Sabtu, 27 Oktober 2018

Hasil Sosialisasi Persiapan UNBK 2019

Apa yang baru di UNBK 2019? - Terkait pelaksanaan UNBK di tahun pelajaran 2018/2019 masih menjadi perbincangan, khususnya proktor dan teknisi yang nantinya bertanggungjawab mensukseskan UNBK berjalan dengan lancar. Apa yang baru dan apakah ada perbedaan antara UNBK 2018 dengan UNBK 2019?

Ilustrasi Mekanisme Aplikasi UNBK 2019
gambar diambil dari file hasil rakor puspendik

Mungkin dari sebagian teman-teman sudah ada yang tahu info terbaru tentang perubahan sistem aplikasi UNBK 2019, karena sudah banyak diinfokan melalui grup whatsapp ataupun telegram. Namun, tidak menutup kemungkinan ada juga sebagian teman-teman di sana yang belum mengetahui informasi ini. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika informasi terbaru terkait persiapan UNBK 2019 ini kami bagikan melalui blog ini.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi evaluasi sistem aplikasi UNBK tahun 2018 dan persiapan UNBK 2019 menghasilkan beberapa poin penting sebagai berikut:

  1. Jadwal UNBK kemungkinan besar akan diajukan dikarenakan bulan April berbarengan dengan PEMILU
  2. Untuk pendataan peserta ujian nasional murni diambilkan dari DAPODIK tanpa melibatkan aplikasi pendataan lain (misalnya : BIOUN)
  3. Transfer Response wajib untuk digunakan/diaplikasikan pada waktu pelaksanaan mulai dari Simulasi sampai UNBK utama
  4. Server Cadangan tetap wajib ada, walaupun sudah ada menu transfer response
  5. Ada beberapa kasus, pada waktu singkron untuk data 1 terjadi masalah, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: a. lakukan singkron lagi 2-3 kali; b. jika masih bermasalah, cek sambungan internetnya; c. Jika tetap bermasalah, maka hubungi HD propinsi untuk diteruskan ke Pusat.
  6. Backup VHD singkron wajib dilakukan
  7. Pada waktu melakukan restore file transfer response, yang di ZIP adalah filenya, bukan folder transfer responsnya
  8. Sebelum melakukan ekstrak TR, lakukan setting terlebih dahulu status tes yang disesuaikan dengan status test yang aktif pada waktu error terjadi.
  9. Ada beberapa server yang menangani UNBK; a. Server Manager b. Server Admin : merupakan server cloud yang terdiri dari 20 server cloud : fungsinya melayani singkronisasi dan release toke. c. Server Report : fungsinya untuk laporan UNBK yang terdiri dari 6 server fisik d. Server Pengolahan : fungsinya untuk mengelola web UNBK
  10. Pada waktu melakukan instalasi OS server, hindari penggunaan aplikasi Ghost agar SN mesin tidak sama.
  11. Adanya penambahan feature password pada login CBTSync admin, dimana password ini akan diinformasikan di web UNBK dan bisa suatu saat berubah.
  12. Siswa suatu sesi  tidak bisa dimasukkan ke sesi lain karena berfungsinya pilihan kelompok test pada menu status test
  13. Waktu token akan dibatasi sesuai dengan sesinya masing-masing.
  14. Jika ada siswa yang belum selesai mengerjakan kemudian terjadi listrik padam sampai malam, maka bisa melakukan request FORCE SELESAI pada HD provinsi untuk memaksa status siswa tersebut menjadi selesai mengerjakan sehingga proktor bisa melakukan upload jawaban
  15. HD Kab bisa meminta ID server ke HD pusat untuk simulasi singkronisasi maupun demo Transfer Response (pada waktu kegiatan sosialisasi ke proktor-proktor sekolah)

Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat dan mempelajari beberapa file penting pada pelaksanaan UNBK tahun 2018 kemarin untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UNBK 2019 nanti. Atau langsung memantau secara bertahap melalui laman https://ubk.kemdikbud.go.id/ karena hanya melalui laman itulah puspendik merilis segala perkembangan informasi UNBK.

Baca juga:

Demikian informasi hasil sosialisasi persiapan UNBK 2019 yang bisa kami bagikan. Semoga poin-poin penting di atas mampu membantu teman-teman dalam hal mempersiapkan diri dan semoga UNBK tahun 2019 nanti berjalan lancar tanpa ada hambatan sama sekali. Amin....

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon