Sabtu, 11 November 2017

Contoh dan Prediksi Soal UN/UNBK untuk SMP/MTs Tahun 2018

Prediksi soal UN/UNBK tahun 2018 untuk SMP/MTs - Adik-adik generasi penerus bangsa, tinggal beberapa bulan lagi kalian akan menghadapi ujian nasional. Tentu harus ada persiapan yang matang supaya memperoleh hasil nilai ujian yang maksimal. Dan salah satu persiapan tersebut adalah mempelajari materi pelajaran sekolah mulai dari kelas 7 s/d 9 SMP/MTs.

Namun tidak semua mata pelajaran kok, mapel yang akan diujikan pada UN/UNBK untuk jenjang SMP/MTs hanya ada 4, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Dan semua materi yang akan diujikan berasal dari materi ke empat mapel tersebut mulai dari kelas 7, 8, dan 9.

Prediksi-Soal-UN/UNBK-2018-untuk-SMP/MTs

Berdasarkan peraturan pemerintah pendidikan dan kebudayaan Indonesia, nilai Ujian Nasional tidak lagi menjadi standar kelulusan. Jadi yang menentukan kelulusan adik-adik bukan hasil nilai UN, tetapi ditentukan oleh nilai selama 3 tahun di sekolah kalian masing-masing.

Lihat juga:

Walaupun nilai Ujian Nasional tidak menentukan kelulusan, namun kalian tidak boleh menganggap remeh hal tersebut. Kenapa? Sebab nilai UN akan menentukan pendidikan masa depan kalian. Nilai UN akan dijadikan sebagai standar diterima / tidak pada pendaftaran di sekolah selanjutnya, terutama bagi sekolah-sekolah favorit.

Jadi bagi adik-adik SMP/MTs yang ingin melanjutkan sekolah ke SMA/MA/SMK yang berkualitas atau sekolah favorit, maka kalian harus berusaha mendapat nilai UN yang tinggi supaya mudah diterima pada sekolah tersebut.

Ujian Nasional memang tidak menjadi standar kelulusan siswa, namun tetap menjadi standar penilaian pendidikan Indonesia yang tidak boleh kalian remehkan jika tetap ingin menjadi siswa berprestasi. Hal ini terbukti dengan adanya sistem ujian baru yakni UNBK / Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Contoh Soal dan Prediksi UN/UNBK SMP/MTs Tahun 2018


Penerapan UNBK tentu saja bukan sekedar percobaan, namun UNBK diterapkan supaya menciptakan pelaksanaan Ujian Nasional yang lebih jujur dan integritas. Oleh karena itu, mulai sekarang adik-adik harus lebih rajin belajar. Ikuti bimbingan belara baik yang diselenggarakan sekolah maupun di luar sekolah.

Selain rajin mengikuti bimbel, kalian juga harus meluangkan waktu belajar di rumah dengan memahami materi UN melalui kisi-kisi soal. Silahkan donwload kisi-kisi soal UN dan USBN tahun 2018.

Di sini kakak juga akan berbagi contoh soal UN SMP/MTs dari arsip soal tahun 2017. Kok soal UN tahun 2017 sih, katanya contoh soal UN tahun 2018? Bagini adik-adik, tidak mungkin ada bocoran soal UN tahun 2018, baik itu SMP, SMA, maupun SMK. Yang ada hanya prediksi saja, dan prediksi soal UN 2018 dapat dipahami melalui arsip soal UN 2017.

Jadi untuk mendapatkan bocoran soal UN lengkap beserta jawabannya, maka kalian harus bisa memahami materi yang ada di kisi-kisi soal kemudian mencari pembahasan yang sama pada contoh soal UN 2017. Kakak yakin materi dan bentuk soal ujian nasional tahun 2018 tidak jauh berbeda dengan ujian tahun sebelumnya.

Download Naskah Soal UN SMP/MTs Tahun 2017


Soal UN SMP/MTs Mapel Matematika

Soal UN SMP/MTs Mapel Bahasa Indonesia

Soal UN SMP/MTs Mapel Mapel Bahasa Inggris

Soal UN SMP/MTs Mapel IPA

Adapun bentuk naskah soal di atas adalah berupa file .pdf yang bisa langsung kalian buka melalui smartphone. Jadi adik-adik bisa belajar dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sekian dari kakak, mohon maaf jika ada kesalahan, dan salam sukses UN 2018.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda