Kamis, 02 November 2017

Cara Supaya Tetap Bisa Update Artikel Setiap Hari

Tags

Bagaimana cara supaya bisa update aritel setiap hari? - Sahabat blogger tercinta, kali ini saya akan berbagi pengalaman dan curhat selama menjadi blogger. Semoga isi postingan ini nantinya bisa membantu sahabat blogger lain dalam hal update artikel setiap hari.

Menulis artikel setiap hari

Sebagai blogger sejati tentu kita berharap bisa bisa menulis dan update artikel setiap hari supaya trafik pengunjung tidak menurun dan kita pun bisa tetap dipercaya sebagai pemilik blog yang berkualitas. Namun pada realitanya menulis artikel tidak semudah kata-kata yang dilontarkan oleh seorang motivator.

Menulis artikel memang bukan pekerjaan mudah, butuh banyak waktu dan berpikir keras untuk menciptakan kalimat yang enak dibaca. Belum lagi ketika kita kehabisan ide, apa kira-kira tema yang harus kita bahas. Terkadang kita justru semakin malas menulis jika bingung memikirkan tema yang akan ditulis pada blog.

Baca juga:
Cara Menjadi Blogger yang Produktif Menulis Artikel

Semua itu tentu hal yang wajar. Bagaimana tidak, aktifitas kita sehari-hari bukan hanya duduk berpikir di depan laptop atau komputer saja. Ada yang sibuk kuliyah, mengurus keperluan keluarga, tugas lain di luar rumah, dan berbagai kegiatan offline lainnya. Padahal pada hakikatnya menjadi seorang blogger memang harus mampu update artikel setiap hari, terlebih jika ingin memperoleh pendapatan yang banyak dari blog.

Jika sahabat adalah seorang blogger, kalian pasti mengalami hal demikian. Ingin bisa update artikel setiap hari namun sibuk kegiatan lain. Pada akhirnya setiap aktifitas yang kita kerjakan pasti terbayang "apa ya yang harus saya tulis lagi?".

Ternyata menjadi blogger itu susah ya.

Tidak juga kok, menjadi blogger itu seakan kita memiliki perusahaan kita sendiri, jadi kita yang lebih berkuasa mengelola perusahaan tersebut. Berbeda jika kita yang bekerja pada perusahaan orang lain, maka mau tidak mau kita harus mengikuti tuntutan dan aturan yang ada pada perusahaan tersebut.

Walaupun kita adalah pemilik perusahaan, bukan berarti kita bisa seenaknya sendiri dan selalu bersantai. Kita harus tetap bisa manajemen perusahaan dengan baik supaya tetap berjaya. Nah, jika sahabat ingin punya blog bertrafik tinggi, pendapatan besar, dan menjadi blogger profesional, maka hal paling penting adalah update artikel setiap hari.

Cara Supaya Mampu Update Artikel Setiap Hari


Berdasarkan pengalaman admin risalahku.com, hal paling sulit tetapi penting menjadi blogger adalah mencari ide, menulis, dan update artikel setiap hari. Namun kesulitan itu justru menjadi tantangan karena saya tidak ingin risalahku.com menjadi blog sampah yang bertebaran di search engine.

Untuk itulah saya semaksimal mungkin mencari cara supaya tetap konsisten mengisi artikel, sehingga risalahku.com menjadi blog yang kaya konten original bukan konten plagiat. Walaupun tidak bisa update setiap hari, paling tidak satu minggu saya mampu menulis 4 - 5 artikel.

Lalu apa saja yang saya lakukan untuk tetap bisa update artikel setiap hari?

1. Menulis apa saja yang bisa ditulis

berpikir mendapatkan ide untuk menulis artikel

Cara paling sederhana supaya tetap bisa update artikel setiap hari adalah dengan menulis apa saja yang bisa kita tulis. Cara ini mungkin tidak cocok bagi blogger yang memiliki pembahasan tema khusus (niche blog), namun cara ini sangat cocok bagi pemilik blog yang membahas berbagai tema (general blog).

Seperti yang sahabat lihat, risalahku.com bukan niche blog yang membahas informasi khusus, tetapi membahas berbagai macam bahasan berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi apa saja yang muncul dipikiran saya dan itu merupakan hal yang perlu dibagikan maka saya segera menulisnya.

Memang ada yang bilang bahwa general blog itu terkesan tidak profesional, katanya sih tema berantakan tidak karuan dan sebagainya. Namun, saya tidak menghiraukan hal tersebut. Yang penting blog saya tetap terawat dengan baik dan saya paham dengan apa yang saya tulis.

Nah, bagi sahabat blogger yang kehabisan ide menulis, tulis saja apa yang bisa sahabat tulis. Bisa berbentuk curhat, materi sekolah atau kuliyah, pengalaman berkeluarga, pengalaman kerja, dll. Jangan pedulikan pihak yang menganggap negatif, sebab hal terpenting adalah kita berusaha berbagi apa yang memang kita pahami. Dan saran saya sih cukup rawat satu blog saja dari pada bingung merawat banyak blog.

Baca juga:
Ngeblog itu Cukup Punya Satu atau Banyak?

2. Rewrite dari blog lain yang setema

rewrite artikel yang benar

Jika sahabat memang lebih suka niche blog dari pada general blog, maka tidak ada salahnya rewrite dari artikel blog lain yang satu tema dengan blog sahabat. Rewrite yang dimaksud disini adalah menulis kembali artikel orang dengan cara mengambil tema dan menulisnya kembali dengan gaya bahasa sendiri. Jadi tidak serta merta mengambil seluruh kata dan kalimat dari blog lain tersebut (copy-paste).

Ada dua cara rewrite artikel, pertama dari blog dalam negeri (bahasa Indonesia) dan kedua dari blog luar negeri (bahasa Inggris). Jika sahabat rewrite dari blog luar tetapi tidak paham bahasanya, maka kita bisa menggunakan bantuan translate. Namun kita tetap harus memperhatikan susunan kalimatnya, sebab artikel hasil translate biasanya memiliki susunan kalimat yang sulit dipahami.

Rewrite juga menjadi alternatif saya supaya tetap bisa update artikel setiap hari. Saya yakin di luar sana banyak blogger profesional yang masih rewrite untuk memperkaya konten blognya. Nah, bagi sahabat blogger, tidak ada yang melarang kok jika kita menulis artikel bertema sama dengan blog lain. Asal dengan catatan tidak jiplak (isi artikel sama persis) sehingga artikel kita tetap berkualitas. Begitulah cara rewrite artikel yang benar.

Baca juga:
Ini 5 Kriteria Artikel yang Berkualitas Menurut risalahku.com

3. Copy paste kutipan dari berbagai sumber

Copy paste kutipan dari sumber lain

Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat dan beberapa kalimat penting yang perlu diambil. Jadi copy paste yang saya maksud hanya sebatas kutipan, bukan copy paste seluruh isi artikel.

Kadang kita memang sangat butuh dan harus mengambil beberapa kutipan dari sumber-sumber tertentu untuk memperkuat informasi yang kita tulis. Maka mau tidak mau kita harus copy paste kutipan tersebut. Padahal jika kita mengisi konten blog dan ada kalimat yang sama persis dengan konten blog lain maka akan terindikasi sebagai plagiat konten.

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka kita wajib menyertakan sumber kutipan yang telah kita copas. Konten blog kita boleh saja berisi beberapa kalimat plagiat, asal tetap memiliki kalimat original di dalamnya. Kita harus teliti memperhatikan kualitas dan kuantitas prosentase kalimat plagiat dan kalimat original. Usahakan plagiat tidak lebih dari 25%, jadi kita masih memiliki 75% kalimat original.

Baca juga:
Cara Uji Kualitas Artikel Secara Online

Itulah cara supaya tetap bisa update artikel setiap hari yang saya lakukan. Walaupun tidak bisa maksimal setiap hari, namun paling tidak minimal bisa update 4 sampai 5 artikel setiap minggu.

Lalu bagaimana dengan kalian para blogger mastah? Adakah cara kalian yang lebih efektif untuk membantu sahabat blogger newbie supaya tiap hari bisa update artikel? Silahkan tambahkan tips kalian di kolom komentar. Salam blogger dan semoga kita semakin sukses.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

1 komentar so far

iyu dia masalahnya ada pada waktu dan ide. kalao waktu terbatas jadi nggak ada nyawanya itu tulisan. begitu juga kalau gak punya ide, ya jadi bingung sama yg mau ditulis. ironi memangng kalo jadi blogger.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda