Sabtu, 16 September 2017

Cara Benar Update Aplikasi PMP Versi 2.0 Ke Versi 2.1

Halo sahabat operator sekolah yang berbahagia. Apakabar hari ini? Tentunya baik-baik saja dan tetap semangat kan? Terutama bagi OPS yang masih bujang nih, jangan gegana ya dengan tugas kita sebagai Operator di masing-masing sekolah. Walaupun tigas kita sangat banyak kita harus tetap semangat menjalankan tanggungjawab.

Tugas operator sekolah memang sangat berat. Baru pendataan di dapodik saja sudah sangat menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Apalagi ditambah pendataan di PMP. Sudah berat malah dibebani. Hehe.. Tetapi semua itu tidak akan terasa jika kita jalani dengan ikhlas dan santai.

Aplikasi PMP Terbaru

Oke kembali ke topik bahasan. Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara update aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 yang baru rilis kemarin tanggal 13 September 2017.

Seperti halnya pengalaman saya yang baru saja menginstal aplikasi PPM versi 2.0 yang saya peroleh dari softcopy CD hasil sosialisasi dinas. Pada 2 hari kemudian saya baca dan lihat-lihat di web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id ternyata sudah ada update aplikasi PMP versi 2.1 terbaru.

Karena adanya aplikasi PMP terbaru, sudah barang tentu ada beberapa perbaikan dari aplikasi PMP 2.0 versi sebelumnya. Hal ini tentunya mengharuskan kita para operator untuk segera update aplikasi PMP versi 2.0 ke 2.1 untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Masak sudah ada yang baru masih pake yang lama.. hehe

Lalu bagaimana cara update aplikasi PMP yang benar?


Sebenarnya cara update aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 sudah banyak yang menjelaskan, baik di blog maupun di youtube. Dan juga tentunya bagi para operator lama hal seperti ini sangat mudah bagi mereka. Namun bagi operator baru pasti sangat membutuhkan penjelasan tetang bagaimana cara update aplikasi PMP yang benar.

Installer dan Updater Aplikasi PMP Versi 2.1 Terbaru

Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk update aplikasi PMP dari versi 2.0 ke versi 2.1

Pertama, yakni dengan menginstal intaller yang telah disediakan oleh web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Ini artinya kita harus menghapus terlebih dahulu aplikasi PMP versi 2.0 yang sudah terpasang laptop kita. Kemudian mengunduh aplikasi PMP versi 2.1 dan kemudian menginstalnya seperti biasa. Saya yakin semua sudah bisa menginstal kan,, hehe

Kedua, yakni dengan menginstal updater aplikasi PMP versi 2.1 yang juga sudah disediakan oleh web http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id . Ini artinya kita tidak perlu menghapus aplikasi PMP sebelumnya dan hanya perlu menginstal updater aplikasi PMP versi 2.1.Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengupdate aplikasi PMP versi 2.1 jika menggunakan updaternya.

Berikut langkah-langkah update aplikasi PMP dengan Updater Aplikasi PMP versi 2.1
  1. Silahkan unduh installernya di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  2. Tutup aplikasi PMP versi 2.0 yang sudah terpasang sebelumnya
  3. Install Updater Aplikasi PMP versi 2.1 sesuai langkah yang ada
  4. Jika proses instalasi sudah selesai, silahkan buka aplikasi PMPnya
  5. Lihat pada beranda aplikasi PMP, apakah sudah dalam versi terbaru atau lama
  6. Jika masih versi lama (2.0) maka langkah selanjutnya adalah merefresh halaman dengan menggunakan CTRL + F5 secara bersama
  7. Selesai dan selamat bertugas.

Demikian tentang cara uptade aplikasi PMP versi 2.0 ke versi 2.1 yang bisa saya bagikan. Ini adalah menurut pengalaman saya sendiri sebagai operator sekolah baru. Jika masih ada masalah dalam penginstalan mari kita sharing bersama. Sebab saya juga masih tergolong operator baru dan masih sangat butuh masukan dari teman-teman OPS lainnya.

Terimakasih sudah berkunjung dan selamat bertugas., :)

Bagi sahabat operator yang sudah selesai mengerjakan isian data kuesioner PMP, jangan lupa backup data dulu ya. Backup data PMP sangat kita butuhkan jika ada kerusakan yang tidak kita inginkan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada postingan berikut:
🔗 Mengapa Kita Harus Backup Data Aplikasi PMP?

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

5 komentar

wah, aku udah gak sekolah jadi apps ini pasti jarang kepake. kayaknya buat dedek2 di sana akan butuh ini apps.

Maaf ini bukan aplikasi pembelajaran/semacamnya untuk dedek2 disana., tolong kalau baca yang teliti ya mas, hehe

selamat siang bu, saya jadi ops baru 1 bulan jadi sangat banyak sekali hal yang belum saya mengerti bu, saya mau tanya bu, waktu kita mengUpdater Aplikasi PMP versi 2.1 data pmp sebelumnya apakah bisa hilang walau sudah di back up, terimakasih

InsyaAllah tidak hilang pak, apalagi kalau sudah punya backup data PMP sebelumnya, kalaupun hilang kan bisa restore data dari file hasil backup..
kalau boleh tau bapak dari mana?

oh gitu ya, makasih informasinya, btw saya bukan bapak TT.. saya perempuan hehehe...saya tinggal di kalimantan selatan kab barabai .. salam kenal:)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda