Jumat, 19 Oktober 2018

Pentingkah Nilai UNBK 2019 untuk Pendidikan Masa Depan?

Seberapa pentingkah nilai UN untuk pendidikan masa depan? - Tampaknya Ujian Nasional tahun 2019 ini akan kembali diselenggarakan dengan menggunakan sistem seperti tahun 2018 kemarin, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Peserta didik akan mengerjakan soal ujian melalui komputer sebagai medianya.

Seperti yang kita tahu bahwa sebentar lagi UNBK 2019 akan berlangsung. Oleh karena itu, mari luangkan waktu sejenak supaya kita tahu betapa pentingnya nilai Ujian Nasional untuk pendidikan di masa depan.

Setiap akhir tahun pelajaran, pemerintah menyelenggarakan evaluasi pada setiap satuan pendidikan untuk mengukur kemempuan belajar siswa secara nasional, yang kita kenal dengan istilah UN dan sekarang berganti menjadi UNBK. Hanya mata pelajaran tertentu yang di ujikan, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan mapel pilihan sesuai dengan program / peminataan untuk SMA dan SMK sederajat.

Nilai UNBK 2019 untuk Pendidikan Masa Depan

Dalam implementasinya, Ujian Nasional menuai beragam pandangan pro dan kontra, hal ini disebabkan nilai UN awalnya menjadi syarat penentu kelulusan siswa, yang artinya jika siswa ingin lulus sekolah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya maka siswa harus mampu mencapai standar nilai yang ditentukan oleh pemerintah.

Hal ini tentu dirasa berat oleh beberapa peserta didik. Pasalnya proses belajar di sekolah selama 3 tahun telah menempuh berbagai evaluasi secara bertahap, diantaranya yaitu ulangan harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester, serta program pengayaan / remidial lainnya. Lalu kenapa Ujian Nasional yang diselenggarakan hanya 1 kali ini sekan meniadakan nilai-nilai ujian sebelumnya? Inilah salah satu kritik keras dari sebagian orang.

Hingga akhirnya, nilai UN yang peroleh siswa melalui UNBK tahun 2018 kemarin tidak lagi menjadi penentu kelulusan. Demikian juga untuk UNBK 2019, kebijakan secara makro tidak jauh berbeda dengan UNBK 2018. Ini menandakan bahwa nilai UN bukan syarat kelulusan siswa.

Baca juga:

Walaupun demikian, ujian nasional tetap diselenggarakan pemerintah guna memetakan mutu pendidikan di seluruh Indonesia. Lalu apa yang menjadi penentu kelulusan siswa? Yaitu pencapaian hasil belajar siswa yang ia tempuh di sekolah selama 3 tahun diambil dari nilai setiap semester dan ujian sekolah. Dengan demikian kriteria standar kelulusan siswa lebih komprehensif karena tidak mengacu lagi pada nilai UN yang hanya diambil dari mata pelajaran tertentu yang dilaksanakan pada hari tertentu juga.

4 Alasan Nilai UNBK 2019 Masih Sangat Penting


Menjadi catatan penting bagi siswa-siswi peserta Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 adalah bahwa nilai UN memang tidak lagi menjadi acuan kelulusan, namun harus tetap profesional dan tidak menganggap remeh ketika menghadapi UN. Mengapa demikian? Setidaknya ada 4 alasan nilai UNBK 2019 sangat dibutuhkan untuk pendidikan masa depan baik untuk siswa maupun sekolah itu sendiri:

  1. Program pemetaan mutu pendidikan dan atau satuan pendidikan
  2. Dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan
  3. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya
  4. Hasil UN bisa dimanfaatkan pemerintah daerah untuk pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah

Penting kita perhatikan adalah poin ke 3, pada poin tersebut menjelaskan bahwa nilai UN digunakan sebagai pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan selanjutnya, khususnya di perguruan tinggi negeri (PTN). Hal ini berati bahwa ujian nasional tetap berperan penting untuk masa depan pendidikan siswa.

Dapat kita simpulkan, bahwa untuk mencapai target nilai UN yang baik bukan lagi kewajiban tetapi merupakan kebutuhan demi pendidikan masa depan yang cerah. Semoga setelah membaca artikel ini siswa mengerti makna sesungguhnya dari nilai UN. Belajarlah lebih rajin dan semoga mendapatkan nilai yang terbaik sehingga menjadi siswa yang berprestasi serta menjadi kebanggaan orang tua, guru, dan bangsa.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon