Kamis, 16 November 2017

Panduan Cara Install VHD dan Jaringan Server UNBK 2018

Manual CBTUN 2018 - Halo sahabat proktor dan teknisi UNBK di seluruh nusantara. Kali ini saya sebagai admin risalahku.com bersama teman proktor dan teknisi di LP. Ma'arif NU Cumpleng akan berbagi pengalaman dalam persiapan menghadapi UNBK tahun 2018. Persiapan tersebut meliputi Instalasi VirtualBox, Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD), dan Instalasi Jaringan Virtual Machine.

Panduan Cara Install VHD dan Jaringan Server UNBK 2018

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, yakni persiapan menghadapi UNBK 2017, di laman https://ubk.kemdikbud.go.id/ menyediakan data pendukung berupa file Manual_CBTUN2017-060217.pdf yang berisi petunjuk dan panduan sekolah/madrasah pelaksana UNBK. Semua bisa kita baca sendiri dengan jelas mulai dari panduan tugas proktor dan teknisi, panduan instalasi server dan client, hingga trouble shooting UNBK. Namun entah kenapa sampai saat ini di laman https://ubk.kemdikbud.go.id/ belum juga menyediakan Manual CBTUN 2018 sebagai petunjuk persiapan menghadapi UNBK 2018.

Mengingat pelaksanaan UNBK 2018 sudah semakin dekat maka kami tetap menggunakan dokumen  Manual_CBTUN2017 sebagai acuan. Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi pengalaman dan  membantu sahabat proktor/teknisi yang masih kesulitan ketika install VHD serta Setiing Jaringan Server UNBK 2018.

Supaya nanti lebih jelas, kita siapkan dulu alur pembahasan dan apa saja file yang harus disiapkan. Adapun alur pembahasan persiapan server UNBK adalah sebagai berikut:
  1. Instalasi VirtualBox
  2. Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD)
  3. Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK

Kemudian file persiapan UNBK 2018 adalah sebagai berikut:
  1. Software VirtualBox
  2. ExambroCBTSync_50.170406
  3. ChromeStandaloneSetup64
  4. NetFramework_ALL_Windows
  5. VHD_UNBK_2018

Semua file di atas kecuali VHD_UNBK_2018 bisa langsung di download melalui laman ubk simulasi  yang diberikan oleh puspendik. Untuk file VHD_UNBK_2018 silahkan langsung minta ke dinas  pendidikan setempat guna memastikan keaslian file VHD, jangan download di blog atau website selain situs resmi kemdikbud.

Manual CBTUN 2018


Setelah semua bahan siap, mari kita lanjut ke inti pembahasan. Walaupun masih mengacu pada manual CBTUN 2017, namun anggap saja sebagai manual CBTUN 2018 karena kita akan mempersiapkan instalasi komputer server lokal UNBK untuk digunakan sebagai media Ujian Nasional tahun 2017/2018. Seperti yang kami singgung di atas, dalam persiapan instalasi server lokal UNBK ada 3 tahap yaitu Instalasi VirtualBox, Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD), dan Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK.

I. Instalasi VirtualBox


Virtual Box merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memproses sistem operasi tambahan di dalam sistem operasi utama. Mungkin teman-teman ada yang bertanya mengapa VHD_UNBK harus di install di dalam VirtualBox? Tentu saja untuk mengamankan data UNBK yang saling sinkron anatara server lokal dan pusat dari virus dan hal yang tidak di inginkan. Sebab salah satu fungsi utama dari VirtualBox adalah untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer utama yang digunakan.

Jadi mau tidak mau kita harus menggunakan Virtual Box demi keamanan data yang akan dikirim ke server pusat. Berikut langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat instalasi VirtualBox:
  1. Ada dua file di dalam folder VirtualBox yaitu VirtualBox-5.1.30-118389-Win.exe dan Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-5.1.30.vbox-extpack
  2. Pertama install dulu VirtualBox.exe dengan cara klik kanan dan run as administrator kemudian ikuti saja petunjuknya hingga selesai dan OK.
  3. Sekarang install Oracle_VirtualBox supaya bisa menggunakan semua fitur / menu yang ada di VirtualBox. Caranya bisa teman-teman lihat seperti gambar di bawah ini:
gambar 1
klik Berkas dan pilih Preferences

gambar 2
klik bagian Extensions lalu klik tombol Add Package

gambar 3
Cari dan pilih file ekstensi VirtualBox lalu Open

gambar 4
Tampil layar konfirmasi instalasi dan klik tombol install

gambar 5
Geser paling bawah dan pilih Saya Setuju


II. Pembuatan Mesin Virtual (Install VHD)


Setelah berhasil memasang VirtualBox langkah selanjutnya yakni membuat mesin virtual di dalam VirtualBox. Pembuatan mesin virtual yang dimaksud adalah menginstall VHD_UNBK_2018 di dalam VirtualBox. VHD_UNBK_2018 inilah nantinya berfungsi sebagai sistem operasi yang akan mengeksekusi seluruh kegiatan UNBK.

Berikut langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat instalasi VHD_UNBK_2018:
  1. Pastikan pengaturan waktu sudah sama antara komputer utama dan VirtualBox.
  2. Buka dan jalankan aplikasi VirtualBox kemudian pilih "New" atau menggunakan Shortcut Ctrl+N untuk memulai pembuatan mesin virtual VHD.
  3. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up Create Virtual Machine. Ada tiga kolom isian yang harus kita isi. Pada kolom isian “Name” tulis dengan format [namasekolah]_Server[Nomor Server], pada kolom isian “Type” pilih Microsoft Windows, pada kolom isian “Version” pilih Windows 2012 (64bit). Setelah semua kolom isian sudah di sisi dengan benar silahkan klik Next.
    Gambar 1 Instalasi VHD UNBK 2018
  4. Tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah ukuran memory yang akan dialokasikan untuk mesin virtual VHD. Silahkan tentukan ukuran memory semaksimal mungkin sampai batas alokasi memory yang berwarna hijau, perlu di ingat jangan sampai memasuki garis berwarna merah.
    Gambar 2 Instalasi VHD UNBK 2018
  5. Bagian selanjutnya adalah pengaturan media penyimpanan (hard disk) yang akan digunakan mesin virtual. Ada tiga pengaturan yang bisa kita pilih yaitu Do not add a virtual hard drive, Create a virtual hard drive now, Use an existing virtual hard drive. Karena kita sudah memiliki file VHD_UNBK_2018 yang telah dibuat dan disediakan oleh puspendik maka kita harus pilih Use an existing virtual hard drive. Kemudian cari dan pilih file VHD UNBK 2018 di folder penyimpanan lalu Open. Dan terakhir klik Create.
    Gambar 3 Instalasi VHD UNBK 2018
  6. Sampai tahap ini kita telah berhasil membuat mesin virtual VHD_UNBK_2018 dan hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
    Gambar 4 Instalasi VHD UNBK 2018


III. Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK


Langkah selanjutnya yakni membuat jaringan virtual machine UNBK. Instalasi jaringan ini bertujuan supaya antara komputer server (utama) dan dan VHD yang ada di dalam VirtualBox bisa saling terhubung dan tersambung ke internet. Banyak teman-teman yang menemukan permasalahan atau bahkan gagal saat membuat jaringan virtual machine. Oleh karena itu perhatikan baik-baik setiap langkah yang kami uraikan.

Berikut langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Instalasi Jaringan Virtual Machine UNBK:
  1. Sebagai persyaratan mutlak supaya CBT-UN berjalan dengan benar, komputer server lokal harus memiliki 2 NIC (Network Interface Card). NIC 1 (adapter 1) digunakan sebagai koneksi LAN (Local Area Network) untuk menghubungkan komputer client. Sedangkan NIC 2 (adapter 2) digunakan sebagai koneksi Internet untuk keperluan sinkronisasi, meminta token dari server pusat, dan upload hasil ujian ke server pusat. Untuk mengaktifkan NIC dan mensetting adaptor dapat dilakukan melalui menu mesin/machine - pengaturan/settings.
    Gambar 1 Instalasi Jaringan Server CBTUN
  2. Cara setting NIC 1 (adapter 1) : Pilih Adapter 1 – centang Enable Network Adapter – pada daftar Attached to pilih Bridged Adapter / Adaptor Ter-bridge – pada daftar Name pilih nama LanCard/Ethernet yang tersambung dengan komputer client (dalam hal ini kami menggunakan Realtek PCIe GBE Family Controller). Untuk pilihan Advanced biarkan secara default.
    Gambar 2 Instalasi Jaringan Server CBTUN
  3. Cara setting NIC 2 (adapter 2) : Pilih Adapter 2 – centang Enable Network Adapter – pada daftar Attached to pilih NAT supaya komputer server lokal bisa terhubung ke internet. Untuk pilihan Advanced biarkan secara default.
    Gambar 3 Instalasi Jaringan Server CBTUN
  4. Selanjutnya kita harus mengatur IP address di LanCard / Ethernet dengan segmen IP antara 192.168.0.1 s/d 192.168.0.199 sesuai dengan segmen IP 192.168.0.200 yang telah dipakai oleh server UNBK pusat. Caranya: tekan windows+R – ketik ncpa.cpl dan tekan enter – kemudian klik kanan pada LanCard / Ethernet yang telah dipilih sebagai NIC 1 dan pilih Properties – Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) – kemudian pilih Use following IP address dan masukan segmen IP 192.168.0.199 – Klik Ok.
    Gambar 4 Instalasi Jaringan Server CBTUN


Manual CBTSync


Sampai tahap di atas sebenarnya kita telah selesai dan sudah memiliki komputer server UNBK yang siap digunakan. Namun perlu diketahui bahwa untuk menjalankan dan menutup Virtual Machine (VHD UNBK) hanya dapat di eksekusi melalui aplikasi ExamBro CBTSync Admin. Dengan aplikasi inilah kita bisa masuk ke CBTSync yang merupakan windows aplikasi pengatur lalu lintas data yang digunakan oleh website CBT.

Berikut langkah-langkah dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi ExamBro CBTSync Admin:
  1. Jalankan ExambrowCBTSync Admin dengan Run as administrator.
  2. Pastikan pada kotak VM, nama VM ditulis sesuai dengan nama yang telah kita buat pada Virtual Machine sebelumnya. Jika sudah benar klik Start VM.
  3. Tunggu selama proses berjalan sampai muncul Run Starter dan klik tombol Yes untuk melanjutkan.
  4. Sekarang kita sudah masuk pada halaman utama CBT Sync Login. Untuk masuk dan mengaktifkan CBSync maka gunakan ID Server masing-masing yang di dapat dari laman UBK dan klik Submit.

Optimalisasi CBTUN 2018


Ada beberapa hal yang sering menjadi permasalahan ketika proses instalasi VHD dan jaringan server UNBK 2018, misalnya seperti VM tidak bisa dijalankan melalui ExamBrow Admin, instalasi jaringan tidak terhubung dengan internet, atau bahkan terjadi eror yang tidak kita kehendaki.

Sebagian memang bisa kita perbaiki dengan membaca troubleshooting UNBK, namun sebagian mungkin tidak bisa kita atasi dengan mudah, sehingga mengharuskan kita untuk memulai dari awal. Untuk menghindari hal tersebut berikut optimalisasi CBTUN yang perlu kita perhatikan:
  1. Pastikan semua file kebutuhan UNBK berasal / bersumber dari situs resmi puspendik.
  2. Pastikan komponen fisik komputer server dan client telah sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh puspendik.
  3. Gunakan file kebutuhan UNBK terbaru (terupdate) sesuai instruksi puspendik.
  4. Gunakan Chrome Browser dari puspendik baik di komputer server / client. Jika sudah terpasang Chrome Browser dari Google silahkan hapus dan pasang Chrome Standalone Setup64.
  5. Install Microsoft .NET Framework terutama untuk pengguna windows supaya kinerja komputer lebih maksimal dalam memahami bahasa yang digunakan oleh aplikasi CBTUN.

Demikian Panduan Cara Install VHD dan Jaringan Server UNBK 2018 yang bisa kami bagikan. Semua materi yang kami sajikan di atas bersumber dari Manual_CBTUN2017-060217.pdf dan dari pengalaman pelaksanaan UNBK 2017. Tidak ada maksud lain dari kami selain membantu teman-teman proktor dan teknisi yang masih kesulitan dalam mempersiapkan diri menghadapi UNBK 2018.

Apabila materi di atas ada kekurangan atau kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan jika teman-teman memerlukan bantuan, jika ada waktu kami siap membantu dan hubungi kami melalui form kontak. Sekian dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon