Sabtu, 06 Oktober 2018

Begini Cara Mengetahui NPSN Sekolah Termudah

Cara cek kode sekolah NIS / NPSN secara online - Pada kesempatan yang baik ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui NPSN sekolah dengan mudah untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK maupun SLB. Caranya sangat mudah dan bisa anda lakukan dimanapun dan kapanpun anda butuhkan.

NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional yang merupakan kode nomor induk sekolah atau NIS bersifat unik dan tidak akan sama antara satu sekolah dengan sekolah yang lain. NPSN dijadikan sebagai kode pengenal sekolah oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP). Sekolah yang terdaftar di kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia pasti memiliki kode unik ini. Jadi, untuk mengetahui apakah sekolah sudah terdaftar atau belum maka bisa di ketahui melalui kode unik tersebut.

Namun, tidak dapat dipungkiri masih banyak pihak yang belum mengerti berapa NPSN sekolah. Padahal NPSN sekolah sangat penting guna mengetahui identitas satuan pendidikan / lembaga, status, dan alamat sekolah. Serta dokumen dan perijinan seperti kapan SK pendirian dan izin operasional diperbarui. Lalu bagaimana cara melihat kode sekolah yang sudah terdaftar?

Baca juga:


Ada banyak cara praktis dan mudah untuk mencari NPSN yang dapat dilakukan secara online. Di antaranya adalah melalui pencarian google, melalui situs resmi dapodikdasmen, dan melalui laman data referensi pendidikan dan kebudayaan. Berikut panduan lengkap mengetahui NPSN sekolah dari masing-masing cara tersebut:

Cara Mengetahui NPSN Sekolah Melalui Pencarian Google


Anda bisa mencari kode sekolah dengan sangat cepat langsung melalui mesin pencarian google, karena google merupakan mesin pencari paling canggih yang mampu menampilkan sesuai apa yang diketik. Caranya pun sangat praktis, yaitu cukup mengetik "NPSN nama sekolah" yang akan dicari. Setelah itu akan muncul NPSN beserta nama sekolah yang dicari lalu klik untuk membaca informasi lengkapnya.

Tampilan pencarian npsn sekolah di google


Cara Mengetahui NPSN Sekolah Melalui Dapodikdasmen


Dapodikdasmen merupakan situs resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Berikut langkah-langkah mengecek identitas sekolah melalui dapodikdasmen:
  1. Kunjungi laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pencarian
  2. Pada kolom masukkan kata kunci pencarian silahkan ketik langsung nama sekolah atau NPSN sekolah
  3. Klik tampilkan untuk menampilkan daftar pencarian
gambar panduan mencari NPSN melalui dapodikdasmen


Cara Mengetahui NPSN Sekolah Melalui Laman PDSDK


PDSDK merupakan pengelolaan data referensi sebagai acuan sinkronisasi Data Pendidikan dan Kebudayaan. Segala data pendidikan dalam naungan kemdikbud bisa di cari melalui laman ini, termasuk NUPTK guru dan NISN siswa. Melalui laman ini anda bisa mencari NPSN sekolah secara lebih lengkap untuk seluruh jenjang pendidikan per Provinsi, diantaranya:
  • Mencari NPSN Pendidikan Dasar dan Menengah (SD, SMP, SMA, SMK)
  • Mencari NPSN Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Mencari NPSN Pendidikan Masyarakat (Dikmas)
  • Mencari NPSN Pendidikan Khusus

Berikut cara mencari NPSN secara online melalui laman PDSDK:
  1. Kunjungi laman http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index.php
  2. Klik "Data Master Pendidikan" dan pilih salah satuan pendidikan yang ingin dicari
  3. Kemudian cari berdasarkan provinsi - kabupaten - kecamatan - pilih nama sekolah
  4. Selanjutnya akan tampil data lengkap sekolah seperti gambar ini
Tampilan kode unik dan data sekolah di laman psdk

Sangat mudah dan praktis bukan? Silahkan pilih salah satu Cara Mengetahui NPSN Sekolah Terlengkap yang paling anda anggap mudah. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon