Jumat, 10 November 2017

Cara Perbaikan Verval PD dan NISN Supaya Cepat Disetujui

Cara Verval PD dan NISN - Sahabat OPS yang berbahagia, kali ini saya akan berbagi cara mengedit atau memperbaiki data identitas peserta didik di verval PD supaya cepat di approval. Data perubahan tersebut antara lain NISN, nama siswa, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan nama ibu kandung. Seperti yang kita ketahui bahwa data tersebut tidak bisa diperbaiki melalui aplikasi dapodik dan hanya bisa diubah dengan cara pengajuan perubahan data melalui web vervalpd.

Alur Pengajuan Perubahan Data VervalPD

Oleh karena itu, menjadi catatan bagi kita para OPS supaya lebih hati-hati dan teliti ketika memasukkan data peserta didik ke aplikasi dapodik. Namun tidak dapat dipungkiri kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan. Dan aplikasi dapodik tidak akan menerima permintaan maaf kita sebelum memperbaiki kesalahan tersebut ke vervalpd terlebih dahulu.

Baca juga:
Panduan Pendataan dan Input Calon Peserta UNBK 2018

Sepengetahuan saya, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang mampu mempercepat proses perubahan data peserta didik tanpa melalui web vervalpd. Aplikasi pihak ketiga tersebut seperti aplikasi Dapodik Helper dan beberapa software sejenis yang dikembangkan oleh pihak tertentu. Lalu apakah kita boleh menggunakan aplikasi tersebut?

Tentu saja tidak boleh. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat sistem dan jaringan sendiri yang kemudian disebut PDSPK sebagai pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan Indonesia. PDSPK dibuat dengan sistem dan jaringan khusus oleh kemdikbud dengan tujuan sebagai pusat pengumpulan data pendidikan di seluruh Indonesia. Jadi tidak sembarang pihak boleh meminta akses ke data pusat tersebut. Bayangkan saja bagaimana jadinya jika data pusat tersebut boleh di akses siapa saja, pasti berantakan dan tidak karuan.

Cara Edit dan Memperbaiki Data Peserta Didik di VervalPD


Sebagai operator sekolah, kita diberikan hak akses untuk merubah kesalahan data identitas peserta didik yang sudah masuk di pusat (PDSPK) melalui web vervalpd. Hanya melalui web vervalpd inilah kita bisa melakukan verivikasi dan validasi data peserta didik yang ada di sekolah kita masing-masing.

Adapun perubahan variabel identitas peserta didik yang dapat diajukan melalui Web VervalPD adalah NISN, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan jenis kelamin. Selain variabel identitas tersebut bisa diedit dan dirubah melalui aplikasi dapodik. Dan berikut cara mengajukan perubahan data di VervalPD:

#1 Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik


  • Silahkan kunjungi web VervalPD kemudian login menggunakan username dan password
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik

  • Pada menu antarmuka aplikasi VervalPD pilih "Edit Data" - "Pengajuan" - "Nama & Tanggal Lahir".
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik

  • Kemudian "Pilih Siswa" dan pilih data peserta didik yang akan diajukan perubahan identitasnya, lalu klik tombol "Ok".
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik

  • Pada kolom yang disediakan, isi dengan perubahan yang diperlukan sesuai dengan dokumen ijazah/akta kelahiran siswa. Seluruh kolom isian wajib di isi walaupun hanya ada satu atau dua perubahan data. Kemudian upload dokumen berupa file .jpg sebagai bukti perubahan data yang benar.
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik

  • Koreksi dan teliti kembali data perubahan yang akan diajukan. Jika sudah yakin maka silahkan pilih tombol "Pengajuan Perubahan".
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik

  • Sampai pada langkah ini kita telah berhasil mengajukan edit data dan tinggal menunggu persetujuan dari admin dinas pendidikan setempat. Kita bisa melihat sejauh mana proses pengajuan (ditolak/diterima) melalui menu "Status".
Cara Mengajukan Edit Data Identitas Peserta Didik


#2 Cara Mengajukan Edit NISN Peserta Didik


  • Pastikan NISN yang akan diajukan perubahan sudah menjadi data referensi aktif, jika masih menjadi data residu maka perubahan NISN tidak bisa diajukan.
  • Langkah pengajuan perubahan NISN sama dengan langkah pengajuan perubahan identitas peserta didik di atas.
  • Perbedaannya ada pada kolom isian yang harus dilengkapi seperti terlihat pada gambar di bawah. Jika kolom isian sudah terisi semua dan yakin benar, jangan lupa juga upload dokumen resmi bukti perubahan NISN. Silahkan lihat juga di menu "status" untuk melihat proses perubahan NISN yang diajukan.
Pengajuan Perubahan NISN VervalPD

Cara Supaya VervalPD Cepat Disetujui


Sebagai operator sekolah kita diberi batasan terhadap perubahan data di aplikasi VervalPD, yakni kita hanya bisa mengajukan perubahan data saja, artinya kita masih harus menunggu persetujuan dari admin dinas pendidikan Kota/Kabupaten baru kemudian disetujui oleh admin pusat. Dan berikut cara supaya perubahan data siswa di aplikasi VervalPD cepat disetujui oleh admin pusat:

  1. Secepatnya kita harus menghubungi admin KK datadik Kota/Kabupaten supaya pengajuan perubahan data segera ditindak lanjuti.
  2. Pastikan dokumen terlampir bisa terbaca dengan jelas dan telah dilegalisir oleh kepala sekolah jika dokumen tersebut hasil fotocopy. Saran saya gunakan dokumen asli supaya gambar hasil scan lebih terang dan jelas.
  3. Pastikan dokumen terlampir sesuai dengan pengajuan perubahan data. Jika perubahan data peserta didik melibatkan identitas nama ibu kandung, maka dokumen yang kita lampirkan adalah Akta Kelahiran siswa. Jika perubahan hanya pada identitas peserta didik saja, maka cukup gunakan Ijazah terakhir.
  4. Jika setelah melakukan perubahan data VervalPD kemudian terjadi kesalahan, maka segera berkoordinasi dengan KK datadik setempat untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

Demikian Cara Perbaikan Verval PD dan NISN Supaya Cepat Disetujui yang bisa saya bagikan. Sebagai OPS baru tentunya sangat membutuhkan penjelasan di atas. Seperti saya saat pertama kali bertugas sebagai operator sekolah. Mohon maaf jika ada salah kata dan salam OPS. :)

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda