Jumat, 03 November 2017

Tips Memilih Buku Bacaan Sesuai Usia Anak

Memilih Buku Bacaan Sesuai Usia Anak - Buku bisa menjadi bahan dan sumber belajar paling efektif bagi anak karena kemudahan dalam memperolehnya. Terlebih jika budaya membaca dan menulis diterapkan sejak usia dini. Sebagai orang tua, upaya untuk menerapkan budaya membaca akan sangat berguna dalam proses belajar anak baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Tips Memilih Buku Bacaan Sesuai Usia Anak

Semakin banyak membaca maka semakin meningkat daya pikir dan kemampuan imajinasi anak, membaca mampu menambah pengetahuan baru, serta memperkaya kosa kata dalam berbahasa. Sebagai orang tua tentu saja kita berharap memiliki anak yang gemar membaca.

Masalahnya, tidak semua buku di sukai oleh si anak. Itulah sebabnya mengapa si anak sangat malas ketika kita menyuruhnya untuk membaca buku. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam memilih buku supaya anak semakin tertarik dan mau membaca tanpa disuruh.

Adapun tips memilih buku yang baik adalah menyeleksi tipe buku yang sesuai dengan usia anak. Dan berikut beberapa pilihan buku yang cocok diberikan pada si anak sesuai dengan perkembangan usianya:

Usia 0 s/d 2 tahun


Pada usia ini si kecil memang belum bisa membaca namun ia mulai bisa melihat dan meraba. Oleh karena itu pilihan buku yang tepat adalah buku berisi gambar-gambar dan warna yang cerah, mereka pasti tertarik untuk memahami dan mengenal gambar benda yang ada di dalam buku.

Selain itu, beli buku berbahan karton tebal supaya tidak mudah sobek atau digigit oleh si kecil. Pilih juga buku yang berisi kain bertekstur supaya dapat merangsang saraf perabanya. Biarkan ia bebas melakukan apa saja, seperti mencoret, mewarnai, melipat, dll. Sebab hal tersebut mampu meningkatkan imajinasi si kecil.

Usia 3 s/d 5 tahun


Menginjak usia isi si kecil sudah mulai belajar mengenal huruf, angka, dan bentuk. Jadi pilihan buku yang pas adalah buku-buku berkonsep alfabet, bilangan, dan bentuk-bentuk benda. Memilih buku belajar mengeja kosa kata akan membuat si kecil lebih cepat belajar membaca.

Kita juga bisa mulai memberikan buku berupa cerita kehidupan, cara berteman, dan buku fabel yang menceritakan kehidupan binatang. Pada buku fabel terdapat gambar-gambar yang lucu dan menarik, jadi si kecil akan semakin tertarik membaca karena adanya gambar tersebut.

Di usia ini kita juga bisa membelikan buku yang mampu memicu kecerdasan konstruktif anak, yaitu dengan memberikan buku dengan visualisasi tiga dimensi (gambar tiga dimensi).

Usia 6 s/d 11 tahun


Pada usia ini daya pikir anak mulai berkembang, ia tidak lagi hanya mampu membaca dan menulis. Namun ia juga sudah mulai memiliki minat sendiri dan memiliki tokoh favoritnya. Memanfaatkan potensi tersebut, kita harus pandai memasuki dunia mereka dan mulai mendampinginya untuk memilih buku-buku yang mereka sukai.

Pada usia ini, kita juga harus sering-sering mengajak si anak pergi ke perpustakaan dan toko buku. Biarkan mereka memilih buku yang di sukai dan jangan lupa untuk tetap mendampingi mereka. Dengan adanya pendampingan dari kita saat mereka memilih dan membaca buku, maka kita bisa turut terlibat dalam perkembangan anak. Ajak mereka diskusi bersama mengenai apa yang mereka baca.

Buku yang paling cocok untuk usia anak 6 s/d 11 tahun adalah buku tentang kerajinan maupun resep yang disertai dengan instruksi dan ilustrasi sederhana. Biarkan mereka memecahkan masalah dari apa yang dibacanya. Biarkan si anak memilih buku sesuai dengan minatnya supaya ia lebih menikmati pengalaman, pengetahuan, dan pemahaman dari apa yang ia baca.

Itulah tips memilih buku buku yang sesuai dengan usia anak. Sebagai orang tua, kita tidak boleh memilih sembarang buku yang justru dapat berdampak negatif bagi perkembangan mental dan psikologi anak.

Ada lagi yang ketinggalan, bagi bapak/ibu/guru yang ingin mendapatkan buku sekolah lengkap dan gratis, silahkan kunjungi posting berikut:

Situs Download Buku Sekolah Lengkap dan Gratis

Pada postingan di atas, bapak/ibu/guru/adik-adik bisa mengunduh buku sekolah berbasis elektronik/digital secara gratis dan lengkap. Pada situs yang disebutkan pada postingan di atas kalian bisa mencari buku sekolah berdasarkan kelas, berdasarkan judul, dan berdasarkan kurikulum yang digunakan sekolah.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Pilih Sistem Komentar yang Anda Sukai
Disqus
Blogger

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda