Sabtu, 06 Oktober 2018

Ujian Seleksi CPNS 2018 Akan Gunakan Sistem UNBK

Tags

Ini merupakan kabar menarik bagi teman-teman calon peserta ujian seleksi CPNS 2018. Pasalnya seleksi CPNS tahun 2018 ini akan menggunakan sistem UNBK yang telah digunakan oleh sekolah untuk menghadapi Ujian Nasional. Ramainya perbincangan terkait pendaftaran CPNS 2018 membuat saya tertarik untuk membahasnya. Selain untuk menambah pengalaman, saya berharap informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang mengikuti CPNS 2018 di sana.

bkn bekerja sama dengan mendikbut untuk sukseskan cat-cpns 2018

Baru-baru ini puspendik melalui laman https://ubk.kemdikbud.go.id/ telah mengeluarkan pengumuman terakhir tertanggal 30 September 2018 berkaitan dengan sistem UNBK akan digunakan sebagai sarana dan media seleksi CPNS. Berikut isi dari pengumuman tersebut:

Bekaitan dengan informasi tentang penggunaan sistem UNBK (CAT-UNBK) untuk seleksi cpns 2018, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. CAT-UNBK dipergunakan untuk membantu BKN dalam penyelenggaraan seleksi CPNS 2018.
  2. CAT-UNBK direncanakan akan dipergunakan di sekitar 200 kota/kabupaten saja (Data kota/kab yang akan menggunakan CAT-UNBK sedang dalam proses penetapan).
  3. VHD akan menggunakan VHD tersendiri (Bukan VHD UNBK dan VHD TBS).
  4. Prosesdur pelaksanaan akan ada penyesuaian.
  5. Media Komunikasi akan dibangun tersendiri.
  6. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Kemudian dikutip dari https://www.kemdikbud.go.id/ menjelaskan bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memanfaatkan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sebagai seleksi ujian CAT-CPNS 2018 dengan tujuan untuk mempermudah para peserta mengikuti ujian seleksi di sekolah-sekolah kabupaten/kota terdekat.

Namun terkait sistem yang terdiri dari sub-sub sistem masih dalam proses pengembangan. Jadi masih ada kemungkinan menggunakan aplikasi BKN dan ada yang menggunakan aplikasi UNBK. Walaupun pelaksanaannya menggunakan sistem UNBK, terkait kebijakan dan koordinasi sistem seleksi CPNS tetap berada di bawah BKN. Segala teknis dan sistem akan dimodifikasi sebaik mungkin.

Berkenaan dengan hal ini, kemendikbud secepatnya akan membuat pengaturan tentang pengorganisasian pelaksanaan seleksi CPNS 2018 menggunakan UNBK, menyusun Prosedur Operasional Standar (POS) dan Pakta Integritas, menyesuaikan aplikasi UNBK terkait manajemen data peserta, bank soal, pengolahan hasil seleksi dengan CAT BKN, membuat penjadwalan pelaksanaan SKD dan SKB menggunakan UNBK, menyampaikan bahan pelatihan aplikasi UNBK bagi koordinator, proktor dan teknisi di kabupaten/kota.

Baca juga:

Kira-kira di mana saja sekolah penyelenggara ujian seleksi CPNS 2018? Kita tunggu saja pengumuman terbaru dari BKN dan Kemendikbud. Semoga sekolah penyelenggara tersebut tidak jauh dari lokasi tempat anda tinggal. Sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya transportasi dan bisa lebih fokus mengerjakan soal-soal seleksi.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon