Kamis, 21 Desember 2017

Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018

Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018 - Ujian Nasional merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh siswa-siswi kelas akhir, baik SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK sederajat. Apakah kamu termasuk calon peserta Ujian Nasional tahun depan? Jika iya, maka tentunya kamu pasti ingin mendapatkan nilai UN yang baik. Nah, di sini kakak akan berbagi beberapa tips sukses menghadapi UNBK 2018 yang dapat kamu terapkan agar hasil ujianmu sangat memuaskan.

Kiat-Sukses-Menghadapi-UNBK-2018

Namun sebelum itu, ada sedikit pengetahuan tambahan untuk adik-adik di sana sebagai modal utama sukses menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2017 / 2018. Implementasi Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk setiap satuan pendidikan tahun ini menggunakan dua sistem pilihan, yaitu UNKP dan UNBK. Jadi jangan heran apabila di sekolah kalian teknis ujian nasionalnya berbeda dengan teman kalian di sekolah lain.

Apa itu UNKP dan UNBK?

Bagi adik-adik yang belum paham apa itu UNKP dan UNBK silahkan perhatikan penjelasan singkat berikut.

UNBK merupakan singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dalam pelaksanaannya, media yang digunakan untuk menjawab soal-soal ujian adalah komputer, tidak lagi menggunakan kertas. Jangan beranggapan bahwa UNBK akan mempersulit, malah justru sebaliknya. Pemanfaatan kecanggihan teknologi justru akan mempermudah adik-adik dalam menentukan jawaban, yaitu hanya dengan mengeklik jawaban tanpa harus mengarsir dengan pensil.

Sedangkan UNKP merupakan singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil. Media yang digunakan untuk menjawab soal ujian adalah kertas dan pensil. Bagi sekolah yang belum memiliki SDM dan persyaratan teknis UNBK yang cukup, maka diperbolehkan melaksanakan UNKP.

Baca juga:

Dari segi teknis dan sistem keduanya memang memiliki perbedaan cukup signifikan, namun secara umum keduanya memiliki persamaan yaitu sebagai evaluasi hasil kemampuan belajar peserta didik ditingkat nasional. Hasil UN selanjutnya akan digunakan sebagai patokan seleksi masuk pendidikan berikutnya.

Hal Penting Terkait Teknis UNBK


Nah, di sekolahmu, manakah teknis ujian nasional yang akan kamu hadapi nanti? Jika UNBK, maka ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan, yakni cara mengerjakan soal-soal UNBK, teknis pelaksanaan, dan tata tertib UNBK yang ada. Dengan memahami hal penting tersebut maka dipastikan kamu bisa memaksimalkan hasilnya. Lebih lengkapnya silahkan perhatikan uraian di bawah ini.

1. Cara mengerjakan soal UNBK


Sebenarnya cara mengerjakan soal pada aplikasi CBT tidak sesulit yang kamu bayangkan. Untuk memilih jawaban yang kamu anggap paling benar tinggal mengeklik jawaban tersebut saja. Namun yang tidak boleh kamu lupakan sebelum selesai mengerjakan soal adalah pastikan semua nomor soal sudah berwarna hitam. Dan berikut penjelasan terkait warna yang ada pada nomor soal UNBK:
  • Nomor berwarna putih = soal belum dijawab.
  • Nomor berwarna biru = soal sedang dikerjakan
  • Nomor berwarna kuning = soal jawaban ragu-ragu
  • Nomor berwarna hitam = soal sudah terjawab

2. Teknis pelaksanaan


Karena memanfaatkan teknologi maka teknis ujian semakin canggih. Termasuk sebelum masuk di aplikasi CBT dan mulai mengerjakan ada username, password, dan token yang harus kamu masukan dengan benar. Kemudian ada juga waktu ujian yang akan berjalan dan berhenti secara otomatis, jadi jika waktu telah habis maka aplikasi akan menutup secara otomatis. Maka dari itu selalu pantau waktu dan jangan sia-siakan siswa waktu yang terus berjalan.

3. Tata Tertib


Tata tertib ujian merupakan aturan yang benar-benar harus kalian perhatikan. Peraturan dan tata tertib UNBK akan dibacakan dan dijelaskan oleh panitia ujian sebelum di hari pertama. Perhatikan secara seksama ketika tata tertib di bacakan, jangan sesekali melanggar aturan dan tata tertib ujian jika kamu ingin sukses menghadapi UNBK.

Itulah tiga hal penting terkait teknis UNBK yang benar-benar harus kamu perhatikan. Apabila kamu ingin tahu seperti apa gambaran dan contoh soal UNBK maka silahkan baca penjelasannya di bawah ini:

Baca disini:

Tips Sukses Menghadapi UNBK 2018


Nah, sekarang saatnya kakak memberikan jurus (tips) sukses ujian nasional, cobalah adik-adik terapkan baik yang akan menghadapi UNBK ataupun UNKP, semoga dengan adanya jurus ini kalian mampu menghadapi ujian dengan tenang dan tentunya lebih siap. Berikut tips-tips tersebut:

  1. Siapkan mental dan fisik sebaik mungkin! Hindari hal-hal yang bisa membuat mental kacau seperti mikir pacaran dan lain sebagainya. Juga hindari hal yang bisa menurunkan kondisi fisik seperti begadang tiap malam atau kegiatan yang kurang bermanfaat lainnya.
  2. Pelajari dan pahami materi yang ada di kisi-kisi UN dan perbanyaklah latihan mengerjakan soal-soal UN. Ini merupakan bahan pendukung persiapan menghadapi UN, semuanya bisa kamu download di bawah.
  3. Percayalah para kemampuan sendiri! jangan mencari bocoran soal yang tidak mungkin ada apalagi menyontek pekerjaan teman yang belum tentu jawabannya benar.
  4. Aktif mengikuti bimbingan belajar dan bentuklah kelompok belajar sendiri sebagai ruang bertukar pikiran sesama teman tentang materi pembahasan UN.
  5. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa supaya diberi kemudahan dan kelancaran sebelum, saat, dan sesudah ujian. Buatlah hati setenang mungkin dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.
  6. Jangan lupa mohon doa restu kedua orang tua terutama ibu agar mendapat berkah dan ridlo dari-Nya.
  7. Perhatikan jadwal ujian dan berangkatlah lebih pagi supaya tidak tergesa-gesa dan tidak terlambat sampai tempat ujian. Berangkat lebih pagi tentu akan membuat pikiran semakin tenang dan lebih siap menghadapi ujian.

Berikut bahan pendukung yang harus kamu pelajari sebagai persiapan menghadapi ujian nasional:

Demikian Kiat Sukses Menghadapi UNBK 2018 yang bisa kakak bagikan. Tidak lain harapan kakak adalah semoga adik-adik lulus ujian dengan hasil yang membanggakan sehingga menjadi kebanggaan keluarga dan bangsa. Sekian dari kakak, semoga bermanfaat. Amin....

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon