Minggu, 13 Mei 2018

Apakah Nilai UN 2018 Bisa dilihat Secara Online?

Kemendikbud bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terus meningkatkan kualitas penilaian hasil belajar peserta didik. Hasil evaluasi ini digunakan untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan.

melihat nilai un 2018 secara online

Tahun 2018 ini ujian nasional (UN) menggunakan moda UNBK, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer. Hal ini menunjukkan betapa berperan pentingnya kemajuan teknologi saat ini. Sehingga berpengaruh juga pada hasil UNBK tersebut, yakni "Apakah Nilai UN bisa dilihat secara online?".

Adapun pengumuman hasil UN untuk jenjang SMA/SMK/sederajat akan berlangsung pada tanggal 2 Mei 2018, sedangkan untuk SMP/sederajat tanggal 23 Mei 2018.

Bagiamana sih cara melihat nilai UN? Pertanyaan tersebut mungkin masih menjadi sebuah tanda tanya sampai saat ini. Terutama untuk kalian para siswa-siswi yang telah usai menjalani Ujian Nasional Tahun 2018 ini.

Nah, pada kesempatan ini saya ingin mencoba menjelaskan bagaimana sebenarnya cara melihat hasil UN / UNBK untuk SMP, SMA, dan SMK sederajat. Benarkah nilai UN sudah bisa dilihat secara online (digital signatur) ataukah hanya bisa dilihat secara offline (lampiran SHUN).

Apakah Nilai UNBK 2018 Bisa dilihat secara Online?


Berdasarkan apa yang saya baca dari akun instagram resmi kemdikbud, memberitahukan bahwa "Nilai UN yang termuat dalam SHUN akan bisa dilihat secara online melalui laman http://shun.puspendik.kemdikbud.go.id/".

Melihat Nilai UN Secara Online

Namun, dari apa yang saya coba untuk mengakses alamat tersebut masih belum bisa dipergunakan secara maksimal. Artinya laman tersebut belum bisa menampilkan nilai UN seperti apa yang kita inginkan.

Kesimpulannya, kemungkinan laman tersebut masih dalam tahap pengembangan sehingga nantinya siswa siswi di seluruh Indonesia mampu melihat SHUN menggunakan Digital Signatur kapanpun dan dimanapun kita berada. Yaitu cukup dengan scan barcode pada lembar SHUN saja. Semoga hal ini cepat terwujud supaya kita bisa dengan mudah memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini.

Jadi kita tunggu saja kapan laman tersebut bisa berfungsi dengan baik. Yang jelas untuk sementara ini, kalian bisa melihat nilai UN pada SHUN kalian yang nanti akan dibagikan oleh sekolah kalian masing-masing.

Demikian share saya tentang Apakah Nilai UNBK 2018 Bisa dilihat secara Online?. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi adik-adik di sana. Semoga kalian mendapat nilai UN yang memuaskan sehingga mampu melanjutkan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi impian kalian. Amin....

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon