Rabu, 20 Desember 2017

Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Malas Kuliah

Malas kuliah merupakan salah satu faktor penghambat kesuksesan dalam menempuh pendidikan diperguruan tinggi. Tidak jarang dari sekian banyak mahasiswa pasti merasakan rasa malas kuliah, terutama ketika menginjak semester akhir. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tips untuk mengatasi penyakit malas kuliah.

Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Malas Kuliah

Sebelum membahas tips menghilangkan malas kuliah, mari kita simak beberapa faktor dan penyebab malas kuliah yang paling sering dialami oleh teman-teman mahasiswa. Walaupun tidak berdasarkan hasil penelitian dan hanya berasal dari bentuk curhatan sebagian kecil teman mahasiswa, berikut diantara penyebab malas kuliah:

Faktor Penyebab Malas Kuliah


1. Merasa Mengantuk


Mengantuk di awal pagi biasanya disebabkan karena jam tidur yang kurang, yang terkadang bahkan dapat membuat kita terlambat bangun atau justru tidur seharian penuh.

Kurang tidur, entah itu dikarenakan begadang ataupun lembur mengerjakan tugas kuliah adalah hal yang sangat tidak baik. Kurang tidur akan menyebabkan kita sering ngantuk, akibatnya semua aktifitas yang dijalani terasa begitu berat.

2. Akibat Kelelahan


Banyaknya aktivitas kadang membuat kita lupa waktu, semua dijalankan dengan menggebu tanpa memperhatikan waktu istirahat yang cukup. Akibatnya tubuh menjadi lemas dan akan memicu rasa malas yang berlebihan.

Oleh karenanya, kita sebagai mahasiswa harus pandai-pandai mengatur waktu dengan baik. Bisa membagi waktu di luar jam kuliah dan di dalam jam kuliah.

3. Sering Menunda Tugas Kuliah


Yang satu ini pasti sering dialami oleh kebanyakan mahasiswa. Menunda atau bahkan mengesampingkan tugas yang seharusnya bisa dikerjakan dan diselesaikan dengan cepat, justru semakin menambah beban tugas kuliah.

Menunda tugas kuliah sama halnya menumpuk beban kuliah. Tidak jarang mahasiswa lebih memilih untuk tidak masuk kuliah dari pada malu dan dimarahi oleh dosen.

Baca juga:

Demikian beberapa hal yang menjadikan seseorang malas untuk pergi kuliah. Nah, sekarang saatnya kita mengerti beberapa motivasi yang mampu menumbuhkan rasa semangat untuk aktif kuliah, terhindar dari rasa malas, dan sukses lulus sarjana dengan cepat.

Cara Menghilangkan Malas Kuliah


1. Bayangkan hal-hal menarik di kampus


Membayangkan hal-hal menarik yang ada dikampus dapat menghilangkan rasa malas untuk pergi ke kampus. Misalnya, bisa bertemu dengan teman-teman yang asik dan penuh canda tawa, dosen yang nyentrik, dan bayangkan kampus adalah rumah tempat berkumpulnya keluarga ke dua, yakni keluarga perkuliahan.

Walaupun suasana menjengkelkan pasti ada dan memang ada di kampus, namun kita harus tetap bisa membayangkan hal-hal positif supaya kita terhindar dari rasa malas kuliah. Ingat, kuliah adalah langkah awal menuju kesuksesan masa depan.

2. Tingkatkan rasa penasaran


Rasa penasaran yang tinggi mengenai materi perkuliahan bisa juga semakin memicu rasa keingintahuan dari materi tersebut. Dengan begitu, maka kita menjadi lebih aktif menghadiri jam-jam kuliah walaupun ngantuk dan kelelahan. Semua akan hilang karena adanya rasa ingin tahu pada materi yang akan dibahas. Tentu saja hal ini dapat memicu kita menghilangkan rasa malas pergi kuliah.

3. Pikirkan waktu dan biaya


Waktu dan biaya yang dimaksud adalah pengorbanan yang sudah kita lakukan. Ingat! malas kuliah akan membuat kita kehilangan informasi dan ilmu pengetahuan dengan sia-sia. Apalagi waktu dan biaya yang kita keluarkan sudah lumayan banyak.

Pikirkan bagaimana uang yang didapat dengan susah payah terbuang percuma tanpa mendapatkan apapun. Waktu terus berjalan, sedangkan kita selalu merasa pada zona aman, padahal hal tersebut dapat mengulur waktu kita dalam menyelesaikan perkuliahan. Semakin lama lulus kuliah maka semakin banyak pula waktu dan biaya yang akan kita korbankan.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon