Sabtu, 16 Desember 2017

Pentingnya Nilai UN untuk Pendidikan Masa Depan

"Apa sih gunanya nilai UN (Ujian Nasional)? Apalagi UN sekarang kan tidak lagi menentukan kelulusan. Jadi ngapain juga harus ada UN? Lagian saya belajar di sekolah sudah menempuh berbagai macam ujian dan evaluasi, seperti ulangan harian, UTS, UAS, ujian prektek, dll". Mungkinkah di antara kalian ada yang pernah berpikir seperti itu? Mari luangkan sejenak untuk membaca artikel ini supaya kamu mengerti betapa pentingnya nilai ujian nasional untuk pendidikan masa depan.

Pentingnya-Nilai-UN-untuk-Pendidikan-Masa-Depan

Setiap akhir tahun pelajaran, pemerintah menyelenggarakan evaluasi pada setiap satuan pendidikan untuk mengukur kemempuan belajar siswa secara nasional, inilah ujian nasional (UN). Hanya mata pelajaran tertentu yang di ujikan, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan mapel pilihan tertentu sesuai dengan program / peminataan untuk SMA dan SMK sederajat.

Dalam implementasinya, pelaksanaan UN menuai beragam pandangan pro dan kontra, hal ini disebabkan ketika nilai UN menjadi standar kelulusan siswa, yang artinya jika siswa ingin lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya maka siswa harus mampu mencapai standar nilai yang ditentukan oleh pemerintah. Sedangkan proses belajar siswa di sekolah selama 3 tahun telah menempuh berbagai evaluasi secara periodik, diantaranya ulangan harian, ulangan tengah semester, dan penilaian akhir semester.

Pada akhirnya, ujian nasional tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Walaupun demikian, ujian nasional tetap diselenggarakan pemerintah guna memetakan mutu pendidikan di seluruh Indonesia. Lalu apa yang menjadi penentu kelulusan siswa? Yaitu pencapaian hasil belajar siswa yang ia tempuh di sekolah selama 3 tahun diambil dari nilai setiap semester dan ujian akhir sekolah (UAS dan UASBN). Dengan demikian kriteria standar kelulusan siswa lebih komprehensif karena tidak mengacu lagi pada nilai UN yang hanya diambil dari mata pelajaran tertentu saja dan dilaksanakan pada hari tertentu juga.

Alasan Kenapa Nilai UN Sangat Penting


Kemudian yang menjadi catatan penting untuk kamu para siswa-siswi yang akan menghadapi ujian nasional, bahwa nilai UN memang tidak lagi menjadi acuan kelulusan, namun kamu harus tetap profesional menghadapi UN. Mengapa demikian? Silahkan perhatikan tujuan dan manfaat ujian nasional di bawah ini.

  1. Program pemetaan mutu pendidikan dan atau satuan pendidikan
  2. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan
  3. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
  4. Hasil UN bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah

Yang harus paling kamu perhatikan adalah poin ke 3, pada poin tersebut dijelaskan bahwa nilai UN digunakan sebagai patokan pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya. Hal ini bermakna bahwa ujian nasional tetap berperan penting untuk masa depan pendidikan kamu. Misalnya, kamu adalah siswa SMP, agar bisa masuk di SMA favorit maka salah satu yang dipertimbangkan adalah nilai UN. Demikian juga untuk siswa SMA, agar bisa masuk dan menjadi mahasiswa di perguruan tinggi maka nilai UN dapat membantu seleksi masuk di fakultas impian kamu.

Tips Sukses Ujian Nasional


Nah, sulit atau mudahnya kamu bisa diterima dan masuk di pendidikan selanjutnya sangat dipengaruhi oleh nilai UN yang kamu peroleh. Itulah alasan kenapa nilai UN masih berperan penting untuk pendidikan masa depan yang patut kamu pertimbangkan. Kemudian demi menyukseskan ujian nasional yang akan kalian hadapi nanti, silahkan baca beberapa artikel dan dokumen penunjang pembahasan materi UNBK 2018 di bawah ini:


Jadi kesimpulannya, mencapai target nilai UN yang baik bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan demi pendidikan masa depan yang cerah. Semoga setelah membaca artikel ini kamu mengerti makna sesungguhnya dari nilai UN yang akan kalian dapatkan nanti. Belajarlah lebih rajin dan semoga mendapatkan nilai yang terbaik sehingga menjadi siswa yang berprestasi serta menjadi kebanggaan orang tua, guru, dan bangsa.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon