Rabu, 06 Desember 2017

Jangan Bingung! Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Bagaimana sih cara memilih jurusan kuliah yang tepat supaya nanti tidak menyesal dikemudian hari? Sebab, tentunya banyak lulusan pelajar yang masih dilema jurusan apa yang cocok sehingga jam kuliah nanti tidak terasa berat untuk dijalani.

Jangan Bingung! Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Tahukah kalian? Memilih jurusan kuliah itu bisa dibilang sama seperti memilih baju di toko. Banyak sekali pilihannya, maka semakin banyak juga hal-hal yang harus dipertimbangkan, dinilai, dan dikoreksi, sehingga seseorang harus dengan benar-benar matang dalam menentukan tujuan hidupnya kelak.

Banyak teman-teman mahasiswa yang dulunya sudah mantap memilih jurusan kuliahnya, namun ditengah perjalanan malah menyesal karena merasa salah pilih jurusan. Ini adalah salah satu contoh bahwa memilih jurusan kuliah itu memang butuh persiapan dan pertimbangan yang sangat matang.

Baca juga:

Sebenarnya memilih jurusan kuliah juga tidaklah sesulit yang dibayangkan, dengan catatan jika kamu telah mengenal bakat, minat, dan tujuan sedari dulu. Akan tetapi jika kamu masih bingung dan belum ada gambaran sama sekali tentang jurusan apa yang tepat untuk masa depan kamu, maka perhatikan beberapa tips yang ada di sini.

1. Kenali apa yang kamu minati (Hobi)


Program kuliah sarjana itu bukanlah waktu yang cepat, kamu harus menempuh 3 sampai 4 tahun untuk bisa lulus dan menyandang gelar sarjana. Oleh karena itu, pastikan kamu bisa menikmati masa kuliah yang akan kamu jalani nanti dengan mempelajari bidang studi yang benar-benar kamu minati.

Jika kamu memiliki minat yang kuat dan memang suka dalam bidang tertentu, pastilah kamu lebih siap dan bersemangat dalam menghadapi segala rintangan yang ada. Sekali lagi, proses kuliah tidak ditempuh dalam waktu singkat, pasti banyak cobaan dan rintangan yang menghadang.

Minat itu sendiri dapat kamu lihat dari hobi atau kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan yang kamu sukai dapat menjadi patokan untuk mengenali minat dalam menentukan jurusan kuliah. Contohnya, kamu senang menulis, membaca, dan membuat puisi. Dari hobi ini maka jurusan sastra adalah pilihan yang tepat. Atau mungkin anda suka bisnis, maka jurusan ekonomi bisa menjadi pilihan yang pas. Demikian pada keminatan yang lain, sesuaikan minat dengan pilihan jurusan kuliah yang ada.

2. Pahami apa yang kamu miliki (Potensi)


Setiap orang pasti memiliki kemampuan dan keahlian yang berbeda, itulah potensi diri. Pahami apa potensi yang kamu miliki dan manfaatkanlah potensi itu untuk memperdalam materi pada jurusan kuliah yang bakal kamu pilih. Gali potensi kamu sebisa mungkin karena potensi diri dapat menentukan masa dapan kamu.

Seperti apa potensi diri yang dimaksud? Kamu bisa mulai memahami potensi dengan cara melihat nilai dan pencapaian dari setiap mata pelajaran yang ada di sekolah. Atau bisa juga dengan melihat sertifikat dan prestasi yang kamu peroleh selama duduk di bangku sekolah.

3. Rencana apa yang ingin kamu tekuni (Cita-cita)


Mempunyai cita-cita yang jelas dapat membantu bahkan bisa menjadi motivasi kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Cita-cita juga sangat berperan besar untuk meraih kesuksesan. Jadi apa cita-cita yang ingin kamu capai? Jika belum memiliki cita-cita maka renungkanlah sejenak dan mulailah menata masa depan mulai sekarang.

Cita-cita akan membuat kamu semakin mantap menjalani pilihan jurusan kuliah yang kamu tekuni. Jika ingin menjadi seorang dokter maka jurusan yang tepat adalah fakultas kedokteran. Jika ingin menjadi pengacara, tentunya kamu harus memilih jurusan hukum.

4. Lihat kondisi lingkungan (Peluang)


Lingkungan di sekitarmu juga bisa kamu jadikan sebagai patokan untuk menentukan jurusan kuliah. Kenali lingkunganmu, apa yang belum ada dan apa yang dibutuhkan lingkungan di sekitarmu. Misal di tempat atau desa kamu tidak ada dokter yang membuka praktik kesehatan, nah, ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk terjun membangun tempat praktik agar memudahkan warga untuk berobat.

Dari contoh di atas dapat kita simpulkan, bahwa sebelum menentukan jurusan kuliah kita harus melihat dan memahami peluang masa depan yang ada lingkungan sekitar. Suapaya apa? Tentu saja supaya kehidupan masa depan kita lebih tertata dan terjamin dengan memanfaatkan peluang pekerjaan.

5. Seberapa besar niat kamu kuliah (Motivasi)


Demi menghindari hal terburuk selama menghadapi masa kuliah, putus kuliah misalnya. Maka hal yang paling perlu diperhatikan adalah niat kamu untuk kuliah. Jika sejak awal niat sama sekali belum tertata, maka di tengah perjalanan perkuliahan akan terasa berat. Dan jangan harap hari-hari kuliah kamu akan berjalan dengan mulus.

Jadi apa niat dan tujuan kamu kuliah? Mantapkanlah mulai sekarang. Dan apa yang menjadi motivasi kamu supaya tetap semangat menempuh belajar di kampus? Pikirkan mulai sekarang agar jurusan yang kamu pilih dapat menuntun ke jalan kesuksesan.

6. Konsultasi berdasarkan pengalaman (Perbanyak Informasi)


Bingung menentukan pilihan itu pasti ada. Oleh karena itu, ungkapkan kebingungan kamu dengan mencoba sharing dan konsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman, misalnya pada guru, orang tua, dan kakak yang telah sukses menempuh kuliah. Mulailah bertanya kepada mereka tentang macam-macam jurusan yang cocok, kemudian kumpulkan saran berdasarkan pengalaman mereka, dan temukan apa yang menjadi pilihan hati kamu.

Itulah tips memilih jurusan kuliah yang bisa segera kamu terapkan supaya tidak bimbang lagi. Apabila kamu sudah mantap dengan pilihan jurusan yang akan kamu jalani, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi untuk masuk di perguruan tinggi yang kamu impikan. Strategi tersebut bisa kamu mulai dari SNMPTN dan SBMPTN. Apa bedanya? Bagi kalian yang belum memahami jalur masuk perguruan tinggi, silahkan baca selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca selengkapnya:

Nah, setelah membaca 6 tips memilih jurusan kuliah di atas, semoga apa yang menjadi cita-cita dan harapan kalian bisa terwujud dengan sempurna. Jika sudah masuk di fakultas atau perguruan tinggi yang kalian impikan, maka tantangan selanjutnya adalah tetap bertahan walaupun beragam cobaan dan rintangan menghadang. Ingat! Sukses itu tidak dapat kita raih dengan mudah. Sekian dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda
EmoticonEmoticon