Kamis, 09 November 2017

Panduan Cek Kelengkapan Data di Web Simulasi UBK 2018

Persiapan simulasi UNBK tahun 2018 - Salah satu dari tugas proktor dan teknisi UNBK adalah menyiapkan dan menjamin kelancaran pelaksanaan UNBK di sekolah. Dan hingga saat ini UNBK telah memasuki tahap simulasi 1, sehingga menjadi kewajiban bagi proktor dan teknisi bersama operator sekolah menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan UNBK.

Persiapan tersebut meliputi pendataan / pendaftaran calon peserta UNBK, input data peserta ujian di web ubk, instalasi server dan client, dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan ini kita tidak membahas seluruh persiapan tersebut. Mengenai cara pendataan calon peserta UN dan cara input data siswa ke web ubk telah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Baca selengkapnya disini:


Fokus pembahasan pada artikel ini adalah panduan cara cek kelengkapan data di Web Simulasi UBK 2018. Panduan ini mungkin bisa membantu teman-teman proktor dan teknisi yang mengalami status silang dan penempatan server/sesi masih berwarna merah di web simulasi UBK. Permasalahan tersebut seperti gambar di bawah ini.

Status Silang Dan Penempatan Server/Client Berwarna Merah

Masalah tersebut terjadi karena ada beberapa data yang tidak lengkap. Oleh karena itu teman-teman harus melengkapi data yang wajib di isi pada setiap kolom yang ada di menu web simulasi UBK. Adapun data yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:
  1. Data Sekolah: Identitas dan Infrastruktur, Koneksi Internet (ISP), dan Biodata Siswa
  2. Data Tim Teknis: Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Sekolah
  3. Data UNBK: Server dan Client, ID server sinkronisasi, Peserta dan Sesi.

Bagi teman-teman yang sebelumnya telah melaksanakan UNBK, maka tidak lagi harus mengisi semua kelengkapan data tersebut, cukup memperbaiki sesuai kenyataan dan kebutuhan yang ada. Namun bagi sekolah penyelenggara UNBK baru, maka wajib mengisi seluruh kelengkapan data tersebut.

Menjawab permasalahan seperti terlihat pada gambar di atas, langkah yang harus dilakukan adalah menambah rincian data server dan clien serta menambah sesi tiap peserta UNBK. Lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkah berikut:

Cara menambahkan server dan client UNBK

  1. Pilih menu UNBK
  2. Pilih Server dan Client
  3. Klik Tambah
  4. Pilih jenis server → Utama / Cadangan
  5. Tentukan jumlah client (maksimal 40 client)
  6. Masukan nama ruang yang akan digunakan sesuai jumlah ruangan UNBK
  7. Terakhir klik Simpan
Cara Menambah Server dan Client di Web UNBK

Cara mengatur hari dan sesi peserta UNBK

  1. Pilih menu UNBK
  2. Pilih Peserta dan Sesi
  3. Ceklist berdasarkan jumlah siswa yang akan diberi sesi
  4. Kik Edit
  5. Pilih Server/Ruang yang akan digunakan
  6. Tentukan sesi yang akan diberikan kepada peserta
  7. Simpan
  8. Lakukan seperti langkah ini untuk pengaturan sesi berikutnya.
Cara Mengatur Hari dan Sesi Peserta UNBK

Bagi teman-teman proktor, teknisi, dan atau operator sekolah yang masih kesulitan dalam proses instalasi VHD UNBK 2018 dan instalasi jaringan server di virtual machine UNBK, silahkan lihat panduannya melalui tautan berikut:

Demikian cara cek kelengkapan data di website simulasi UBK 2018 yang bisa saya bagikan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

2 komentar

jika sudah pilih tambah yang muncul : "Silahkan pilih Jenjang, Provinsi, Kota/Kabupaten dan Sekolah" yang bermasalah dimana y

Apakah saya bisa melihat permasalahan tersebut? silahkan hubungi saya melalui email yang ada di form kontak blog ini.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda