Sabtu, 02 Desember 2017

Cara Mengatasi Eror Javascript Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA

Mengatasi Eror You have a problem with your javascript di Bio UN SMA/MA - Tinggal beberapa bulan saja pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2017/2018 akan segera berlangsung. Sebelum itu, ada beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh operator sekolah, diantaranya adalah pendataan calon peserta UN di berbagai situs resmi kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Jaman now memang semakin canggih, segala urusan pendataan pendidikan kini serba online, semuanya di data dan di sinkronkan pada aplikasi atau website, termasuk pendaftaran calon peserta UN tahun 2017/2018. Ada beberapa aplikasi yang benar-benar harus diperhatikan oleh OPS selaku operator sekolah di masing-masing satuan pendidikan. Sebab aplikasi tersebut saling terkait dan juga sebagai verifikasi dan validasi calon peserta UN.

Aplikasi yang dimaksud antara lain adalah aplikasi dapodik, web vervalpd, web manajemen PDUN, dan web Bio UN. Adapun fungsi dari masing-masing aplikasi dan web tersebut telah dijelaskan pada halaman sebelumnya. Jika teman-teman belum begitu memahami silahkan baca halaman berikut.

Baca disini


Masalah Upload File DZ/EZ di Bio UN SMA/MA


Pada halaman ini kita akan membahas permasalahan yang paling umum terjadi, permasalahan yang kerap di alami oleh kawan-kawan OPS ketika ingin mengupload file DZ / EZ di laman Bio UN SMA/MA. Begitu banyak yang bertanya bagaimana cara mengatasi upload file DZ di Bio UN yang muncul "You have a problem with your javascript". Eror ini terlihat sebagaimana gambar berikut:

Mengatasi eror you have a problem with your javascript di bio un sma

Pada umumnya permasalahan tersebut disebabkan karena browser yang kita gunakan mengalami masalah dengan javascript yang tidak bisa di fungsikan secara baik. Oleh karena itu, kita harus mengaktifkan javascript di web browser yang kita gunakan, dalam panduan ini menggunakan chrome browser.

Secara default javascript di setiap browser memang sudah aktif. Untuk mengetahui javascript sudah aktif atau tidak di chrome browser kita bisa melihatnya melalui menu setelan - lanjutan - setelan konten - javascript. Seperti gambar di bawah ini javascript telah di izinkan / allowed, itu artinya sudah aktif.


Cara mengaktifkan javascript di chrome browser

Namun pada kenyataannya javascript di chrome browser sudah aktif sebagaimana terlihat pada gambar di atas, tetapi di laman bio un SMA/MA masih tetap saja muncul eror You have a problem with your javascript. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, berdasarkan pengalaman, berikut langkah-langkah mengatasi "you have a problem with your javascript" di Bio UN SMA/MA yang bisa langsung teman-teman lakukan dengan mudah:

  1. Jika di laptop belum terinstall adobe flash palayer, silahkan install / update flash player terbaru dengan link https://get.adobe.com/flashplayer/
  2. Login ke Bio UN SMA/MA menggunakan google chrome. Setelah berhasil login maka akan terlihat Secure di kiri address bar. Kemudian rubah pengaturan menjadi Javascript : Allow /Use global defalult (Allow) dan Flash : Allow / Always allow on this site. Lihat gambar di bawah ini.
    Mengatasi eror javascript bioun sma
  3. Selanjutnya refresh halaman menggunakan F5 dan jika masih gagal refresh lagi menggunakan CTRL+F5. Lanjutkan klik Data Siswa lalu klik Database > Upload DZ & emis (*.dz, *.emis) dan semestinya sudah muncul fitur Pilih File *.dz *.ez . Lihat gambar di bawah.
    gambar setelah JS di bioun aktif

Setelah berhasil dan terlihat seperti gambar nomor 3 maka kita sudah bisa mengirim / upload file .dz .ez hasil download dari laman manajemen PDUN. Ternyata mudah sekali ya kawan-kawan, mudah kalau memang sudah mengerti. hehe

Demikian cara mengatasi eror you have a problem with your javascript di laman bio un SMA/MA. Semoga bisa membantu teman-teman OPS di sana. Mohon maaf jika ada kesalahan dan selamat kembali bekerja.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

4 komentar

ada yang bisa kami bantu?

makasih banyak mas.. it work..

Mantab Mas, terima kasih banyak.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon