Minggu, 28 Januari 2018

Cara Mengatasi Web UNBK Tidak Bisa Akses

Bagaimana cara mengatasi laman UBK eror tidak bisa di akses? - Halo sahabat proktor dan teknisi dimanapun kalian berada. Bagaimana kabar hari ini? Semoga baik-baik saja dan tetap bisa menjalankan tugas dengan lancar. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya selama menjadi proktor UNBK di SMP tempat saya bertugas. Semoga dari apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan mampu membantu sahabat di sana.

Cara Mengatasi Web UNBK Eror Tidak Bisa Akses

Pernahkah sahabat mengalami permasalahan seperti gambar di atas? Yakni server UNBK tidak dapat dibuka dan muncul keterangan koneksi anda tidak pribadi, penyerang mungkin berusaha mencuri informasi anda dari ubk.kemdikbud.go.id (misalnya sandi, pesan, atau kartu kredit).

Pada beberapa hari terakhir banyak keluhan dari teman-teman proktor dan teknisi terkait permasalahan tersebut. Ketika ingin membuka atau mengakses web UNBK tiba-tiba muncul eror NET::ERR_CERT_DATE_INVALID atau  keterangan eror sejenis. Yang pada intinya menandakan bahwa koneksi kita tidak bersifat pripadi, jam terlalu cepat atau lambat, masa berlaku sertifikan kemanaan laman telah berakhir, dan lain sebagainya.

Permasalahan ini tentunya cukup membingungkan, pasalnya selama pengalaman saya menjadi proktor belum pernah mengalami hal ini. Lalu kira-kira apa penyebabnya? Saya pun tidak tahu pasti apa penyebabnya, yang jelas permasalahannya mungkin pada perangkat yang kita gunakan (laptop/komputer), mungkin pada koneksi jaringan kita, mungkin juga ada perbaikan di server pusat UNBK.

Cara Mengatasi Web UBK Tidak Bisa Akses


Meskipun saya tidak tahu pasti apa penyebab masalahnya, namun berbekal sharing di grup proktor UNBK dan pengalaman pribadi, saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi masalah web UNBK yang tidak bisa di akses atau dibuka, dan berikut beberapa langkah yang bisa sahabat coba.

Perlu diingat bahwa permasalahannya memang kompleks, kemungkinan cara mengatasinya berbeda-beda. Jadi cobalah satu persatu cara di bawah ini sampai berhasil. Apabila masih belum teratasi kita bisa diskusikan melalui kolom komentar.

1. Bersihkan catatan riwayat brwoser

Dengan membersihkan seluruh riwayat data pada browser maka akan menyegarkan kembali browser yang kita gunakan. Cobalah berishkan riwayat dengan cara CTRL+H dan hapus data penjelajah secara keseluruhan.

2. Clear DNS komputer

Ada beberapa situs yang memang tidak mendukung DNS yang kita gunakan. Cobalah clear DNS komputer melalui CMD dan ketik ipconfig /flushdns kemudian enter.

3. Update browser yang digunakan

Kemungkinan juga karena browser yang kita gunakan adalah versi lama, jadi untuk mencoba maka silahkan periksa versi browser sahabat dan perbaruilah jika belum versi terbaru.

4. Gunakan IP dari VPN

Berdasarkan sharing di grup proktor, pihak server pusat pendidikan nasional (seperti dapodik, PMP, SIM PKB, web UBK, dll) memang sering memblokir IP (Internet Protocol) dari telkom. Jika layanan koneksi internet yang sahabat gunakan dari telkom cobalah memanipulasi IP dengan menggunakan VPN seperti Psiphon. Baca: Cara menggunakan psiphon di windows komputer

5. Restart koneksi internet

Apabila semua cara di atas masih gagal, cobalah ulangi seluruh langkah di atas yaitu bersihkan update browser, bersihkan riwayat, clear DNS, kemudian restart modem (koneksi internet). Secara umum provider menyediakan layanan IP static, jadi ketika di restart maka akan berganti IP baru secara otomatis.

6. Klik lanjutan / advance di bawah keterangan eror

Apa bila seluruh cara di atas masih tidak bisa membuka laman UNBK, maka silahkan coba cara yang paling sederhana ini. Yaitu dengan klik link lanjutan / advance di bawah keterangan eror, kemudian klik lanjutkan ke ubk.kemdikbud.go.id (tidak aman).

7. Akses dengan tambahan sublink UBK

Entah disebut apa sublink ini, intinya yaitu menambah sublink setelah alamat situs utama. Dan berdasarkan hasil percobaan saya ternyata bisa saya akses dengan lancar. Berikut link yang saya maksud : http://unbk.kemdikbud.go.id/admin/remote

Demikian cara mengatasi web ubk kemdikbud yang tidak bisa diakses. Sekali lagi jika dengan menggunakan seluruh cara di atas masih belum terpecahkan, maka mari kita diskusikan di kolom komentar. Sekian dari saya, mohon maaf bila ada salah kata dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

4 komentar

Jadi takut neeh menghadapinya.tapi lumayan dapat info. Jika ada contoh soalnya mbak.

ada banyak contogh soal ujian nasional di sini, silahkan cari di label ujian nasional.

kak mau tanya, di laptop saya pada saat sudah terhubung lan lalu pada saat mulai log in utk mengisi data untuk ujian, kenapa setiap 15 menit selalu relogin ke mengisi data apakah ada gangguan pada lan yg ada di sekolah nya ? jadi setelah sy mengerjakan soal pasti kembali lagi ke awal setiap 15 menit

kemungkinan terbesar adalah jaringan lokal tidak stabil, bisa disebabkan kabel LAN dan juga kartu jaringan (LAN card) atau juga swith HUB sudah usang,
intinya kemungkinan terbesar penyebab masalah yang aris maulana sebutkan adalah di jaringan lokalnya, coba periksa kembali satu persatu

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon