Selasa, 03 Oktober 2017

Apakah UNBK Akan Kembali Diterapkan Pada Tahun 2019 Ini?

Perkiraan pelaksanaan UNBK 2019 – Apakah UNBK itu? Ujian nasional berbasis komputer atau pebih dikenal dengan UNBK merupakan ujian sekolah berstandar nasional yang dilaksanakan dengan sistem berbasis komputer. UNBK adalah ujian nasional dengan menggunakan media komputer secara semi online. UNBK diterapkan dengan harapan mampu menciptakan suasana ujian yang jujur sehingga mampu menghasilkan nilai yang objektif bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia.

UNBK 2018

Dalam implementasinya, UNBK menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) yakni ujian yang memanfaatkan sistem komputer sebagai alat atau media pelaksana ujian. Dalam implementasinya, UNBK berbeda dengan UNKP / Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil yang selama ini sudah berjalan. Jadi jika selama ini mengerjakan dan menjawab soal di kertas, maka sekarang tidak lagi menggunakan kertas dan pensil sebagai media ujiannya, akan tetapi menggunakan komputer bagi sekolah sudah mempu melaksanakan UNBK.

Dalam pelaksanaannya, UNBK telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Hal tersebut dapat kita ketahui melalui statistik data peserta UNBK dari tahun ajaran 2015/2016 dan tahun ajaran 2016/2017. Data tersebut bisa dilihat siapa saja melalui laman resmi UBK kemdikbud.

Adapun detail data yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Statistik pelaksanaan UNBK tahun 2017
  1. SMP/MTs = 984 Sekolah lebih
  2. SMA/MA = 1.298 Sekolah lebih
  3. SMK = 2.100 Sekolah lebih
  4. Server = 16.477 Server Sekolah lebih

Statistik pelaksanaan UNBK tahun 2018
  1. SMP/MTs = 11096 Sekolah lebih
  2. SMA/MA = 9652 Sekolah lebih
  3. SMK = 9829 Sekolah lebih
  4. Total = 30577 Sekolah lebih

Bagaimana dengan pelaksanaan UNBK tahun 2019?

Berdasarkan data di atas, sekolah penyelenggara telah bertambah banyak dari tahun sebelumnya. Tentu saja kemungkinan besar akan semakin bertambah jika UNBK kembali diterapkan pada tahun 2019 ini.

Akhir-akhir ini banyak beredar jadwal pelaksanaan UNBK yang tidak benar. Jadwal tersebut dibuat hanya untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, jangan mudah percaya dengan informasi tersebut. Silahkan baca:
Inilah Jadwal Ujian Nasional Tahun 2019 Yang Sebenarnya

Adakah UNBK 2019?


Hingga awal bulan Oktober 2018 ini, belum ada sosialisasi dari dinas pendidikan setempat, kalaupun ada mungkin hanya beberapa wilayah saja. Hal ini tentu membuat para proktor, panitia, dan peserta ujian nasional bertanya-tanya. Apakah UNBK 2019 akan kembali diterapkan? Ataukah UNBK akan dihapus?

Nah, untuk menjawab kebimbangan tersebut. Berikut informasi resmi dari puspendik terkait persiapan UNBK tahun 2019:

Puspendik akan mengadakan simulasi Ujian Berbasis Komputer Tes Bakat Skolastik (UBKTBS) untuk SMA dan SMK, dengan rencana jadwal kegiatan sebagai berikut :
  • Pendaftaran (unggah dan pengaturan peserta) 19 – 25 September 2018
  • Sinkronisasi data sekolah 1 Oktober 2018
  • Mencetak perlengkapan ujian (daftar hadir, dll) 1 Oktober
  • Mencetak kartu login (1 jam sebelum pelaksanaan) 2 - 3 Oktober
  • Pelaksanaan Ujian 2 - 3 Oktober
  • Unggah respon ujian 2 - 3 Oktober
  • Cetak Laporan Hasil TBS Akhir Oktober
Penjelasan lebih lanjut akan disampaikan melalui laman ubk.kemdikbud.go.id.

Informasi di atas dikeluarkan secara resmi oleh puspendik. Informasi tersebut menjadi sinyal bagi para panitia ujian nasional untuk segera bersiap diri menghadapi UNBK 2019, dan juga menjadi tanda bahwa UNBK tahun ini akan kembali diterapkan oleh sekolah yang sebelumnya sudah pernah melaksanakan UNBK.

Hal tersebut tentu saja menunjukkan bahwa UNBK bisa menjadi pilihan kembali dalam pelaksanaan ujian nasional di tahun ini. Kita tunggu saja kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan UNBK tahun 2019 yang akan datang.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon