Senin, 20 November 2017

Apa Sih Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN?

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN - Halo adik-adik yang berbahagia, kali ini kakak ingin berbagi info khusus untuk kalian siswa-siswi yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian. Kakak akan mencoba memahami apa yang ingin kalian pahami, terutama mengenal perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, serta kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan dan kuliah ke perguruan tinggi negeri, maka kalian wajib tahu istilah SNMPTN dan SBMPTN. Mengapa demikian? Sebab kedua istilah tersebut merupakan jalur resmi yang dilakukan oleh PTN untuk menyeleksi para calon mahasiswa-mahasiswi di PTN tersebut.

Jadi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri ada dua jalur seleksi yang bisa kalian ikuti, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Sangat penting untuk memahami perbedaan keduanya agar kalian bisa mengatur dan menentukan strategi apa yang harus kalian tempuh supaya berhasil duduk di singgasana PTN impian kalian.

Baca juga:


Lalu Apa sih Bedanya SNMPTN dan SBMPTN?


Perbedaan-SNMPTN-dan-SBMPTN

Itu kak rambutnya yang berbeda (hehe). Gambar di atas cuma ilustrasi saja dek, jangan perhatikan rambutnya tetapi perhatikan perbedaan hurufnya. Meskipun hanya berbeda satu huruf saja, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup subtansial. Nah, untuk memahami apa saja perbedaan SNMPTN dan SBMPTN silahkan perhatikan tabel berikut:
No PERBEDAAN SNMPTN SBMPTN
1 Singkatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri
2 Jadwal pendaftaran dan seleksi Sebelum Ujian Nasional (sekitar bulan Januari-April) Setelah Ujian Nasional (sekitar bulan Mei-Juni)
3 Sistem seleksi Rekam jejak prestasi akademik dan non akademik Tes/Ujian tertulis dan keterampilan
4 Variabel penilaian Nilai rapor, nilai UN, indeks sekolah, piagam / sertifikat penghargaan, jejak alumni, dll Nilai dari hasil tes / ujian seleksi
5 Biaya pendaftaran Gratis Berbayar
6 Peluang dan kuota Kuota lebih banyak dan peluang masuk lebih tinggi Kuota lebih sedikit dan peluang masuk lebih rendah
7 Calon peserta Hanya siswa yang masih aktif sekolah Alumni sekolah boleh ikut
Dari keterangan tabel di atas dapat kita simpulkan ada 7 perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN. Sampai di sini kalian pasti sudah bisa memahami perbedaan keduanya. Namun supaya lebih jelas lagi, mari kita uraikan penjelasan dari masing-masing 7 perbedaan tersebut di atas:

Singkatan

Banyak teman-teman yang beranggapan bahwa SNMPTN dan SBMPTN itu sama. Padahal dari kepanjangannya saja sudah berbeda. SNMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan SBMPTN adalah kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi

Jadwal pendaftaran dan seleksi untuk SNMPTN biasanya dimulai lebih awal, yakni sebelum pelaksanaan Ujian Nasional berlangsung, jadi walaupun belum dapat nilai UN kalian sudah bisa mulai daftar. Sedangkan jadwal pendaftaran dan seleksi untuk SNMPTN biasanya dibuka lebih akhir, yakni sesudah Ujian Nasional sekitar bulan Mei sampai Juni.

Sistem Seleksi

Mekanisme masuk SNMPTN merekam jejak prestasi akademik dan non akademik sebagai bentuk penilaian seleksi, hal ini yang menyebabkan jadwal dibuka lebih awal dan prosesnya lebih panjang karena panitia penyelenggara harus mengumpulkan dan menilai hasil prestasi kalian. Sedangkan mekanisme SBMPTN yakni melaksanakan tes / ujian tertulis dan keterampilan sebagai bentuk penilaian seleksi, tes tersebut akan dilaksanakan secara serentak bersama di lokasi yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Variabel Penilaian

Kemudian variabel penilaian SNMPTN adalah berdasarkan hasil nilai akademik (seperti nilai rapor selama 5 atau 7 semester, nilai UN, dan mutu pendidikan sekolah) dan prestasi non akademik (seperti sertifikat atau piagam penghargaan dan prestasi yang pernah diraih selama sekolah), jadi semua penilaian mengacu pada komponen apa yang sudah kalian raih selama di sekolah. Sedangkan variabel penilaian SBMPTN adalah berdasarkan nilai hasil tes / ujian yang telah diselenggarakan oleh panitia PTN, jadi yang diperhitungkan adalah hasil nilai dari soal yang kalian kerjakan, bukan prestasi selama di sekolah.

Biaya Pendaftaran

Dari segi biaya pendaftaran keduanya juga memiliki perbedaan. Untuk SNMPTN kalian tidak dipungut biaya alias gratis, dan pada umumnya proses pendaftaran telah dikoordinasikan antara pihak PTN dengan pihak sekolah, tentu saja kalian lebih mudah mengurusnya. Sedangkan untuk SBMPTN kita harus mengeluarkan biaya pendaftaran sendiri yang besarnya mengikuti masing-masing PTN, selain itu kalian juga harus mengurus proses pendaftaran sendiri ke PTN yang kalian impikan.

Peluang dan Kuota

Ternyata kuota dan peluang diterima juga berbeda. Peluang diterima melalui jalur SNMPTN umumnya lebih tinggi sebab kuota yang disediakan oleh PTN lebih besar yakni antara 40% samapi 50%, selain itu yang menjadi pertimbangan adalah nilai prestasi yang tidak sembarang orang bisa meraihnya. Sedangkan peluang diterima melalui jalur SBMPTN lebih rendah, hal ini disebabkan kuota yang disediakan oleh PTN lebih rendah yaitu berkisar 30% saja, dan diikuti  secara umum oleh siapa saja termasuk alumni baik yang berprestasi maupun tidak.

Calon Peserta

Terakhir siapa saja yang boleh ikut SNMPTN dan SBMPTN? Untuk SNMPTN, yang boleh ikut adalah hanya siswa-siswi yang masih aktif duduk di bangku kelas XII SMA/SMK, alumni lulusan sekolah tidak boleh ikut. Sedangkan untuk SBMPTN, dibuka secara umum dan boleh diikuti oleh siapa saja termasuk alumni lulusan sekolah dengan batas maksimal 3 tahun lulus.

Berdasarkan 7 uraian perbedaan SNMPTN dan SBMPTN di atas dapat kita tarik kesimpulan yang lebih spesifik lagi. Sehingga menjadi sebuah pengertian secara umum seperti berikut:

SNMPTN adalah bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri secara nasional yang dilaksanakan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan non akademik pada siswa-siswi yang masih aktif belajar di sekolah.

SBMPTN adalah bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri secara bersama yang dilaksanakan berdasarkan hasil ujian tes tertulis dan tes keterampilan pada calon mahasiswa secara umum (baik masih sekolah dan alumni lulusan).

Itulah bedanya SNMPTN dan SBMPTN. Setelah mengerti perbedaannya, kelebihan dan kekurangan keduanya, sekarang tinggal kalian yang menentukan strategi mana yang ingin kalian gunakan untuk masuk ke PTN impian. Siapkan diri kalian mulai sekarang dan terus pantau informasi terbaru tentang SNMPTN dan SBMPTN.

Di mana kak saya bisa mengikuti kabar terbaru dan terupdate nya? Silahkan ikuti Instagram infomasukptn dan akses website http://masukptn.id/ . Web MASUKPTNID merupakan situs yang dikelola dan dikembangkan oleh kakak-kakak alumni OSIS Indonesia (AOI) yang sangat berpengalaman. Mereka dengan tulus dan ikhlas membantu mewujudkan mimpi penerus bangsa.

Sekian dari kakak, mohon maaf jika ada salah kata. Semoga proses masuk kuliah kalian lancar, mudah, dan aman. Semoga mimpi dan cita-cita kalian terwujud sehingga menjadi manusia yang cerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa. Amin.....

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

2 komentar

dulu temenku banyak yg daftar snmptn, kalo akuu nggak ngikutin mereka. soalnya dulu pas lulus aku lebih milih langsung kerja. makasih infonya, mbak. aku izin share di g+ ya.

Iya silahkan dan terimakasih, dan semoga bisa membantu teman-teman pelajar yang akan segera melanjutkan pendidikannya. Semoga bisa kuliah di tempat yang mereka inginkan dengan mudah dan lancar.. Amin....

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon