Rabu, 07 November 2018

Rilis Jadwal SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri Tahun 2019 Lengkap

Jadwal lengkap seleksi masuk PTN 2019 - Kabar baik nih bagi kamu para pejuang PTN. Beberapa pekan terakhir mungkin kamu bertanya-tanya kapan pendaftaran seleksi masuk PTN akan dimulai. Sekarang jadwal SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri telah rilis. Kira-kira mana jalur terbaik pilihan kamu?

Jadwal Seleksi Masuk PTN Tahun 2019

Meskipun seleksi masuk PTN masih diselenggarakan tahun depan, namun sebagai persiapan kamu harus tahu rencana jadwal kegiatannya. Terlebih agenda kegiatan di akhir kelas begitu padat untuk menghadapi ujian akhir sekolah, ujian nasional, dan ujian praktek lainnya.

Berikut prediksi jadwal lengkap SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri. Adapun jadwal ini masih bersifat perkiraan, yang artinya tanggal-tanggal bisa berubah kapan saja sesuai peraturan dan kebijakan pemerintah.

Jadwal SNMPTN Tahun 2019


Tanggal 4 Januari 2019 merupakan launching SNMPTN. Biasanya tahap ini akan diberikan informasi syarat dan prosedur pendaftaran, bukan hanya seputar SNMPTN tetapi juga soal SBMPTN dan kebijakan terkait penerimaan jalur masuk PTN. Info akan diupdate secara berkala, untuk itu pantau terus informasi terbarunya.

Tanggal 4 sampai 25 Januari 2019 adalah tahap pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Perlu di ketahui bahwa ada perubahan pada SNMPTN tahun ini, yakni yang bisa mengikuti SBMPTN 2019 adalah siswa kelas 12 yang termasuk: 40 persen terbaik dari sekolah akreditasi A, 25 persen terbaik dari sekolah akreditasi B, dan 5 persen terbaik dari sekolah C dan lainnya

Tanggal 4 sampai 14 Februari 2019 pendaftaran SNMPTN 2019 akan dibuka. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mendaftar.

Tahun ini kamu hanya memiliki kesemparan maksimal 2 pilihan prodi. Manfaatkanlah sebaik mungkin, jangan berpikir “yang penting bisa lolos”. Mengapa demikian? Karena jika kamu lolos SNMPTN maka secara otomatis tidak bisa ikut SBMPTN.

Bagi kamu pemilih prodi Kesenian dan Olahraga, persiapkan lah portofoliomu dari sekarang. Banyak sekali pelajar yang mengambil kursus untuk memantapkan keterampilan yang dimiliki. Disarankan tidak lintas jurusan.

Tanggal 23 Maret 2019, pukul 17.00 adalah pengumuman hasil SNMPTN 2019. Inilah tanggal yang paling dinanti oleh pejuang PTN.

Jadwal SBMPTN Tahun 2019


Tanggal 30 Maret sampai 26 Mei 2019 akan dilaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui Test Center.

Rencananya akan ada 12 jadwal (24 sesi) UTBK yang bisa dipilih peserta secara online. Peserta diperbolehkan maksimal mengikuti 2 kali UTBK. Bisa keduanya Saintek/Soshum atau 1 kali Saintek dan 1 kali Soshum.

Pemberitahuan hasil nilai UTBK SNMPTN akan diumumkan tanggal 10 April hingga 2 Juni 2019.

Kemudian tanggal 10 hingga 24 Juni 2019 dibuka pendaftaran SBMPTN, dengan memperhatikan ketentuan berikut ini: Maksimal memilih 2 prodi (boleh dari 1 atau 2 PTN) dan boleh lintas jurusan. Mendaftar dengan menyertakan nilai UTBK yang diperoleh. Nilai UTBK merupakan pertimbangan utama, namun mungkin ada beberaa kriteria tambahan lain yang disepakati rektor-rektor PTN. Bagi peserta yang memilih prodi bidang olahraga dan kesenian harus menyertakan portofolio sesuai jurusan yang dipilih.

Info terkait:

Lulus atau tidaknya seleksi jalur ini akan ada pengumuman SBMPTN 2019 pada tanggal 09 Juli 2019.

Jadwal Seleksi Mandiri Tahun 2019


Bulan April hingga Juli 2019 adalah jadwal seleksi mandiri tergantung masing-masing kampus, namun biasanya pendaftaran sudah dimulai sejak April 2019.

Bulan Mei hingga Juli 2019 : Ujian Mandiri berlangsung sesuai kebijakan tiap PTN. Bisa juga Seleksi Mandiri langsung mendaftar dengan menggunakan nilai UTBK. Jumlah prodi yang bisa dipilih tergantung kebijakan masing-masing kampus.

Tanggal 30 Juli 2019 : Batas akhir pengumuman Seleksi Mandiri (Bisa diumumkan sebelumnya, namun biasanya setelah pengumuman SBMPTN).

Catatan penting : Jadwal ini dirilis oleh Kementerian Ristekdikti dan sifatnya kondisional, artinya masih akan ada kemungkinan terjadi perubahan/pergeseran jadwal.
Sumber: https://www.youthmanual.com/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/jadwal-lengkap-snmptn-sbmptn-dan-seleksi-mandiri-2019

Demikian Jadwal Lengkap SBMPTN, SNMPTN, dan Seleksi Mandiri Tahun 2019 yang bisa kami bagikan. Informasi ini bisa menjadi persiapan awal untuk mengatur agenda-agenda kegiatan kamu. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat.

hal yang membuat tersenyum adalah kebahagian orang lain oleh diriku

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon