Selasa, 30 Oktober 2018

Benarkah SBMPTN 2019 Akan Dihapus Oleh Pemerintah

Apakah SBMPTN 2019 dihapuskan - Beberapa pekan terakhir muncul wacana bahwa SBMPTN 2019 akan dihapus dan digantikan dengan sistem tes center. Rencana ini telah disinggung langsung oleh menristekdikti Mohamad Nasir ketika sosialisasi SNMPTN tahun 2018 kemarin. Benarkah SBMPTN 2019 Akan Dihapus Oleh Pemerintah?

Benarkah SBMPTN 2019 Akan Dihapus Oleh Pemerintah

SBMPTN adalah bentuk seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri secara bersama yang dilaksanakan berdasarkan hasil ujian tes tertulis dan tes keterampilan pada calon mahasiswa secara umum (baik masih sekolah dan alumni lulusan).

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan meluncurkan model baru penerimaan calon mahasiswa tahun 2019 melalui pusat layanan tes "test center". Model ini nantinya sebagai pengganti jalur tulis atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang rencananya akan di hapus.

Bersama ini menristekdikti, Mohamad Nasir menyatakan bahwa pihaknya juga akan meningkatkan jumlah peserta SBMPTN dengan metode ujian tes tulis berbasis komputer (UTBK) di tahun 2018.

Menurutnya, UTBK ini bisa menjadi potensi model penerimaan mahasiswa baru yang akan diselenggarakan melalui test center mulai tahun 2019 mendatang. Melalui test center inilah nantinya menjadi terobosan baru yang menitikberatkan pada kemampuan potensi akademik calon mahasiswa.

Alasan utama kenapa sistem SBMPTN 2019 dihapuskan dan diganti dengan metode UTBK melalui pusat layan tes adalah untuk menghindari resiko kebocoran soal dan ingin menitikberatkan pada potensi akademik dan kemampuan peserta.

Dikutip dari koran-jakarta.com, Mohamad Nasir menjelaskan "Selama ini kan model SBMPTN selalu ujian tulis, dan sangat tinggi risiko kebocoran soal, dan mata uji yang diujikan belum tentu pas. Kadang saat anak di sekolah SMA, dia anaknya kurang rajin karena terbatas oleh fasilitas sekolahnya, ada anak SMA fasilitasnya lengkap tersedia semuanya. Ini kan hasil SBMPTN-nya pasti akan beda".

Wacana tentang SBMPTN 2019 akan dihapus oleh pemerintah ini pun menjadi tanda tanya besar dan menuai banyak kritik serta komentar dari para pejuang PTN yang ingin mengikutinya. Berikut komentarnya:

"Ini kurang adil untuk kami para alumni yang sudah mempersiapkan sbmptn dari awal"

"saya mau nanya , itu tes center materi yang diujikan apa saja ? apa materi seperti SBMPTN? , saya sudah belajar buat sbmptn, dan saya pejuang 2019 ,masa saya sia sia belajarnya ? terimakasih pa :) saya harap matero tes center mirp seprti materi sbmptn :) cuma tahapnya yang berbeda"

"Bagi angkatan 2019 ataupun alumni yang mau mengulang, jangan merasa belajar kalian sia - sia, karena dari segala proses yang kalian lakukan pasti akan menambah pengetahuan kalian sendiri kan :)"

"Fun fact: Anak lulusan sbm dan ujian tulis lainnya saat di PTN cenderung memiliki daya dan semangat juang lebih tinggi saat menempuh studi"

"Kalau saran saya, mendingan ga usah ada jalur undangan (kecuali khusus olimpiade), pakai jalur tulis aja semua"

Sejauh ini belum ada keterangan resmi terkait kebijakan ataupun teknis test center sebagai ganti SBMPTN 2019. Bahkan dari pemerintah belum ada keputusan mengenai kebijakan baru atau perubahan sistem seleksi PTN 2019.

Untuk mendapatkan informasi resmi seputar jalur masuk PTN silahkan baca selengkapnya di Daftar Situs Resmi Informasi Masuk PTN 2019.

Demikian tentang wacana SBMPTN akan dihapus pemerintah dan diganti dengan metode UTBK sebgai seleksi masuk PTN. Siapkan diri mulai sekarang. Semoga info ini bermanfaat dan semoga sukses lulus mauk di perguruan tinggi negeri impian.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon