadi penulis? Kalau saya sih lebih suka memiliki dan merawat satu blog saja. Sebab dengan demikian saya bisa lebih santai tanpa harus dikejar target dan saya pun bisa lebih fokus. Urusan pendapatan atau penghasilan tidak saya hiraukan, karena alasan saya ngeblog semata-mata hanya untuk berbagi pengalaman saja.

Kalau urusan pengalaman? Kan kita bisa mengisi satu blog kesayangan kita dengan berbagai tema pembahasan, tidak harus satu tema khusus. Jadi kita masih tetap bisa mendapat banyak pengalaman walaupun hanya memiliki satu blog saja.

Bagaiamana dengan pendapat anda????

Demikian postingan sekaligus curhat saya yang bisa saya bagikan. Jika ada kekurangan dan kesalahan saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terimakasih.

Silahkan baca juga:
Apa Motivasi Sehingga Bisa Kembali Ngeblog Dengan Semangat?

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

5 komentar

kalo aku sih mending satu blog yang penting blognya di rawat aja hehe

kalo punya banyak blog ngelolanya bisa bikin capek. kecuali karena dia punya semangat juang yg tinggi.

sama mbak, saya juga lebih suka merawat satu blog saja, hehe

kalo aku punya banyak blog, alasanya karna posting yg gak bisa di campur, misalnya di blog pribadi aku isi post yang agak curhat, cerita kehidupan lah :D .. dan di blog lain aku isi post dg tema lain, misalnya blog download :D .. jadi kalo blog download dicampur ke blog pribadi kan gak cocok tuh, jadi harus di pisah .. capek juga si memang mengelolanya :D

Memilih memiliki satu blog, mungkin akan membuat kita lebih fokus dalam mengurus blog.
Saya memiliki dua blog saja yg satu tak terurus. Karena ya itu tadi. Memaksakan kehendak, padahal saya belum mampu. Hehe

ETIKA BERKOMENTAR
1. Pastikan membaca dari awal sampai akhir supaya tidak salah paham
2. Silahkan berkomentar dengan bijaksana
EmoticonEmoticon