Minggu, 05 November 2017

Cara Tepat Update Dapodik Versi 2018 ke Versi 2018.a

Panduan lengkap update dapodik versi terbaru - Sahabat OPS yang berbahagia, mungkin sudah telat bagi saya untuk berbagi cara update dapodik dari versi 2018 ke versi 2018.a ini. Pasalnya berita pemberitahuan tentang update dapodik tersebut sudah dirilis oleh dapodikdasmen sejak tanggal 13 Oktober 2017. Namun tidak ada salahnya juga untuk tetap berbagi, siapa tahu diantara sahabat OPS masih ada yang belum melakukan update dapodik ke versi 2018.a terbaru.

Cara Tepat Update Dapodik Versi 2018 ke Versi 2018.a

Seperti yang kita tahu bahwa pihak pengembang aplikasi dapodik dari tahun ke tahun selalu melakukan pembaruan dan perbaikan yang cukup signifikan. Hal ini dilakukan tentu saja untuk memperbaiki bugs dan penambahan validasi yang memang sangat diperlukan guna menghasilkan pendataan sekolah yang lebih maksimal.

Menurut apa yang saya baca dan hasil analisa saya tentang pembaruan dan perbaikan dapodik versi 2018.a ternyata lebih bertitik berat pada pengisian data SMK berkenaan dengan revisi kurikulum 2013 dan spektrum 2016. Meskipun demikian banyak juga pembaruan dan perbaikan dapodik 2018.a yang tidak boleh kita abaikan. Untuk bisa melihat daftar perubahan dapodik versi 2018.a lebih lengkap, silahkan kunjungi laman berikut:

Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018.a

Berhubungan dengan hal tersebut serta memperhatikan himbauan yang dirilis oleh dapodikdasmen tertanggal 13 Oktober 2017, maka kita sebagai OPS wajib untuk melakukan update dapodik ke versi terbaru yakni aplikasi dapodikdasmen versi 2018.a.

Bagi OPS lama, pasti sudah sering melakukan update dapodik ke versi terbaru, dan tentu saja tidak menjadi permasalahan bagi mereka. Tetapi bagi OPS baru yang sebelumnya belum pernah sama sekali melakukan update dapodik, tentu saja membutuhkan panduan lengkap supaya tidak salah bertindak, apalagi sampai kehilangan seluruh data di aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Berhubung saya OPS baru dan kebetulan juga seorang blogger, jadi saya akan berbagi panduan lengkap cara update aplikasi dopodik dari versi 2018 ke versi 2018.a sesuai dengan pengalaman yang sudah saya lakukan.

Cara Update Dapodik ke Versi 2018.a


Berdasarkan hasil percobaan yang saya lakukan, ada tiga cara yang bisa kita gunakan untuk update dapodik versi 2018.a yaitu menggunakan Updater Aplikasi Dapodik, Installer Aplikasi Dapodik, dan Cek Pembaruan Aplikasi Dapodik Online.

Dari tiga cara tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta langkah yang berbeda. Supaya lebih lengkap mari kita bahas satu persatu.

Cara Update Menggunakan Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.a


Pertama kita bisa menggunakan udapter Aplikasi Dapodik versi 2018.a tanpa menghapus/uninstall aplikasi dapodik versi 2018. Jadi kita hanya cukup install udapter saja tanpa perlu repot menghapus versi sebelumnya. Namun cara ini hanya dikhususkan jika dapodik versi 2018 tidak mengalami permasalahan.

Langkah update dapodik menggunakan Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.a
  1. Unduh file Updater Aplikasi Dapodik versi 2018.a
  2. Buka folder hasil unduhan Patch_Dapodik_2018a.exe kemudian double klik atau run as administrator
  3. Ikuti petunjuk instalasi dan klik "pasang" untuk mulai pemasangan
  4. Tunggu hingga proses instalasi selesai, cepat atau lamanya tergantung spesifikasi laptop yang kita gunakan
  5. Klik "selesai" jika proses instalasi sudah berhasil sempurna
  6. Buka dan login ke aplikasi dapodik
  7. Lihat di bagian menu "beranda" aplikasi dapodik dan lihat versinya. Jika masih versi 2018 silahkan gunakan ctrl+f5 untuk refresh halaman. 

Cara Update Menggunakan Installer Aplikasi Dapodik versi 2018.a


Jika cara pertama tidak berhasil, kita bisa Menggunakan Installer Aplikasi Dapodik versi 2018.a. Cara ini memang cukup beresiko karena harus menghapus dapodik versi lama lebih dulu. Oleh karena itu, pastikan kalian sudah melakukan sinkronisasi terlebih dahulu. Meskipun cukup beresiko namun cara ini memang harus dilakukan apabila pada dapodik versi 2018 terdapat kesalahan teknis atau kalian memang menghendaki install di laptop baru.

Berikut langkah update dapodik menggunakan Installer Aplikasi Dapodik versi 2018.a
  1. Pastikan dapodik versi lama sudah dihapus/uninstall
  2. Unduh file Installer Dapodik versi 2018.a
  3. Buka folder dan pasang Dapodik_2018a.exe seperti cara b di atas
  4. Kemudian ikuti saja petunjuk instalasi sesuai instruksi yang diberikan
  5. Jika sudah selesai, buka dan login dengan menyertakan kode registrasi sekolah

Cara Update dengan Cek Pembaruan Aplikasi Online


Terakhir kita bisa menggunakan cek pembaruan aplikasi secara online melalui aplikasi dapodik versi lama yang sudah terinstall. Karena online, maka pastikan kalian sudah terkoneksi dengan internet. Cara ini bisa dibilang paling mudah tetapi saya tidak berhasil, hehe. Tetapi siapa tahu kalian berhasil.

Langkah update dengan Cek Pembaruan Aplikasi Online
  1. Login ke aplikasi dapodik
  2. Pilih menu "pengaturan"
  3. Klik "cek pembaruan"
  4. Jika muncul keterangan "pembaruan tersedia" maka pilih lanjutkan dan jangan menutup browser hingga proses selesai.
  5. Selesai dan refresh halaman menggunakan CTRL+F5


Demikian cara update aplikasi dapodik dari versi 2018 ke versi 2018.a yang bisa saya bagikan. Bagi sahabat OPS yang masih ragu atau bingung untuk update aplikasi dapodik terbaru, silahkan unduh Panduan penggunaan Aplikasi Dapodik versi 2018.a. Pada panduan tersebut, kalian bisa membaca secara lengkap tentang panduan update dapodik beserta apa saja yang terbaru dari dapodik 2018.a.

Mohon maaf jika penjelasan di atas tidak sesuai dengan harapan sahabat OPS. Mohon dimaklumi karena saya juga masih OPS baru yang mencoba berbagi pengalaman. Untuk itu mohon pencerahan jika memang ada yang perlu disampaikan. Salam OPS.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

1 komentar so far

Maaf baru semepet mampir lagi sini mabak amel, maklumkesibukan kerja sangat menyita waktu :)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda