Sabtu, 25 November 2017

Cara Tepat Melihat Hasil Nilai UNBK 2018 SMP/SMA/SMK

Bagaimana cara mengetahui hasil Nilai UNBK? - Halo adik-adik pelajar, mungkin salah satu diantara kalian ada yang penasaran, bagaimana sih caranya untuk cek dan melihat hasil nilai UNBK? Apalagi katanya hasil jawaban soal UNBK langsung dikirim ke pusat. Kira-kira nilai Ujian Nasional kita baik atau jelek ya?

Situs resmi cek simulasi UNBK

Nah, adik-adik pelajar baik dari SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK yang kami sayangi. Sebelum membahas cara melihat hasil nilai UNBK, ada beberapa hal penting terkait penilaian ujian nasional yang mungkin belum kalian ketahui secara rinci. Jadi harap dibaca dulu secara teliti.

Sudah tahukah kalian bahwa nilai UN sudah tidak lagi menjadi standar kelulusan? Jawabannya adalah TIDAK, nilai UN memang bukan lagi penentu apakah kalian lulus atau tidak. Hal ini dijelaskan pada rapat koordinasi tentang kebijakan unjian nasional tahun 2018 oleh BNSP (Badan Standar Nasional Pendidikan) tertanggal Jakarta, 25 Oktober 2017.

Walaupun demikian, Ujian Nasional tetap dilaksanakan oleh pemerintah sebagai penilaian hasil belajar siswa-siswi di tingkat nasional, termasuk juga kalian. Nilai hasil belajar yang didapat dari hasil UN/UNBK ini akan dijadikan sebagai dasar peningkatan pemetaan mutu pendidikan Indonesia. Terutama bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, baik yang ke SMA atau Perguruan Tinggi, maka yang dijadikan syarat dan pertimbangan seleksi adalah nilai hasil UN.

Itulah kenapa Ujian Nasional masih tetap diselenggarakan oleh pemerintah. Apalagi UN tahun 2018 ini, seluruh sekolah ditingkat satuan pendidikan wajib mengikuti UNBK / Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dan dalam implementasinya pun tidak main-main, ada beberapa tahap pelaksanaan, yaitu Simulasi 1, Simulasi 2, Simulasi 3 (gladi bersih), dan UNBK Utama disusul UNBK Susulan.

Lihat juga:

Kalau memang UN tidak menentukan kelulusan tetapi kenapa ya pelaksanaan UN menjadi semakin ketat dan canggih? Karena itulah adik-adik tidak boleh menganggap remeh nilai UN. Sekali lagi, hasil UN tetap akan menjadi dasar pemetaan mutu pendidikan di tanah kelahiran kita ini. Yang artinya, kemampuan belajar kalian dapat diukur secara nasional dengan mengacu pada nilai UN. Dan alasan kenapa pelaksanaan UN semakin ketat dan canggih adalah supaya tercapainya sistem penilaian yang credible, acceptable, dan accountable.

Cara Mengetahui Hasil UNBK Secara Online


Sebelum adik-adik menjalani ujian, pasti sudah mempersiapkan segalanya dari awal termasuk belajar dengan rajin supaya mendapat nilai maksimal dan tidak mengecewakan. Tentu saja kalian juga pasti penasaran, bagaimana hasil UNBK dari soal-soal yang sudah kalian kerjakan dengan susah payah.

Adik-adik pelajar yang kami banggakan, ada beberapa cara untuk bisa melihat hasil UNBK yang sudah banyak dijelaskan dibeberapa media sosial. Diantaranya adalah melihat hasil nilai UN langsung secara online, yaitu melalui situs resmi kemdikbud di http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/.

Puspendik atau Pusat Penilaian Pendidikan merupakan unit kerja balitbang kemdikbud Indonesia. Laman ini menampilkan indeks integritas ujian nasional dan rerata hasil ujian nasional tingkat sekolah. Kita bisa melihat rekap hasil Ujian Nasional (UN/UNBK) tingkat sekolah lengkap di seluruh Indonesia. Caranya adalah dengan memilih jenjang, provinsi, kota / kabupaten, status sekolah, dan jenis sekolah pada menu pilihan yang disediakan pada laman tersebut. Atau bisa juga langsung melalkukan pencarian dengan memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Sekolah.

Namun perlu kita ketahui, bahwa di laman ini hanya menampilkan rata-rata jumlah nilai UN dari masing-masing satuan sekolah mulai dari tahun 2015 hingga tahun 2017. Tidak bisa menampilkan hasil nilai UN dari masing-masing peserta UN.

Cara Mengetahui Hasil UNBK Secara Offline


Cek hasil UNBK secara online hanya untuk melihat rekap rata-rata hasil UN tingkat sekolah saja. Lalu bagaimana cara melihat hasil UNBK dengan nomor peserta ujian? Yang artinya tiap peserta ujian bisa langsung melihat hasil nilai UNBK yang selesai dikerjakan.

Kami mengerti, bahwa adik-adik sangat membutuhkan info terkait hasil UNBK yang sudah kalian jalani, terutama untuk hasil nilai simulasi UNBK. Namun perlu diketahui juga, bahwa sampai saat ini belum ada website resmi dari puspendik dan kemdikbud yang menampilkan hasil simulasi UNBK, yang ada hanya pengumuman hasil nilai UNBK yang akan diterbitkan setelah pelaksanaan UNBK utama selesai.

Nah, satu-satunya cara untuk mengetahui nilai simulasi UNBK, baik itu simulasi 1, simulasi 2, dan simulasi 3 (geladi bersih) adalah dengan bertanya langsung kepala pihak sekolah penyelenggara UNBK masing-masing, bisa kepada kepala sekolah, waka ur kurikulum, dan atau panitia UNBK.

Sebab, setelah adik-adik selesai mengerjakan soal-soal UNBK dan sebelum dikirim ke server pusat, jawaban kalian terlebih dulu masuk di server lokal dan bisa dilihat serta di download oleh panitia UNBK (proktor / teknisi).

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon